ontoh present tense
Mari Belajar, Ini Contoh Present Tense Dalam Bentuk Kalimat
18/04/2019
sunscreen untuk kulit berminyak
5 Sunscreen untuk Kulit Berminyak yang Bisa Kamu Coba
20/04/2019

Mengenal Rumus Past Tense Berikut Contoh-Contohnya

rumus past tense

Rumus Past Tense – Past tense adalah salah satu tense dalam bahasa inggris yang berguna dalam menerangkan sebuah peristiwa masa lalu. Past tense sendiri terdiri atas beberapa rincian tense yang bisa menjelaskan beberapa peristiwa masa lalu sesuai dengan kejadiannya sendiri.

Semisal sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa diceritakan dengan tense simple pas tense. Sementara jika ada peristiwa yang terjadi di masa lalu dalam periode tertentu, seperti perang diponegoro yang terjadi di antara 1825 hingga 1830, maka past perfect tense atau past continues tense.

Penjelasan-penjelasan ini tentunya mengikuti rumus past tense yang telah baku dalam aturan tata bahasa atau grammar bahasa inggris. Belum lagi jika nanti anda mendapati sebuah pernyataan yang menceritakan sebuah peristiwa yang terjadi masa lampau dan terus terjadi sampai saat ini dan selesai di kemudian hari.

Baca Juga  Rumus, Contoh Past Tense Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Past tense rumusnya sendiri bisa dibolak balik antara penggunaan rumus kalimat aktif dan juga menjadi kalimat pasif. Tentunya anda pernah mengenal passive voice bukan?. nah, beberapa rumus passive voice sering sekali dimasukkan ke dalam rumus past tense seperti simple past tense.

Tetapi kebanyakan past tense rumusnya digunakan dalam berbagai kalimat aktif. Tetapi pengetahuan ini patut anda ketahui karena siapa tahu nanti kedepannya anda menemukan rumus past tense yang digunakan dalam penggunaan kalimat passive.

rumus past tense
Mengenal Rumus Past Tense Berikut Contoh-Contohnya

Untuk lebih menjelaskan penggunaan rumus past tense ke dalam bentuk kalimat pasif yang sering dipakai simple past tense. Maka rumus past tense nya adalah:

A.Subject + to be (was/were) + past participle (by)

Penggunaan was, were tergantung dengan subyek yang akan anda terangkan. Sementara penggunaan past participle wajib menggunakan verb ketiga, baik verb beraturan maupun verb irrgeuler (tidak beraturan). penggunaan verb ketiga ini anda tentu sudah tahu bahwa menjelaskan peristiwa di masa lampau harus menggunakan verb ketiga.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense dan Rumus Simple Past Tense

Contoh-contoh kalimat passive dalam rumus past tense terutama simple past tense berikut ini:

1. The Laptop was produced by Lenovo in 2005.

2. The dictionaries were produced by Longman Publisher in 1994.

3. She was promoted as a CEO last year.

Ketiga contoh ini mengikuti rumus past tense yang telah dijelaskan ke dalam bentuk kalimat passive. Yaitu subyek di awal, kemudian diikuti was/were tergantung subyeknya apakah tunggal atau plural. Kemudian menggunakan past participle berupa verb tiga dan digunakan by sebagai penanda kalimat pasive.

Lalu bagaimana past tense rumusnya jika menggunakan kalimat aktif di dalam simple past tense atau jenis-jenis past tense yang lainnya. Berikut rumus past tense yang paling simple yaitu simple past tense. Yaitu subyek + auxiliary + verb tiga + objek. Auxiliary yang biasanya digunakan adalah: did.

Contoh rumus past tense dalam bentuk simple past tense:

1. she written a book. Jika dibalika menjadi pertanyaan: did she written a book?

2. He eaten a pizza. Jika dibalik menjadi pertanyaan: did he eaten a pizza?

3. They gone to new york. Jika dibalik menjadi pertanyaan: did they gone to new york?

Sementara jika rumus past tense dipakai ke dalam past continues tense, past perfect tense dan juga past perfect tense maka akan menjadi lebih rumit dan panjang lagi. Berikut rumus past tense dalam past continues tense.

Baca Juga  5 Tips Menghadapi Tes IELTS Dengan Kursus IELTS Jakarta

Past continues tense sendiri adalah tense yang menjelaskan sebuah proses yang terjadi di masa lampau. Misalnya anda studi di Malaysia dari tahun 2004 sampai 2010. maka menjelaskannya dengan past continues tense menjadi seperti ini kalimatnya: I was studying economic in Malaysia from 2004 to 2010.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *