cara melentikkan bulu mata
8 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami yang Bisa Dicoba
05/10/2018
cara membasmi kutu rambut
6 Cara Membasmi Kutu Rambut Yang Bisa Dilakukan Dirumah
05/10/2018

Manfaat Susu Kambing Etawa Dan Khasiat Susu Kambing Etawa

susu kambing etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa – Susu kambing etawa merupakan jenis susu kambing terbaik yang terbukti memiliki khasiat susu kambing etawa yang besar bagi tubuh.

Sebagaimana namanya susu kambing, yaitu susu yang dihasilkan oleh kambing betina besar yang berusia 0 – 3 hari.

Susu kambing ini memiliki banya zat gizi dibandingan dengan susu sapi dan berkhasiiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga  Cara Memilih Susu Untuk Menggemukan Badan dan Tips Meminumnya

Dalam sejarahnya susu kambing sudah dikonsumsi jauh sejak 7000 SM di Timur Tengah. Masyarakat pada saat itu meyakini bahwa susu kambing memiliki protein terbaik dan hampir mirip dengan ASI.

Selain itu susu kambing memilik aroma yang khas yang berasal dari asam kaproat dalam susu kambing. Untuk mengurangi aroma bau prengus ini namun bau ini dapat dikurangi dengan memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa.

Komposisi Susu Kambing Etawa

Komposisi susu pada setiap kambing dipengaruhi  dipengaruhi oleh perbedaan pakan dan perbedaan waktu pemerahan.

Kambing yan diberikan asupan pakan yang kaya akan omega 3 dan omega 6 terbukti  mampu meningkatkan kandungan omega 3 dan omega 6 di susu kambing tersebut.

Baca Juga  6 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menggunakannya

Adanya keseimbangan rasio omega 3 : omega 6 ini sangat baik buat kesehatan tubuh manusia. Selain itu, produksi susu kambing juga dipengaruhi oleh interval pemerahan. Interval pemerahan yang baik adalah 16 : 8 jam yang menunjukkan produksi susu yang lebih tinggi.

Komposisi dari susu kambing etawa sangat kaya akan gizi, diantaranya adalah memiliki kadar protein 3,6 %, bahan kering 15,49 %,  lemak 6,17 %, dan BKTL 9,32 %.

manfaat susu kambing etawa

Kandungan Gizi Susu Kambing Etawa

Selain itu susu kambing ini juga menggandung banyak fosfor, kalsium, natrium dan fluor.  Lebih jelasnya tentang komposisi dar susu kambing etawa silahkan cek daftar tabel berikut ini :

NoKandunganJumlahKeterangan
1Kalori ( kcal )68Jumlah per sajian 100 gr susu kambing
2Jumlah Lemak

–         Lemak jenuh

–         Lemak tak jenuh ganda

–         Lemak tak jenuh tunggal

4,1 g

2,7 g

0,1 g

1,1 g

3Kolesterol11 mg
4Natrium50 mg
5Kalium204 mg
6Jumlah Karbohidrat

–         Serat pangan

–         Gula

4,5 g

0 g

4,5 g

7Protein3,6 g
8Vitamin A198 IU
9Vitamin C1,3 mg
10Vitamin D51 IU
11Vitamin B60 mg
12Vitamin B120,1 µg
13Kalsium134 mg
14Zat besi0,1 mg
15Magnesium14 mg

 

Dengan berbagai kandungan gizi di dalam susu kambing etawa ini, tidak heran susu kambing ini banyak memberikan khasiat bagi tubuh.

khasiat susu kambing etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa Dan Khasiat Susu Kambing Etawa

Diantaranya khasiat dari susu kambing etawa adalah seperti mengandung asam lemak esensial, memperbaiki sistem pencernaan, memiliki sifat anti inflamasi alami,

Selain itu susu etawa tidak menyebabkan alergi,  menjadi agen metabolik, meningkatkan kalsium, baik untuk konsumsi ibu hamil dan menyusui, bermanfaat bagi kecantikan kulit, sebagai makanan yang baik dan alami bagi tubuh, serta dapat mengobati penyakit tuberkulosis, bronkitis, dan asma.

Baca Juga  Kenali 5 Ciri Ciri Sakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai Sekarang Juga

Dan berikut di bawah ini adalah berbagai macam mamnfaat susu kambing etawa dan khasiat susu kambing etawa, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengandung asam lemak esensial

Asam lemak esensial yang terkandung dalam susu kambing yaitu lebih tinggi 30 – 35 % dibandingkan susu sapi hanya 15-17 %.

Hal in menyebabkan susu kambng etawa cocok diminum bagi merek ayang tidak toleran dengan laktosa dan berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Memperbaiki sistem pencernaan

Asam lemak antimikroba seperti asam capricate dan capric yang juga terkandung dalam kambing etawa sangat berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Susu kambing ini memang  memiliki kemampuan untuk memperbaiki saluran pencernaan dan efektif mencegah rasa lapar. Khasiat bagi pencernaan ini memberikan efek bagi peminum yang mendapatkan berat badan yang ideal.

  1. Memiliki sifat anti inflamasi alami

Susu kambing etawa memilik gelembung lemak yang dapat memecah menjadi potong – potongan kecil dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini menyebabkan susu kambng etawa bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh.

Selain itu, susu kambing juga bermanfaat untuk penderita diare dan peradangan saluran pencernaan karena susu kambing dapat meningkatkan perkembangan sistem pencernaan menjadi lebih baik.

  1. Tidak menyebabkan alergi

Susu kambing Etawa juga kurang membuat alergi sebagaimana seperti susu sapi yang memiliki protein yang rumit.

Dengan susu kambing sebagai pengganti susu sapi tentunya masalah alergi dan masalah pernafasan yang biasanya dijumpai di beberapa orang yang mengkonsumsi susu sapi dapat diminimalisir.

Susu sapi membuat alergi dikarenakan mengandung lemak yang tinggi sehingga menyebabkan lendiri yang dapat menyebabkan alergi. Sementara di susu kambing ini, gelembung lemak hanya 10  % dari kandungan yang ada di dalam susu sapi.

Baca Juga  Efek Samping Daun Binahong yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Gelembung lemak yang terdapat di susu kambing juga dapat memecah menjadi potong – potongan kecil dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini lah yang menyebabkan masalah di pencernaan dapat dicegah

  1. Susu kambing dapat menjadi agen metabolik

Berdasarkan suatu penelitian menunjukkan bahwa susu kambing etawa mampu memperkuat zat besi dan tembaga dalam tubuh, terutama bagi orang-orang dengan masalah saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan kalsium

Mengkonsumsi susu kambing dapat meningkatkan kalsium di dalam tubuh yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteprosis. Kita tahu bahwa susu kambing etawa ini mengandung kalsium dan triptofan asam amino yang tinggi.

  1. Baik untuk konsumsi ibu hamil dan menyusui

Susu kambing etawa memiliki khasiat sebagai nutrisi pelengkap bagi ibu hamil dan menyusui. Konsumsi susu kambing ini bagi ibu hamil akan merangsang ASI ( Air Susu Ibu ) agar keluar dan lancar.

Baca Juga  7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil
  1. Bermanfaat bagi kecantikan kulit

Kulit yang cantik pastinya menjadi dambaan semua orang. Anda dapat mendapatkan kulit yang cantik dengan mengkonsumsi susu kambing ini.

Susu kambing ini dapat digunakan sebagai masker atau scrub yang memiliki khasiat untuk mengurangi pori-pori wajah, merawat kulit, dan mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat.

  1. Sebagai makanan yang baik dan alami bagi tubuh

Susu kambing mengandung bioorganic sodium yaitu unsur yang selalu fleksibel dan sehat. Selain itu, susu kambing jenis etawa ini juga digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan dan memperbaiki sistem saraf manusia.

  1. Dapat mengobati penyakit tuberkulosis, bronkitis, dan asma

Khasiat susu kambing etawa perah salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit asma, TBC ( tuberkulosis ) dan juga bronkitis.

Hal ini dikarenakan terdapat kandungan flourine dan betacasein di susu kambing yang dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit TBC, brontitis, dan asma. Selain itu, susu kambing tawa juga bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan pernafasan dan udara.

Baca Juga  Manfaat Daun Kelor dan Khasiat Daun Kelor Serta Kegunaan Daun Kelor

Setelah mengetahui berbagai kandungan gizi dan manfaat susu kambing etawa dan khasiat susu kambing etawa, kmaka anda dapat mencobanya dan Susu kambing ini saat ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek dan harga yang terjangkau. Anda dapat membelinya di apotik maupun mini market di sekitar daerah Anda.

Itulah tadi merupakan pembahasan dari manfaat susu kambing etawa dan khasiat susu kambing etawa sampai kandungan gizinya. Simpulan dari bahasan di atas adalah susu kambing etawa memang lah memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini menjadikan susu kambing dijadikan sebagai pilihan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi pada kondisi murni, mentah, ataupun susu kambing etawa asli. Akhir kata, Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *