kebiasaan orang jerman
6 Karakter dan Kebiasaan Orang Jerman Yang Perlu Kita Ketahui
01/07/2019
aplikasi belajar bahasa perancis
Mau ke Paris? Yuk Download Aplikasi Belajar Bahasa Perancis
02/07/2019

5 Hal Yang Memajukan Perekonomian Negara Jerman yang Patut Ditiru

perekonomian negara jerman

Perekonomian Negara Jerman – Jerman telah menikmati keadaan ekonomi yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki tingkat pengangguran rendah, ekspor manufaktur yang tinggi, serta keadaan sosial ekonomi masyarakat yang stabil.

Perekonomian negara Jerman ini disokong produk inovatif terutama mobil, produk kimia, dan mesin yang sudah sejak dulu diakui kualitasnya.

Baca Juga  Perekonomian Negara Perancis dan 4 Sektor yang Membuatnya Maju

Krisis keuangan global yang mengguncang Eropa pada tahun 2010 sempat menggoyahkan beberapa negara. Tapi Jerman tampaknya menjadi salah satu negara yang bisa menghadapi badai krisis tanpa goncangan berarti. Nah, ingin tahu kenapa perekonomian negara Jerman bisa tetap kuat dan stabil, ikuti beberapa faktor berikut ini

5 Hal Yang Memajukan Perekonomian Negara Jerman yang Patut Ditiru Negara Lain

perekonomian negara jerman

1.Kemajuan industri

Kemajuan perekonomian Jerman tidak bisa lepas dari kemajuan industri manufakturnya. Industri Jerman menjadi penggerak utama ekonomi. Sebagian besar tenaga kerja Jerman terserap di manufaktur. Bahkan industri Jerman tidak terpusat di satu daerah saja, tapi tersebar di semua kota.

Industri mobil masih menjadi andalan dan salah satu industri terbesar Jerman. Jerman menjadi pemimpin dalam industri otomotif Eropa dalam hal produksi dan penjualan. Untuk level dunia, Jerman adalah produsen mobil terbesar ketiga di belakang Amerika Serikat dan China.

Industri penerbangan Jerman juga terus meningkat. Di Jerman terdapat perusahaan pesawat terbang dengan perkiraan mampu memproduksi sekitar 35 ribu pesawat baru dalam 20 tahun ke depan. Industri lain yang berkembang di Jerman diantaranya bahan kimia, alat medis, elektrik, mesin, besi, baja serta optik.

2.Ekspor yang tinggi

Bersama China dan Amerika Serikat, Jerman merupakan salah satu dari tiga negara eksportir barang dan jasa terbesar dunia. Besarnya nilai ekspor Jerman membuat negara ini sangat kecil kemungkinannya terkena pengaruh krisis keuangan.

Ekspor Jerman pada tahun 2017 senilai 1,33 triliun Dolar. Lagi-lagi industri otomotif menjadi ekspor terbesar. Selain itu, industri pesawat, Peralatan medis dan farmasi juga termasuk diantara ekspor utama Jerman yang memberikan pemasukan miliaran dolar.

Baca Juga  Sistem Pendidikan Di Jerman Dengan Ribuan Program yang Inovativ

perekonomian jerman

3.Pendidikan

Kekuatan pereonomian negara Jerman adalah hasil dari sistem pendidikan Jerman yang telah diakui kualitasnya. Pendidikan model Jerman tidak hanya mengajarkan teori, pengetahuan, dan etika. Tapi juga menekankan pada keterampilan praktis.

Pendidikan Jerman juga melatih generasi muda Jerman agar terbiasa menerima tanggung jawab. Ini membuat alumni Jerman memiliki mental kemandirian yang tinggi. Kurikulum juga disesuaikan dengan kebutuhan industri sehingga membantu siswa Jerman lebih siap memasuki dunia kerja. Sistem pendidikan Jerman ini telah menjadi teladan dan ditiru banyak negara di dunia.

4.Memiliki banyak pusat ekonomi

Pusat-pusat ekonomi terpenting ada di beberapa kota di Jerman. Pusat industri berbasis high tech ada di kota metropolitan Munich. Salah satu industri kelas dunia yang ada di Munich adalah pabrik mobil BMW. Industri mobil lainnya tersebar di Wolfsburg, Ingolstadt, serta Stuttgart.

Stuttgart juga dikenal dengan industri pesawat terbang, mesin kantor, instrumen optik, serta tekstil. Begitu juga dengan Berlin, Hamburg, Hanover, Bremen, dan Kiel, masing-masing kota berperan penting dalam memajukan industri Jerman.

Baca Juga  Mengenal Kepala Negara Jerman dan Negara Bagian Jerman

5.Mentalitas Jerman

Orang Jerman memiliki mentalitas yang luar biasa. Ada istilah terkenal “Deutschland, Deutschland uber alles” yang artinya “Jerman, Jerman di atas segalanya”. Bangsa Jerman selalu ingin menjadi nomor satu, dan ini menular ke semua bidang kehidupan.

Itulah sebabnya mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik. Tepat waktu, teliti, disiplin tinggi, dan bekerja efisien telah menjadi kebiasaan warga Jerman sehari-hari. Mentalitas ala Jerman ini membuat orang Jerman lebih produktif dan secara tidak langsung telah mempengaruhi perekonomian negara Jerman menjadi lebih baik.

Nah itu tadi 5 hal yang mendorong perekonomian Jerman. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi pembaca semuanya.

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *