usu formula bayi yang mendekati asi
Wahai Ibu, Ini 5 Produk Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI
13/06/2019
ciri ciri anak cacingan
Ciri Ciri Anak Cacingan dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah
14/06/2019

Apa Itu Tantrum? Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Pada Anak

tantrum

Tantrum – Apakah Kamu pernah mengalami hal ini? berbelanja dengan anakmu di mall yang sangat ramai dan si anak telah merasa bahwa Kamu tidak berniat untuk membeli. Tiba-tiba Kamu berada di tengah-tengah amukan amarah, anak kamu menjerit dan menangis. Semua orang menatapmu.

Apa tanggapan terbaik? Mengapa krisis emosi ini terjadi? Dan bisakah Kamu mencegahnya? Simak tip-tip mengatasi tantrum pada anak ini.

Apakah Itu Tantrum Pada Anak?

Tantrum adalah ekspresi frustrasi anak kecil terhadap tantangan saat ini. Mungkin anak Kamu mengalami kesulitan mencari tahu sesuatu atau menyelesaikan tugas tertentu. Mungkin anak Kamu tidak memiliki kosakata atau tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengungkapkan perasaannya. Frustrasi mungkin memicu kemarahan – yang menyebabkan kemarahan yang lebih besar.

Baca Juga  Wahai Bunda, Ini 5 Penyebab Bayi Gumoh Dan Cara Mengatasinya

Anak kecil tidak berencana untuk membuat frustrasi atau mempermalukan orang tua mereka. Bagi kebanyakan balita, amukan adalah cara untuk mengekspresikan frustrasi. Untuk anak yang lebih besar, tantrum mungkin merupakan perilaku yang dipelajari.

Jika Kamu menghargai kemarahan dengan sesuatu yang diinginkan anak Kamu – atau Kamu membiarkan anak Kamu keluar dari hal-hal dengan membuat ulah – kemarahan tersebut kemungkinan akan berlanjut.

Bisakah tantrum dicegah? Mungkin tidak ada cara yang paling mudah untuk mencegah tantrum, tetapi ada banyak yang dapat Kamu lakukan untuk mendorong perilaku baik pada anak-anak yang paling kecil sekalipun.

tantrum pada anak
Sebagai Contoh Kejadian Tantrum Pada Anak

Bersikaplah konsisten. Tetapkan rutinitas harian sehingga anak Kamu tahu apa yang diharapkan. Tetaplah pada rutinitas sebanyak mungkin, termasuk waktu tidur siang. Tetapkan batasan yang masuk akal dan ikuti secara konsisten.

Rencanakan sesuatu ke depan. Jika Kamu berharap untuk mengantri atau pergi ke mall, bawalah mainan kecil atau makanan ringan untuk anak Kamu.

Dorong anak Kamu untuk menggunakan kata-kata. Anak kecil mengerti lebih banyak kata daripada yang bisa mereka ungkapkan. Jika anak Kamu belum berbicara, ajari dia bahasa isyarat untuk kata-kata seperti “Saya ingin,” “lebih banyak,” “minum,” “sakit” dan “lelah.” Seiring bertambahnya usia anak, bantu dia memasukkan perasaan ke dalam kata-kata.

Biarkan anak Kamu membuat pilihan. Hindari mengatakan “tidak” untuk semuanya. Untuk memberi anak Kamu rasa kontrol, biarkan dia membuat pilihan.

Baca Juga  Berbahayakah Anak Sering Mimisan? Bagaimana Cara Mengatasinya?

“Apakah kamu ingin memakai baju merah atau baju biru?” “Apakah kamu mau makan stroberi atau pisang?” “Apakah kamu ingin membaca buku atau membangun menara dengan legomu?”

Puji perilaku yang baik. Berikan perhatian ekstra saat anak Kamu berperilaku baik. Beri pelukan pada anak Kamu atau beri tahu anak Kamu betapa bangganya Kamu saat dia berbagi atau mengarahkan.

Hindari situasi yang cenderung memicu tantrum. Jangan berikan mainan anak Kamu yang terlalu canggih untuknya. Jika anak Kamu meminta mainan atau camilan saat Kamu berbelanja, cobalah untuk menghindari area dengan godaan ini. Jika anak Kamu bertingkah di restoran, pilih tempat yang menawarkan layanan cepat.

cara mengatasi tantrum pada anak

Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Pada Anak

Biasanya, cara terbaik untuk merespons adalah tetap tenang. Kamu juga mungkin bisa mencoba mengalihkan perhatian mereka. Buku yang berbeda atau perubahan lokasi mungkin membantu. Jika Kamu tidak bisa tetap tenang dan berada di rumah, tinggalkan ruangan sebentar.

Jika anak Kamu memukul atau menendang seseorang, pegang dia sampai ia tenang. Ketika anak Kamu diam, Kamu dapat berkata, ” Jika Kamu ingin memberi tahu saya sesuatu, Kamu harus menggunakan kata-kata yang jelas.”

Baca Juga  Mengenali Lebih Dekat Ciri Ciri Anak Autis Lebih Dekat

Atau Kamu mungkin mencoba melihat tantrum anak Kamu dengan tenang dan penuh kasih sayang. Selalu terhubung dengan anakmu. Tawarkan kenyamanan dan pengalihan ketika anak sudah siap.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *