fakta jerman
Selain Terkenal Dengan Bir, Ini 7 Fakta Jerman yang Lainnya
19/03/2019
lowongan kerja perawat
Ini Daftar Terbaru Lowongan Kerja Perawat di Jerman dan FSJ
20/03/2019

Berapakah Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman?

perbedaan waktu indonesia dan jerman

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman – Sahabat, bagi kamu yang akan pergi ke Jerman, tentu penting untuk memperhatikan fenomena perbedaan waktu Indonesia dan Jerman. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia dan Jerman memang tidak terletak dalam satu garis bujur atau pun garis lintang.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya ada perbedaan waktu antara Indonesia dan Jerman. Nah, memperhitungkan perbedaan waktu antar kedua negara tersebut akan sangat berguna bagi kamu dalam memperhitungkan jadwal-jadwal nantinya.

Baca Juga  Mau Cari Kerja? Ini 3 Cara Kerja di Jerman Untuk Anak Muda

Ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum kamu menghitung perbedaan waktu yang ada di Indonesia dan Jerman.

Pertama-tama, harus kamu tentukan terlebih dahulu wilayah Indonesia mana yang akan menjadi acuan, misalnya Waktu Indonesia Barat di Jakarta. Selain itu, harus kamu perhatikan juga musim yang sedang berlaku di Jerman.

Berapakah Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman?

perbedaan waktu indonesia dan jerman

Berdasarkan Greenwich Mean Time, Jerman memiliki GMT + 1 sementara Jakarta memiliki GMT + 7. Artinya, dalam hari yang sama, ketika di Jakarta sedang pukul 03.00 sore, maka Jerman masih pukul 09.00 pagi.

Perhitungan ini seringkali membuat orang bingung dan membuat sebagian menyebut perbedaan waktu Indonesia dan Jerman secara umum adalah sebanyak 5 jam dan ada juga yang menyebut 6 jam.

Meskipun ini sepele, jangan salah menghitung selisih waktunya. Antara pukul 09.00 pagi hingga 03.00 sore, selisih waktunya adalah 5 jam. Itu sama dengan selisih antara GMT + 1 dan GMT + 7 adalah 5 bukan 6.

Baca Juga  Belajar Sejarah, Inilah Profil Negara Jerman yang Perlu Diketahui

Meskipun begitu, perbedaan waktu antara Jerman dan Indonesia sebanyak 6 jam juga tidak salah. Perhitungan perbedaan waktu Indonesia dan Jerman sebanyak 5 jam hanya berlaku apabila di Jerman sedang mengalami musim dingin. Sementara itu, apabila sedang terjadi musim panas(sekitar bulan Oktober hingga Maret) maka waktu di Jerman akan diundurkan sebanyak 1 jam.

Artinya, selisih waktu yang ada antara Indonesia dan Jerman adalah menjadi 6 jam

perbedaan waktu indonesia dan jerman

Apabila di Jakarta pukul 03.00 sore, maka di Jerman terhitung masih pukul 08.00 pagi.

Hal tersebut karena Jerman menganut periodisasi Central European summer time yang membuat Jerman harus menerapkan Daylight Saving Time atau mempercepat jam demi menghemat energi.

Baca Juga  Syarat, Fasilitas, dan Gambaran Umum FSJ di Jerman

Hal tersebut tidak menambah jam atau mengurangi jam dalam satu hari(tetap 24 jam), hanya saja hal tersebut akan mengubah jam awal aktivitas. Seperti yang kita ketahui, ketika musim panas tiba di negara-negara Eropa, durasi siang akan lebih panjang bahkan hingga 18 jam.

Memperhatikan musim dingin atau musim panas yang sedang berlaku di Jerman juga akan mempermudah kita dalam menentukan siang dan malam di sana.

Itulah tadi ulasan mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Jerman memperhatikan musim yang sedang berlaku. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai Jerman, kamu dapat membuka website virtueducation.org

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *