efek samping cuka apel
Awas, Inilah Efek Samping Cuka Apel jika Terlalu Sering Dikonsumsi
13/10/2018
cara belajar bahasa jerman
Bagaimana Cara Belajar Bahasa Jerman dengan Cepat?
13/10/2018

7 Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

penyebab penyakit tipes

Penyebab Penyakit Tipes– Apakah penyakit tifus itu? Penyakit tifus merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menyebar dengan cepat, biasanya melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri.

Pada anak-anak, selain bakteri tersebut, penyebab penyakit tipes dapat terjadi adalah karena sistem kekebalan tubuh yang tidak lengkap. Sementara dalam kasus yang jarang terjadi, transmisi tifus dapat terjadi karena paparan urin yang telah terinfeksi bakteri Salmonella typhii. Selain itu, sanitasi yang buruk dan akses terbatas terhadap air minum adalah penyebab utama tifus.

Baca Juga  16 Khasiat Susu Beruang Bear Brand Untuk Kesehatan Tubuh

Hampir 100.000 orang Indonesia terkena tifus setiap tahun. Oleh karena itu, tifus dinyatakan sebagai penyakit endemik dan masalah kesehatan yang serius di negara ini. Dari angka tersebut, diperkirakan bahwa setiap satu dari lima orang akan meninggal. Hal itu karena tifus juga berisiko menyebabkan komplikasi.

 penyebab penyakit tipes

7 Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bakteri almonella typhii berkembang dengan baik adalah sebagai berikut.

1. Sanitasi buruk

penyebab penyakit tipes yang paling umum adalah sanitasi buruk. Di negara berkembang seperti Indonesia, penyebaran bakteri Salmonella typhii biasanya terjadi melalui konsumsi makanan terkontaminasi bakteri Salmonella typhii.

Jika bukan berasal dari makanan itu langsung, bisa juga dari air yang digunakan untuk mencuci makanan. Kondisi ini terutama disebabkan oleh sanitasi yang buruk dan akses ke air bersih.

2. Tidak mencuci tangan sebelum makan

Bakteri juga dapat menjadi penyebab penyakit tifes dan bisa menyebar jika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangannya sebelum menyentuh atau memproses makanan. Penyebaran bakteri terjadi ketika orang lain makan makanan yang disentuh oleh tangan penderita tersebut.

Baca Juga  Inilah Penyebab Kaligata dan Cara Mengobati Kaligata Dirumah

3. Mengkonsumsi makanan yang telah terinfeksi

Penyebab penyakit tifes lainnya adalah dengan memakan bahan makanan, seperti sayuran, yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi.

4. Susu yang telah terkontaminasi

Selain sayuran yang memang selalu berhubungan dengan pupuk dan kotoran, susu yang diambil di peternakan tidak bersih juga dapat terkontaminasi almonella typhii sehingga bisa menjadi penyebab penyakit tipes.

5. Menggunakan kamar mandi yang terkontaminasi bakteri

Ternyata jika Anda menggunakan kamar mandi yang terkontaminasi bakteri, maka kemungkinan besar Anda akan ikut terinfeksi jika Anda menyentuh benda terkontaminasi almonella typhii. Umunya di bibir jamban.

6. Melakukan seks oral

Ternyata dengan melakukan seks oral dengan seseorang yang telah terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhii bisa menjadi penyebab penyakit tipes.

7. Meminum air kotor

Penyebab penyakit tipes yang sulit dihindari di negara tertinggal adalah meminum air kotor. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman masih bisa mendatangkan bakteri yang menyebabkan jenis.

Waspada, Inilah Komplikasi Tifus

Sekitar sepuluh persen penderita tifus dapat mengalami komplikasi. Komplikasi terjadi ketika pasien terlambat atau tidak menerima pengobatan dengan antibiotik yang tepat. Komplikasi bisa terjadi tiga minggu setelah infeksi.

Komplikasi yang dapat terjadi berupa pendarahan di saluran pencernaan dan infeksi yang menyebar ke jaringan sekitarnya. Umumnya hal itu akan menyebabkan usus atau saluran pencernaan robek.

1. Gejala-gejala perdarahan internal.

Pasien tifus mengalami pelemahan energi tubuh, kulit pucat, muntah darah, tinja berwarna hitam, denyut jantung tidak teratur, dan sesak napas. Secara umum, pendarahan karena tifus tidak mengancam jiwa.

Namun, transfusi darah mungkin diperlukan untuk mengganti kehilangan darah dari tubuh. Pembedahan mungkin juga diperlukan untuk memperbaiki kerusakan di area perdarahan.

Baca Juga  Inilah Penyebab Kaligata dan Cara Mengobati Kaligata Dirumah

2. Saluran pencernaan robek.

Perforasi atau robekan terjadi ketika dinding saluran pencernaan terluka. Ini menyebabkan isi saluran pencernaan masuk ke rongga perut (peritoneum).

Berbeda dengan kulit, peritoneum tidak memiliki mekanisme pertahanan untuk melawan infeksi. Karena itu, akan berbahaya bila bakteri tifoid menyebar ke peritoneum, atau dikenal sebagai peritonitis.

 penyebab penyakit tipes
Langkah pencegahan tifus secara sederhana

1. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memproses makanan dan minuman, serta setelah buang air. Anda juga harus mencuci tangan setelah membersihkan kotoran, misalnya, saat mencuci popok bayi.

2. Jika Anda ingin bepergian ke tempat yang memiliki kasus tifus, Anda harus memastikan bahwa air yang Anda minum sudah direbus hingga matang.

3. Jika Anda harus membeli minuman, Anda harus membeli air kemasan.

4. Kurangi pembelian camilan di sisi jalan, karena mudah terkena bakteri.

Baca Juga  Penyebab Jerawat Di Dagu dan Cara Mencegah Jerawat Dengan Mudah

5. Hindari makan es batu yang tidak dibuat sendiri.

6. Hindari makan buah dan sayuran mentah, kecuali Anda pertama kali mencuci dengan air bersih dan mengupas kulit.

7. Batasi konsumsi jenis makanan ikan dan makanan laut (kerang), terutama yang masih mentah, karena bakteri pada makanan segar sulit diketahui dengan pasti.

8. Sebaiknya gunakan air matang untuk menyikat gigi atau berkumur, terutama jika Anda berada di tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *