kuliah gratis di jerman
Mau Kuliah Gratis di Jerman? Perhatikan 4 Biaya Ini
08/01/2019
contoh soal toefl
Mari Belajar Ini Contoh Soal TOEFL dan Jawabannya
08/01/2019

Jenjang-Jenjang Sekolah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui

sekolah di jerman

Sekolah di Jerman – Jerman memang dikenal memiliki inovasi tinggi dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang sengaja untuk mengusahakan anaknya supaya dapat sekolah di Jerman.

Namun, terlebih dahulu kita harus pahami bagaimana struktur pendidikan formal yang ada di Jerman? Nah jika Anda penasaran maka berikut di bawah ini Kami akan menjelasakan jenjang jenjang sekolah di Jerman, diantaranya:

Jenjang-Jenjang Sekolah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui

jenjang sekolah di jerman
1. Sekolah Dasar

Sekolah di Jerman untuk jenjang dasar berlangsung dalam waktu empat tahun (kelas 1 hingga 4). Namun, berbeda dengan negara bagian Berlin dan Brandenburg yang melangsungkan sekolah dasar hingga enam tahun (kelas 1 hingga 6).

Ketika seorang murid sampai di kelas empat, maka sekolah melalui guru sudah akan memberikan anjuran kepada siswa untuk ke mana akan melanjutkan pendidikan. Hal itu berdasarkan hasil belajarnya.

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini Beasiswa di Jerman dari Berbagai Penyelenggara

Dari jenjang sedini itu, anak dan orangtua di Jerman sudah bisa mengambil keputusan dan memiliki gambaran dalam menentukan masa depan anaknya. Mereka sudah akan membayangkan ke mana nantinya akan melanjutkan studi ke universitas atau justru tidak.

2. Sekolah Menengah

Setelah lulus dari sekolah dasar, murid bisa melanjutkan ke sekolah menengah. Diketahui bahwa ada dua jenis sekolah menengah di Jerman, yaitu Hauptschule dan Realschule.

Hauptschule adalah sekolah menengah yang tidak hanya mengajak siswanya untuk mempelajari mata pelajaran reguler seperti bahasa Jerman, matematika, dan IPA, tetapi juga mempelajari tentang kebutuhan praktis seperti pengetahuan tentang mesin dan perkayuan. Jenjang ini dapat ditempuh dalam 4 tahun (kelas 5 sampai 9/10).

Baca Juga  Ausbildung Adalah Program yang Bisa Membawamu ke Jerman

Lulusan dari jenjang ini dapat langsung mengikuti program duale Ausbildung yang membuat siswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga dapat magang di perusahaan. Enaknya, siswa akan mendapatkan gaji dari sekolah.

Realschule adalah sekolah yang mengajak siswa tidak hanya mempelajari mata pelajaran reguler, tetapi juga mempelajari beberapa keterampilan kearsipan seperti cara mengetik dengan sepuluh jari atau pembukuan.

Lulusan dari jenjang ini nantinya bisa masuk ke duale Ausbildung atau memilih untuk melanjutkan ke Gymnasium. Jenjang ini dapat ditempuh selama 4 tahun (kelas 5 sampai 10)

sekolah di jerman

3. Gymnasium

Jenjang Gymnasium berlangsung dalam waktu sekitar 8 atau 9 tahun (kelas 5 hingga 12/13). Ketika akhir tahun dari Gymnasium, akan diadakan tes yang bernama Abitur untuk syarat kuliah di universitas yang dipilih.

4. Gesamtschule (Sekolah Campuran)

Yang satu ini bukanlah sebuah jenjang, tetapi sebuah sistem sekolah di Jerman dalam pendidikan formal. Pada sekolah ini, siswa yang berasal dari Hauptschule, Realschule, dan Gymnasium akan bersekolah di bawah atap yang sama atau satu gedung.

Kemudian, siswa akan menjalani Abitur setiap akhir tahun pelajaran, untuk mencoba masuk ke universitas.

Baca Juga  Mau Kuliah Gratis di Jerman? Perhatikan 4 Biaya Ini

Nah, sahabat, itu tadi adalah jenjang sekolah di Jerman. kamu harus memahami jenjang-jenjang tersebut sebelum melanjutkan pendidikan ke sana. Hal itu supaya kamu bisa masuk ke jenjang sesuai usia dan kemampuan.

Jika kamu membutuhkan informasi serupa atau juga inginbertanya mengenai seluk beluk lainnya mengenai Jerman dan ingin kuliah di Jerman maka kamu bisa membuka virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *