susu untuk menggemukan badan
Cara Memilih Susu Untuk Menggemukan Badan dan Tips Meminumnya
30/08/2018
vaksin mmr
Mengetahui Manfaat dan Reaksi Pemakaian Vaksin MMR Untuk Tubuh
31/08/2018

Penyebab Migrain Sebelah Kanan dan Cara Mudah Mengatasinya

penyebab migrain sebelah kanan

Penyebab Migrain Sebelah Kanan – Migrain merupakan sakit kepala yang terjadi di satu bagian saja, yakni kiri, kanan, depan, dan belakang. Namun kebanyakan orang sering mengalami migrain di bagian kanan lebih dulu.

Setelah itu barulah migrain akan menjalar ke bagian yang lainnya. Untuk penderita migrain di sebelah kanan tidak bisa dibiarkan begitu saja karena ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Umumnya penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang yang memiliki beban pekerjaan yang cukup banyak. Namun pada dasarnya migrain ini memiliki banyak penyebab sehingga biasanya antara orang satu dengan yang lainnya akan berbeda-beda penyebabnya. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor dari dalam maupun dari luar.

Baca Juga  Cara Memilih Susu Untuk Menggemukan Badan dan Tips Meminumnya

Sakit migrain ini bisa berpindah ke bagian yang lainnya. Jika berpindah seperti ini berarti tidak menjalar, tetapi hanya berpindah rasa sakitnya. Rasa sakit dirasakan juga biasanya akan semakin bertambah. Untuk mengatasinya maka perlu mengetahui penyebab-penyebab dari sakit migrain ini.

7 Penyebab Migrain Sebelah Kanan

penyebab migrain sebelah kanan

Pengobatan migrain itu ada beberapa cara sehingga perlu mengetahui cara yang tepat  supaya tidak semakin parah. Dengan mengetahui penyebabnya maka sakit migrain ini akan bisa segera  diobati. Adapun beberapa penyebab migrain sebelah kanan adalah sebagai berikut.

1. Perubahan Rutinitas

Rutinitas yang berubah bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala sebelah. Contohnya adalah perubahan pada pola tidur atau jadwal sehari-hari. Bahkan ketika melakukan perjalanan jauh pun bisa menyebabkan terjadinya migrain.

2. Stress Berlebih

Penyakit migrain ini sangat berhubungan erat dengan stres yang terjadi. Bahkan Stres ini menjadi penyebab paling banyak bagi orang-orang yang mengalami sakit kepala sebelah atau migrain. Bahkan Kebanyakan orang stres pada hari kerja dan mengalami sakit kepala sebelah saat libur.

3. Pola Tidur Yang Salah

Salah satu penyebab migrain sebelah kanan adalah karena pola tidur yang tidak baik. Kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan sakit kepala datang, begitu pula apabila kelebihan tidur. Meskipun aktivitas padat, tapi usahakan untuk memberikan waktu istirahat untuk tubuh.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Parut Jerawat Dengan Bahan Alami Paling Efektif

4. Mengonsumsi Kafein

Kafein juga merupakan salah satu penyebab migrain sebelah kanan maupun bagian lainnya. Dengan demikian usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Dan ketika ingin mengurangi jumlah konsumsi kafein yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari, lakukanlah sedikit demi sedikit.

5. Situasi Lingkungan

Faktor lingkungan ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap munculnya sakit kepala sebelah atau migrain. Misalnya adalah perubahan cuaca, ketinggian posisi tempat tinggal, suhu yang terlalu lembab. Untuk itu usahakan bisa membuat kondisi lingkungan senyaman mungkin.

6. Perubahan Hormon

Hormon adalah faktor internal yang cukup berperan dalam pemicu terjadinya migrain. Faktor penyebab ini banyak didapati oleh perempuan, dimana hormon progesteron dan estrogen sangat labil. Itulah mengapa migrain lebih banyak dirasakan oleh kaum perempuan dibandingkan laki-laki.

7. Terlalu Lama di Depan Layar

Duduk dalam waktu yang lama di depan layar komputer sangat berpengaruh besar terhadap terjadinya migrain. Dengan demikian maka mulailah untuk melakukan cara kebiasaan sehat di depan monitor. Salah satunya adalah dengan beristirahat sejenak ketika bekerja dengan menggunakan.

Cara Mudah Mengatasi Penyebab Migrain Sebelah Kanan

penyebab migrain sebelah kanan

Setelah mengetahui penyebabnya, maka sangat penting untuk mengetahui cara pengobatannya. Untuk mengetahui pengobatan guna mengatasi penyebab  migrain sebelah kanan  sebaiknya menggunakan cara yang tepat.

Cara yang tepat ini berarti tidak akan memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh dan pada dasarnya tidak semua pengobatan bisa bekerja dengan baik pada pusat rasa sakit. Cara yang paling ampuh untuk mengobati migrain adalah dengan menggunakan cara herbal dan alami.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala sebelah atau migrain.

  • Waktu Tidur Yang Cukup

Ada berbagai penyebab migrain sebelah kanan yang diderita oleh banyak orang. Memperbaiki pola tidur sangat membantu untuk mengobati sakit kepala sebelah. Dengan demikian maka aturlah waktu istirahat dengan baik. Usahakan untuk tidak terkena insomnia.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Bagi para pecinta kopi dan teh maka usahakan untuk mengonsumsinya dengan wajar. Bagi para penggila kopi usahakan untuk bisa menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih yang cukup. Dengan mengurangi konsumsi kafein maka bisa membantu untuk mengobati migrain.

  • Atur Berat Badan

Salah satu penyebab migrain sebelah kanan dan beberapa bagian lainnya adalah karena berat badan yang berlebihan. Usahakan untuk mempertahankan berat badan ideal. Caranya yakni dengan mengatur pola hidup dan pola makan sehingga bisa memiliki massa tubuh yang ideal.

Baca Juga  11 Manfaat dan Khasiat Daun Brotowali
  • Olahraga Teratur

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala. Dengan semakin banyak melakukan olahraga maka tubuh akan semakin lebih sehat. Usahakan untuk olahraga setiap pagi minimal 20 menit. Lakukan olahraga minimal 5 kali dalam 1 minggu.

  • Pergi Berlibur

Cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri migrain adalah pergi jalan-jalan. Berlibur adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan stres.

Untuk berlibur tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, karena bisa diatur dengan cermat. Apabila stres hilang maka bisa membantu untuk mengatasi sakit kepala sebelah.

  • Melakukan Pijat

Banyak orang yang melakukan pijat untuk menghilangkan migrain. Cara ini juga sangat efektif untuk mengendurkan otot yang tegang sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Untuk terapi secara rutin maka lakukan pijat dan spa dua 1 kali dalam 2 minggu.

Itulah beberapa hal yang merupakan penyebab migrain sebelah kiri dan kanan dan cara mudah mengobatinya.

Apabila sakit kepala sudah mulai terasa maka sebaiknya langsung mengambil tindakan. Apabila dibiarkan, sakit kepala ini akan menjalar ke bagian yang lainnya.

Dengan menggunakan pengobatan secara alami dijamin lebih ampuh dalam mengobati. Pengobatan sakit kepala tersebut sama sekali tidak menimbulkan efek buruk. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mudah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *