makanan penambah berat badan bayi
Bunda, Ketahui 6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi
21/03/2019
khasiat kunyit dan madu
3 Khasiat Kunyit Dan Madu Untuk Kesehatan Pria dan Wanita
22/03/2019

7 Faktor Penyebab Ketombe, Salah Satunya Akibat Stres

penyebab ketombe

Penyebab Ketombe – Siapa sih yang nggak risih dengan munculnya ketombe? Hampir semua orang merasa terganggu dengan ketombe yang muncul di kulit kepala. Ketombe merupakan pengelupasan sel – sel kulit mati di kulit kepala. Ketombe berbentuk serpihan berwarna putih yang biasanya bertebaran di rambut dan menyebabkan kulit kepala terasa gatal.

Sebagian orang percaya bahwa ketombe muncul karena seseorang malas keramas, terlebih lagi bagi yang memiliki kulit kepala berminyak. Apakah hanya hal itu saja yang menjadi penyebab ketombe? Ternyata yang menjadi penyebab munculnya ketombe ada beragam. Simak penyebab ketombe lainnya berikut ini.

penyebab ketombe pada wanita dna pria

7 Faktor Penyebab Ketombe, Salah Satunya Akibat Stres

Munculnya ketombe tidak hanya disebabkan karena seseorang jarang keramas. Terkadang ketombe bisa muncul pada sebagian orang yang rajin keramas.

Baca Juga  Lupakan Sampo, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Jika Anda ingin membasmi ketombe yang ada di kulit kepala Anda, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja yang menjadi penyebab ketombe. Beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi penyebab ketombe, diantaranya yaitu:

1. Stres

Beratnya dan padatnya rutinitas harian Kita seringkali membuat Kita merasa sering stres dan tanpa sadar ternyata stres bisa menyebabkan banyak hal negatif salah satunya adalah bisa menjadi penyebab ketombe.

Kondisi stres bisa menyebabkan perubahan pada hormon yang memicu produksi minyak terutama di kulit kepala sehingga menjadi penyebab timbulnya ketombe yang berlebihan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Bahan Alami

2. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik atau iritasi kulit berminyak merupakan penyakit kulit yang memicu terjadinya kulit kering dan mengelupas. Dermatitis seboroik biasanya terjadi pada kulit berminyak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit merah dan berminyak yang ditutupi oleh sisik putih.

Penyakit ini bisa muncul di kepala, wajah, punggung, dan dada. Dermatitis seboroik yang terjadi di kulit kepala menjadi penyebab ketombe yang paling sering terjadi. Dermatitis seboroik memiliki keterkaitan dengan Malassezia.

Malassezia merupakan jamur yang berada di kulit kepala, jamur ini memakan minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut. Biasanya hal tersebut tidak menjadi masalah, namun bagi sebagian orang menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi serta menghasilkan kulit – kulit ekstra Sel – sel kulit ekstra yang mati ini kemudian menumpuk dan rontok sehingga menjadi penyebab ketombe.

Baca Juga  8 Cara Memutihkan Lutut dengan Bahan - Bahan Alami

3. Kulit Kering

Kulit kering cenderung memicu timbulnya ketombe. Hal ini bisa dipengaruhi oleh udara musim dingin dan kamar yang terlalu panas. Kondisi ini memicu kulit kepala menjadi gatal dan mengelupas sehingga menjadi penyebab ketombe yang cenderung berupa serpihan lebih kecil dan tidak berminyak.

penyebab ketombe

4. Jarang Keramas

Tidak rutin membersihkan rambut atau keramas dapat menyebabkan terjadinya penumpukan minyak dan sel – sel kulit mati di kulit kepala, yang kemudian menjadi penyebab ketombe.

Baca Juga  Manfaat Creambath Untuk Kesehatan Rambut dan Cara Membuatnya

5. Diet

Saat seseorang menjalani program diet terkadang ia kurang mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin B, seng, dan beberapa jenis lemak. Vitamin B kompleks berperan dalam menutrisi dan membantu pembentukan sel – sel rambut. Kekurangan nutrisi tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe.

6. Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Tidak Cocok

Beberapa produk penataan rambut seperti hair spray, pomade, wax atau gel mengandung bahan – bahan kimia yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal ataupun iritasi.

Selain membuat gatal, produk – produk penataan rambut tersebut dapat menumpuk di kulit kepala dan membuat kulit kepala semakin berminyak sehingga meningkatkan risiko timbulnya ketombe.

Baca Juga  Penyebab Kutu Rambut, Gejala, Serta Solusi Membasminya

7. Penyakit Tertentu

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit neurologis, parkinson, stroke atau pernah mengalami cedera kepala parah lebih berisiko mengalami dermatitis seboroik. Selain itu, beberapa penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis cenderung meningkatkan risiko muncuknya ketombe pada kulit kepala.

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *