kegunaan concealer
Kenali dan Ketahui berbagai Kegunaan Concealer Untuk Kulitmu
25/09/2018
cabe terpedas di dunia
15 Cabe Terpedas Di Dunia yang Bisa Buat Lidahmu Terbakar
26/09/2018

Tips Untuk Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat dan Aman

tempat penitipan anak

Tempat Penitipan Anak – Apa itu Tempat Penitipan Anak? Tempat penitipan anak, atau mulai sekarang Anda dapat menyebutnya sebagai Taman Penitipan Anak (TPA) adalah lembaga berbentuk seperti PAUD tetapi dalam bentuk nonformal.

Lembaga tersebut menyelenggarakan program pendidikan tertentu melalui pengasuhan anak. Taman Penitipan Anak biasa diikuti oleh anak-anak yang memiliki orangtua dengan kesibukan ektra sehingga tidak dapat mengasuh sepanjang hari.

Selain itu, ada juga beberapa orangtua yang memang sengaja menaruh anaknya supaya mendapat pengasuhan yang lebih baik atau lingkungan bermain yang tepat.

Alasan Orang Tua Mimilih Tempat Penitipan Anak Dibandingkan Pengasuh Pribadi

Beberapa orangtua lebih memilih Tempat Penitipan Anak, Penitipan Anak, atau TPA ketimbang menyewa pengasuh pribadi di rumah karena hal ini memiliki beberepa kelebihan

Baca Juga  Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Di antaranya adalah anak menjadi mengenal lingkungan dan teman yang baik, anak mendapat pengajaran atau cara bermain yang aman dan mengandung pendidikan, serta anak dapat dipantau perkembangan akademiknya dengan pasti.

Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat dan Aman

tempat penitipan anak
Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan mengenai Taman Pengasuhan Anak ini supaya pertumbuhan anak menjadi seperti atau tidak jauh dari yang Anda harapkan.

Beberapa hal berikut ini haruslah ada pada Taman Penitipan Anak yang ingin Anda pergunakan jasanya dan berikut tips memilih tempat penitipan anak yang tepat dan aman:

1. Terdapat pengelompokan berdasarkan usia

Pada TPA yang bermutu, biasanya anak-anak yang dititipkan dikelompokkan menjadi anak dengan usia 3 bulan – 2 tahun, 2 tahun – 4 tahun, dan 4 tahun – 6 tahun.

Sebenarnya, lebih baik jika Anda tidak menitipkan anak hingga paling tidak usia 6 bulan, karena pada usia tersebut si anak baru dapat diselingi mengkonsusmsi makanan lain selain ASI.

2. Memiliki aspek pelayanan kesehatan dan gizi

Bagi anak-anak terutama di bawah lima tahun, pemerhatian gizi dan kesehatan merupakan hal yang penting. Hal tersebut karena si anak biasanya masih rentan pada virus atau bakteri yang belum pernah diimunisasikan.

Pemberian asupan gizi selama ditinggal orangtua juga sangat diperlukan agar tumbuh kembangnya terjaga. Jangan sampai anak-anak ini diberi asupan makanan seadanya atau sama dengan porsi orang dewasa sehingga kebutuhannya tidak terpenuhi atau justru berlebih.

3. Rasio kelas atau pengasuh ideal

Anda harus yakin bahwa anak Anda mendapat penjagaan setiap saat. Untuk itu, bisa dilihat dari jumlah tenaga kerja yang ada dibandingkan dengan jumlah anak yang ada.

Baca Juga  Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi yang Bisa Dicoba Dirumah

Pada anak usia 3 bulan sampai 1 tahun, rasionya adalah 1 pendidik atau pengasuh maksimal untuk 3 anak. Pada usia 1 tahun hingga 3 tahun, 1 pengasuh hanya boleh menangani maksimal 5 anak. Sementara pada anak usia 3 tahun hingga 6 tahun, 1 pengasuh hanya harus menangani paling banyak 10 anak.

4. Memiliki tenaga kerja yang sesuai dengan perencanaan perkembangan anak

Ada beberapa daycare atau Tempat Penitipan Anak, Penitipan Anak, yang mengusung konsep tertentu, misalnya konsep berbasis alam, konsep berbasis agama, atau konsep lainnya yang tentu saja akan mempengaruhi cara pengasuhan pada anak. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkannya baik-baik.

5. Memiliki izin resmi

Daycare pada dasarnya berbeda dengan asrama atau panti asuhan. Namun, lembaga ini juga memerlukan izin dan peraturan yang cukup ketat untuk berdiri.

Tenaga kerjanya pun juga harus memiliki spesifikasi tertentu yang telah diatur resmi oleh peraturan pemerintah. Karena itu Anda tidak perlu ragu jika ingin menanyakan seputar keabsahan daycare itu berdiri.

6. Memiliki lingkungan atau ruang yang baik untuk menunjang anak

Tempat juga menjadi aspek yang harus diperhatikan betul-betul. Hal ini terkait dengan keleluasaan si anak nantinya. Misalnya jika Anda menitikan anak berumur 5 bulan, maka setidaknya daycare tersebut punya tempat tidur yang cukup eksklusif untuk setiap anaknya.

Hal tersebut akan menjamin kesehatan dan kenyamanan anak. Jangan sampai si anak merasa lelah justru ketika dijemput pulang oleh orangtuanya.

Misalnya juga jika Anda menitipkan anak berumus 5 tahun, jangan sampai Tempat Penitipan Anak, Penitipan Anak, atau daycare tersebut hanya memiliki ruangan yang seadanya.

Anak-anak harus punya tempat untuk eksplorasi gerakan dan pengamatan. Kebun, taman bermain baik indor atau outdor, atau pun juga peralatan yang menunjang kreativitas harus ada supaya anak tidak merasa dikurung.
penitipan anak

Taman Penitipian Anak Dibagi Menjadi Beberapa Kategori

Biasanya, Taman Penitipan Anak dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu full day, half day, dan incidental day. Namun hal tersebut sebenarnya bergantung pada kebijakan TPA yang ada. dalam pembagian yang umumny ada seperti di atas, penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Full day care atau pengasuhan penuh waktu.

Kategori ini akan melaksanakan pengasuhan selama hari kerja dalam rentang waktu sekitar pukul 08.00 hingga pukul 16.00 dalam setiap harinya. Pelayanan yang diberikan biasanya mencakup pendampingan dan stimulus pendidikan terpadu.

Baca Juga  Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

2. Half day care atau pengasuhan paruh waktu.

Kategori ini akan memberi pelayanan pengasuhan selama orangtua bekerja dari pukul 08.00 hingga sekitar 12.00 dengan progam pendampingan dan stimulus pendidikan terpadu.

3. Insidental day care atau pengasuhan waktu tertentu

Ini adalah kategori bagi Anda yang tidak memiliki jadwal tetap. Anda dapat menitipkan anak ketika Anda sibuk dan dapat mengambilnya lagi jika sudah selesai dengan kesibukan. Biasanya TPA akan memberi waktu minimal untuk layanan ini, misalnya minimal 2 jam pengasuhan.

Nah, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai Tempat Penitipan Anak, Penitipan Anak, atau Daycare.

 

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *