bahaya mie instan
Wahai Anak Kos, Inilah 15 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan
04/12/2018
khasiat buah semangka
Tak Hanya Menyegarkan, Ini 10 Khasiat Buah Semangka Bagi Tubuh
04/12/2018

SAT Test Adalah Standar Peneriman Mahasiwa Baru di Amerika

sat test adalah

SAT Test Adalah – Bagi anda yang telah lama mengincar sekolah sarjana di Amerika. Maka, anda harus akrab dengan SAT Test adalah Scholastic Aptitude Test atau bisa juga Scolastic Assessment Test.

Merupakan tes pengukuran kemampuan diri menuju jenjang perkuliahan. Test ini menguji kemampuan seseorang dalam tiga hal: nalar bahasa, kemampuan matematika, dan logika. Ketiga hal ini tersebar dalam berbagai jenis soal.

Baca Juga  Apakah Singkatan SAT dan Berapa Skor yang Harus Dicapai?

SAT test adalah terbagi atas dua jenis tipe ujian. SAT Reasoning test yang menguji kemampuan membaca, menulis, menganalisa bacaan dan kemampuan logika matematika. Sementara yang kedua SAT Subject Test.

Menguji mengenai logika dan wawasan umum, nalar matematik, bahasa inggris dan sejarah dunia. Kebanyakan institusi menggunakan dua jenis test ini. Tetapi ada juga yang hanya meminta SAT Test Reasoning. Anda perlu tanyakan sebelum memutuskan mengikuti ujiannya.

sat test adalah
SAT Test Adalah Standar Peneriman Mahasiwa Baru di Amerika

Menurut situs wikipedia SAT Test adalah tes standar untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi di Amerika Serikat dan SAT dimiliki, diterbitkan, dan dikembangkan oleh Dewan Sekolah Tinggi, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat.

SAT Test sendiri merupakan tes mandiri yang dilakukan perkumpulan dewan pendidikan sekolah tinggi di Amerika. Mereka memutuskan mengadakan tes ini untuk menyaring, mendeteksi, dan mempersiapkan calon mahasiswa agar siap menghadapi dunia kampus. Dengan SAT Test ini, kampus bisa melihat potensi dan kemampuan anda, serta daya tahan menghadapi dunia kampus. Serta tentunya menyelesaikan persoalan dengan mandiri.

Baca Juga  Skor Minimal Lulus TOEFL IBT Adalah 70, Berapa Skor Kamu?

SAT test ini mempunyai sertifikat yang berlaku internasional. Walaupun diproduksi di Amerika. Sertifikat SAT Test ini bisa anda gunakan melamar universitas di berbagai negara maju.

Seperti Finlandia, Inggris, Taiwan, Hongkong, Singapura dan Australia. Negara-negara maju tersebut menggunakan hasil SAT Test juga untuk menyaring mahasiswa yang berkualitas. Perhatikan kembali bahwa jenis tes SAT ada dua: reasoning test dan subjeck test. Pastikan negara yang anda tuju memilih keduanya, atau salah satunya saja.

SAT Test di Indonesia Didakan 6 Kali Dalam Setahun

SAT Test diadakan di Indonesia sekitar enam kali dalam setahun. Dengan peserta ujian mencapai dua jutaan lebih. Hal ini menandakan animo masyarakat Indonesia yang akan melanjutkan studi ke luar negeri masih tetap tinggi. Karena tingginya animo pelamar SAT test ini. Anda disarankan untuk mengikuti persiapan belajar SAT agar tidak mengulang-ulang. Persiapan ini memastikan anda mendapatkan skor SAT yang baik. Sehingga bisa diterima kampus favorit anda.

SAT test sendiri juga merupakan soal ujian berbahasa Inggris. Sehingga pastikan yang paling utama. Skor TOEFL atau IELTS anda telah melewati batas rata-rata. Bagaimana jika bahasa Inggris anda belum terlalu tinggi? Anda disarankan untuk belajar bahasa inggris dahulu. Karena soal-soal ujian SAT seluruhnya menggunakan pengantar bahasa Inggris. Jika kemampuan bahasa Inggris anda di bawah rata-rata. Maka dipastikan anda tidak bisa mendapatkan skor yang baik di dalam SAT Test.

sat test adalah
SAT Test Memiliki 3 Tipe Soal

Kemampuan bahasa Inggris ini sangat penting. Karena SAT test memiliki tiga tipe soal. Pilihan ganda, jawaban-jawaban pendek, esai panjang argumentasi. Bayangkan jika anda tidak bisa menyampaikan gagasan dengan baik menggunakan bahasa Inggris. Bagaimana penguji bisa menilai hasil ujian anda. Sementara pada bagian esai, kemampuan anda menyelesaikan kasus, menganalisis data dan menyampaikan gagasan dinilai.

Selain mengenai kemampuan bahasa Inggris. Wawasan pengetahuan umum anda soal iptek dan sejarah dunia juga harus baik. Karena SAT test juga menguji hal demikian.

Baca Juga  Ini Dia Cara Mudah Membedakan Sertifikat TOEFL Asli dan Palsu

Terlebih mengenai logika matematika seperti rumus-rumus dasar, ruang dan bangunan, logaritma, aritmetika hingga kemampuan berpikir logis. Pada beberapa test, berpikir logis mengenai data yang disajikan juga menguji wawasan anda. dan gabungan ketiga kemampuan dasar ini akan ditemukan di berbagai soal-soal SAT test.

1. Struktur pertama SAT test akan menguji anda dengan beberapa bacaan dan anda tinggal menjawab dalam bentuk pilihan ganda.

2. Struktur kedua adalah menulis. Anda diminta menyampaikan jawaban-jawaban pendek atas sebuah pertanyaan dan sebuah bacaan.

3, Struktur selanjutnya adalah bagian logika matematika

Struktur ini mencampur bagian esai dan pilihan ganda. Anda bisa memakai kalkulator hanya pada beberapa bagian yang diperbolehkan. Sisanya menggunakan kemampuan daya pikir otak anda. Itulah mengapa SAT Test disebut menguji kemampuan nalar logika matematika. Karena juga menyediakan soal-soal matematika logika yang dikerjakan tanpa bantuan kalkulator sama sekali. Tipe-tipe soal mana yang boleh dikerjakan dengan kalkuatau tidak.

SAT Test adalah tes uji kemampuan untuk sarjana bagi program perkuliahan di kampus-kampus luar negeri. Sehingga bagi anda yang mengincar program sarjana di dalam negeri. Anda tidak diwajibkan mengambil SAT test. Tetapi jika anda berencana melakukan program double degree, joint course, summer course pada beberapa program sarjana di kampus-kampus Indonesia. Maka, sertifikat SAT test yang anda miliki bisa berguna. Terutama pada program-program sarjana manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan dan hubungan internasional.

Baca Juga  Apa Itu TOEFL? Dan Bagaimanakah Cara Mengikuti Test TOEFL?

Jika anda menguasai SAT test semenjak sarjana. Baik di program sarjana dalam negeri maupun luar negeri. Maka, anda sudah selangkah dalam persiapan tes yang sama di program pascasarjana. Di program pascasarjana luar negeri, GMAT Test dan GRE Test merupakan jenis tes sejenis yang diperuntukkan bagi mereka yang mengambil program magister dan doktoral di kampus-kampus Amerika, Inggris, Finlandia

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *