manfaat jus jambu
Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Diet, Ibu Hamil Dan Janin
15/11/2018
manfaat sambiloto
Lupakan Rasa Pahit, Ini 6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan dan Kecantikan
16/11/2018

Wasib Tahu, Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Perlu Kamu Ketahui

perbedaan toefl dan ielts

Perbedaan TOEFL dan IELTS – Apa perbedaan mendasar TOEFL dan IELTS selain mengenai soal-soalnya yang berbeda? Pada dasarnya jenis soal antara TOEFL dengan IELTS berbeda. Karena berkaitan dengan vendor, lembaga dan asal lembaga pembuat dua jenis tes bahasa Inggris tersebut. IELTS sendiri merupakan tes bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh institusi dari Inggris.

Hal ini beralasan karena Inggris merupakan penutus asli bahasa Inggris. Sehingga ujian-ujian yang menggunakan IELTS selalu mengacu pada aksen british, idiom british asli hingga kebudayaan-kebudayaan Inggris yang kadang masuk dalam soal-soal IELTS.

Seperti kebiasaan minum teh sore-sore adalah kebiasaan masyarakat Inggris. Kebudayaan ini tidak ditemukan di kebudayaan Amerika. Itulah mengapa dalam beberapa percakapan IELTS atau soal-soalnya.

Menawarkan secangkir teh merupakan salah satu ciri budaya Inggris yang masuk dalam soal-soal. Walaupun tidak semua. Perbedaan asal mula tes ujian ini muncul akan sangat mempengaruhi jenis, tipe soal dan bahkan perbedaan cara mengujinya.

Wasib Tahu, Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Perlu Kamu Ketahui

Sementara TOEFL adalah produk dari Amerika. Dibuat oleh lembaga bernama ETS. Educational Testing Service adalah lembaga pendidikan dari Amerika yang membuat soal-soal ujian TOEFL. Baik TOEFL berbentuk institusional testing program, internet based test, atau paper based test.

Perbedaan ketiga jenis tes ini akan dijelaskan kemudian. TOEFL sendiri, karena merupakan produk Amerika. Lebih banyak menggunakan aksesn Amerika, idiom Amerika serta lebih familiar di Indonesia. Karena semenjak kecil, kita sudah sering terpapar film-film Amerika, buku-buku bahasa Inggis yang diterbitkan Amerika. Bahkan mungkin anda lebih familiar dengan music-musik Amerika.

Secara teknis, TOEFL menggunakan tiga jenis tipe soal. Listening, structure, dan reading comprehension. Tiga tipe ini ada baik di TOEFL Ibt, itp atau PBT. Tiga jenis tipe inilah yang perlu anda perhatikan.

Baca Juga  Skor Minimal Lulus TOEFL IBT Adalah 70, Berapa Skor Kamu?

Listening pada bagian TOEFL menggunakan aksen Amerika. Dialog-dialog yang terjadi dan ceramah-ceramah yang ada menggunakan dialek Amerika. Sehingga bahasa Inggrisnya terdengar sangat familiar. Dibandingkan IELTS yang pada bagian listening menggunakan akses british.

Sementara pada bagian structure, pada umumnya sama saja. Hanya soal reading yang berbeda. Pada soal-soal reading TOEFL, artikel mengenai sejarah amerika seperti perang sipil, perbudakan, perjuangan marthen luther king, hingga pergerakan perempuan selalu muncul. Bagian ini juga memunculkan wawasan sains pengetahuan dari Amerika.

perbedaan toefl dan ielts
Perbedaan TOEFL IBT, ITP dan PBT yang Wajib Kamu Ketahui

Pada bagian TOEFL Ibt, itp dan pbt. Pada dasarnya sama. Hanya dua hal yang membedakan. Pertama, TOEFL ibt sering digunakan di negara-negara maju dengan akses internet tinggi. Hal ini karena sistem ujian ibt menggunakan computer.

Ibt juga mempunyai bagian tes yang berbeda, yaitu adanya speaking dan writing. Jadi khusus untuk toefl ibt, ujiannya adalah: listening, reading, writing dan speaking.

Pada bagian speaking ini. Anda berbicara dengan computer yang tersambung dengan internet. Sementara untuk TOEFL ITP dan PBT, bagian ujiannya hanya listening, structure dan reading.

Baca Juga  Mengintip, 4 Tips Persiapan Menjelang Tes TOEFL IBT Agar Lulus

Khusus untuk ITP dan PBT menggunakan media kertas soal dan jawaban dan banyak digunakan di negara-negara berkembang dan belum memiliki internet.

Status TOEFL Ibt berstandar internasional dan diterima dimana saja. Sementara untuk ITP dan PBT awalnya berstandar internasional, tetapi banyak negara sudah beralih ke TOEFL Ibt. Hanya di negara-negara ASEAN yang masih menerima pelamar atau mahasiswa dengan sertifikat TOEFL ITP atau PBT. Semua sertifikat TOEFL berlaku untuk 2 tahun kedepan.

perbedaan toefl dan ielts

Baca Juga  Apa Itu SAT Test Jakarta dan Bagaimana Agar Bisa Lulus Tes?

Sementara perbedaan Toefl dan IELTS sendiri yang telah dijelaskan diatas diproduksi oleh Inggris. IELTS mempunyai lima jenis bagian soal: listening, reading, speaking, writing. Pada bagian listening. Anda akan mendengarkan percakapan dengan aksen Inggris yang lumayan berbeda dengan aksen Amerika.

Sementara pada bagian speaking, anda akan berhadapan dengan orang bule native speaker. Native speaker dari Inggris tersebut akan mewawancarai anda. Sertifikat IELTS sendiri berstandar internasional dan berlaku selama 2 tahun.

Itulah tadi berbagai macam penjelasna singkat mengenai perbedaan Toefl dan Ielts dan semoga saja artikel di atas ini dapat menambah wawasan Kita semua yah, selamat belajar.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *