tips menaikan berat badan
Tips Menaikan Berat Badan Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin
24/10/2018
penyebab trombosit turun
Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari
24/10/2018

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Masa Kini

sistem pemerintahan jerman

Sistem Pemerintahan Jerman – Jerman negara yang memiliki perubahan-perubahan sistem pemerintahan sejak zaman kerajaan hingga masa kini.

Jerman adalah negara yang sangat berperan penting di Eropa dengan luas wilayah 357.021 sama seperti kurang lebih luas wilayah pulau Jawa.

Baca Juga  Catatan dalam Memilih Preschool Jakarta yang Terbaik Untuk Anak

Masalah politik dan ekonomi di Jerman sangat mempengaruhi kondisi ekonomi di seluruh Eropa bahkan seluruh dunia. Tidak jauh berbeda dengan Amerika.

sistem pemerintahan jerman
Jerman Memiliki 13 Negara Bagian

Tahukah Anda bahwa ternyata Negara Jerman memiliki 13 negara bagian yang kini bisa dikunjungi oleh siapa saja dengan mudah.

Negara ni dibentuk setelah berakhirnya perang dunia ke II dan telah disederhanakan dari garis batas setelah masa Reich Jerman yang bersifat feodal.

Setiap negara bagian ini diperintah oleh perdana menteri serta kabinetnya. Berikut ini 13 daftar negara bagian di Jerman, diantaranya:

1. Flächenland; yaitu Baden-Württemberg

2. Freistaat Bayern atau Bavaria

3. Brandenburg

4. Hessen

5. Mecklenburg-Vorpommern

6. Niedersachsen

Baca Juga  3 Lokasi Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Ini Bisa Anda Kunjungi

7. Nordrhein-Westfalen

8. Rheinland-Pfalz

9. Saarland

10. Freistaat Sachsen

11. Sachsen-Anhalt, Schleswig-Holstein

12. dan Freistaat Thüringen

13. Stadtstaaten atau Stadtländer, yaitu Berlin, Bremen, dan Hamburg

Negara bagian terakhir adalah penggabungan tiga kota sekaligus yang memiliki standar setingkat negara bagian.

Pengetahuan, Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Masa Kini

sistem pemerintahan jerman
Perlu Anda ketahui bahwa Negara Jerman menganut sistem pemerintahan demokrasi perlementer, sama seperti Indonesia yang juga mengandut sistem pemerintahan demokrasi. Bedanya di Indonesia demokrasi mengarah pada demokrasi presidensial dan di Jerman semua diarahkan pada parlemen.

Presiden dan perdana menteri di Jerman ditunjuk oleh kesepakatan yang dilakukan oleh anggota perlemen dan bukan rakyat seperti di Indonesia.

Baca Juga  6 Tempat Wisata di Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Dikunjungi

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan sistem demokrasi perlementer ini karena fleksibel dan memberikan tanggapan terbaik pada publik. Satangnya pemerintahan ini kurang stabil dan ini terjadi di Jerman. Di Jerman sistem pemerintahan ini dipimpin oleh seorang kanselir yairu perdana menteri.

Melihat peranan penting dari perlemen untuk memilih seorang presiden dan perdana menteri, saat ini terdapat enam partai politik utama yang berperan penting di Jerman. Partai-partai penting ini adalah:

• SPD/ demokrat sosial dengan halauan kiri progresif

• CDU/ CSU yang merupakan partai sosialis berhaluan kanan atau kristen demokrat

• FDP yaitu demokrat liberal

• Bundnis 90 atau Dei Grune yaitu partai kiri hijau

• Die Linke partai halauan kiri adalah partai gabungan komunis dan pecahan SPD

• Dua partai besar lainnya telah membentuk koalisi permanen

Parlemen di sistem pemerintahan Jerman disebut dengan Bundestag, seluruh anggota dalam parlemen akan dipilih dan biasanya partai dengan koalisi dominan adalah partai yang akan memimpin pemerintahan.

Mengenal Bundesrat Pada Negara Jerman

Di negara-negara bagian tedapat anggota perwakilan dari masing-masing partai yang disebut dengan Bundesrat. Sama seperti senat namun mereka memiliki tugas dan wewenang yang berbeda.

Seluruh anggota dari Bundestag dipilih untuk menduduki masa jabatan selama 4 tahun. Pemelihan dari anggota Bundestag ini dikenal dengan representasi representatif anggota campuran (MMR). Sistem yang diterapkan untuk pemilihan ini lebih rumit namun hasilnya akan ebih proposional.

Baca Juga  Mengenal Lambang Negara Jerman dan Sejarah Lambang Elang

Setengah dari anggota Bundestag dipilih secara langsung dari 299 konstituen menggunakan metode pemilu yang pertama lewat. Kemudian setengah lainnya dari 299 dipilih dari daftar para pihak berdasarkan masing-masing Tanah (16 wilayah yang membentuk Jerman).

Artinya bahwa setiap pemilih memiliki dua suara dalam pemilihan Bundestag. Suara pertama memungkinkan para pemilih untuk memilih wakil lokal mereka ke Parlemen dan memutuskan kandidat mana yang dikirim ke Parlemen dari konstituen.

Suara kedua diberikan untuk daftar partai dan ini adalah suara kedua yang menentukan kekuatan relatif dari pihak-pihak yang diwakili dalam Bundestag. Jadi setiap negara bagian memiliki jumlah anggota yang dipilih secara langsung dan masing-masing pihak di masing-masing negara bagian memiliki daftar yang menentukan urutan pemilihan anggota yang dipilih sebagai hasil dari penerapan suara kedua.

Kursi kursi kedua suara hanya didistribusikan di antara pihak-pihak yang telah memperoleh lebih dari 5% suara kedua atau setidaknya 3 mandat langsung. Masing-masing pihak ini dialokasikan untuk kursi di Bundestag sebanding dengan jumlah suara yang telah diterima.

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa S2 Jerman Dengan Mudah Untuk Anda

Sistem ini dirancang untuk memblokir keanggotaan Bundestag ke partai-partai ekstremis kecil. Sebagai konsekuensinya, selalu ada sejumlah kecil pihak dengan perwakilan di Bundestag yang saat ini angkanya hanya tujuh (dan secara efektif CDU dan CSU adalah partai yang sama).

Nah sudah paham bukan bagaimana sistem pemerintahan Jerman, tidak jauh berbeda dengan Indonesia di mana partai memiliki perananan penting dalam politik dan pemerintahan negara.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *