cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok
Lupakan Shampo, Ini 5 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok
29/12/2018
jajanan anak sekolah yang unik
9 Jajanan Anak Sekolah yang Unik dan Resep Cara Membuatnya
31/12/2018

Penyebab Kutu Rambut, Gejala, Serta Solusi Membasminya

penyebab kutu rambut

Penyebab Kutu Rambut – Kutu rambut adalah serangga kecil tak bersayap yang bersifat parasit di rambut manusia. Saking kecilnya, sepintas sulit terlihat oleh mata. Dikatakan parasit karena kutu rambut memakan darah daru kulit kepala manusia.

Kutu rambut paling sering terdapat pada anak-anak dan penyebarannya biasanya dari satu rambut ke rambut orang lainnya. Kutu rambut tidak menyebabkan penyakit tertentu dan tidak berbahaya. Adanya kutu rambut juga bukan pertanda kebersihan pribadi atau lingkungan yang buruk.

Gejala Kutu Rambut Seperti Apa?

Gejala paling umum seseorang terkena kutu adalah rasa gatal. Gatal timbul karena alergi terhadap air liur kutu. Orang yang sensitif terhadap gigitan kutu akan merasakan rasa gatal yang parah. Tapi ada juga yang orang yang hanya merasa gejala kutu rambut sedikit gatal bahkan tidak gatal sama sekali

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

Gejala kutu rambut yang lain dan bisa muncul diantaranya merasa ada sesuatu yang bergerak-gerak di rambut, luka di kepala akibat digaruk, serta sulit tidur.

Penyebab Kutu Rambut yang Perlu Anda Ketahui

penyebaran kutu rambut

Penyebab kutu rambut adalah serangga parasit pediculus humanus capitis. Adanya kutu rambut merupakan hasil dari kontak langsung atau transfer dari satu rambut ke rambut orang lain. Untuk bertahan hidup, kutu harus menghisap darah manusia. Mereka dapat hidup selama 30 hari di atas kepala manusia. Jika terlepas atau jatuh, kutu akan mati dalam 1 sampai 2 hari.

Kutu rambut bisa terjadi bukan karena rambut kamu kotor atau kebersihan yang buruk, karena kutu rambut bisa menular ke siapa saja. Walaupun kamu sudah menjaga kebersihan dan merasa tidak punya masalah dengan rambut, tapi kalau kamu melakukan hal yang bisa menyebabkan kutu menempel di kulit kepala, maka besar kemungkinan kamu akan tertular dengan mudah. Anak-anak usia kurang 7 tahun merupakan kelompok yang mudah tertular kutu rambut karena sering kontak fisik dengan anak seusianya.

Baca Juga  6 Cara Membasmi Kutu Rambut Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Ketika kutu menempel di kepala, mereka juga bisa bertelur. Telur kutu akan menetas dalam 8 atau 9 hari dan membentuk kutu yang belum matang atau nimfa. Nimfa akan menjadi kutu dewasa setelah 9 hingga 12 hari. Dan kutu dewasa bisa hidup selama 3 hingga 4 minggu. Jadi, kalau kamu tidak ingin kutu berkembang di rambutmu, maka kamu harus membasmi setidaknya 8 hari setelah menempel di kulit kepala.

Kutu tidak dapat terbang atau melompat, tapi terkadang kutu dapat ditularkan melalui barang-barang pribadi. Sehingga wajar kalau beberapa orang menghindari berbagi sisir, ikat kepala, headset, handuk, baju, helm, maupun topi dengan siapapun yang memiliki kutu di kepalanya. Walaupun sebenarnya tidak ada bukti kuat yang menunjukkan hubungan penyebaran kutu dengan barang-barang pribadi tersebut.

Kalau rambut kamu sudah terlanjur tertular kutu, maka segera bersihkan rambut dan jaga jarak dalam berinteraksi dengan orang yang memiliki kutu rambut. Karena usahamu dalam membersihkan rambut dan kulit kepala akan sia-sia kalau masih berinteraksi dengan pemilik kutu rambut.

Solusi Membasmi Kutu Rambut

cara membasmi kutu rambut

Sebelum menggunakan obat-obatan, ada beberapa tindakan sederhana yang bisa membasmi kutu rambut, diantaranya

1.Menggunakan sisir serit dalam keadaan rambut basah

Menyisir rambut basah dengan sisir serit diyakini bisa menghilangkan kutu rambut. Ini merupakan cara tradisional yang membuat kutu menjadi lebih terlihat. Selain rambut yang basah, akan lebih baik lagi menggunakan kondisioner rambut yang berfungsi untuk melumasi rambut.

Sisir seluruh kepala setidaknya 2 kali setiap sesi. Lakukan 3 sampai 4 kali sehari selama minimal 2 minggu hingga kutu tidak ditemukan lagi.

2.Minyak esensial

Beberapa minyak nabati diketahui memiliki efek toksik pada telur dan kutu. Beberapa produk minyak esensial yang mampu membasmi kutu rambut diantaranya minyak pohon teh, minyak pala, minyak cengkeh, minyak lavender, minyak peppermint, dan minyak kayu putih.

Sebelum menggunakan minyak esensial, encerkan dengan minyak pembawa dan oleskan ke punggung tangan. Jika tidak ada reaksi, maka minyak esensial aman digunakan. Tapi jika kamu alergi terhadap minyak tersebut, ganti dengan minyak esensial lainnya.

Baca Juga  Inilah 6 Shampo Pemanjang Rambut Paling Recomended Untuk Wanita

Untuk cara penggunaannya, campurkan 2 gram minyak zaitun sebagai minyak pembawa dengan 15-20 tetes minyak esensial. Oleskan campuran ini ke kulit kepala menggunakan bola kapas. Biarkan semalam, lalu sisir dan keramasi rambut dengan shampo pada pagi harinya.

Nah demikian ulasan mengenai penyebab kutu rambut, gejala, serta solusi membasminya. Mendapati kutu rambut merupakan salah satu masalah rutin anak-anak dan keluarga. Tapi jangan panik, dengan mengetahui penyebab kutu rambut, kita tentunya lebih berhati-hati agar bisa menghindarinya.

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *