10 makanan penurun kolesterol
Wajib Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Menu Diet
25/03/2019
senam menurunkan berat badan
4 Senam Menurunkan Berat Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
26/03/2019

Awas, 7 Penyebab Kesemutan Ini Tidak Bisa Disepelekan

penyebab kesemutan

Penyebab Kesemutan– Kesemutan atau parastesia memang tidak begitu mengganggu jika kesemutan hanya karena posisi anda yang tidak bergerak pada satu posisi, penyebab kesemutan tersebut hanya karena aliran darah anda tidak lancar.

Namun ada beberapa penyebab kesemutan yang tidak bisa anda sepelekan, karena bisa saja gejala dari satu penyakit ditubuh anda.

Awas, 7 Penyebab Kesemutan Ini Tidak Bisa Disepelekan

penyebab kesemutan pada wanita

1. Pola Makan Tidak Teratur

Kesemutan bisa saja karena pola makan anda yang tidak teratur, sehingga jika sudah muncul gejalanya dengan sering kesemutan. Sebaiknya lakukan pola makan teratur karena bisa saja sudah ada gejala magh atau tipus.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Tipes Seperti Apa? Berikut Cara Mengenalinya

2. Dibates

Ketika kandungan guka darah diatas normal, maka tekanan darah juga tidak normal sehingga sering mengakibatkan kesemutan. Dan jika sebelumnya anda sudah memiliki riwayat gula tinggi atau diabetes, segera consultasikan dengan dokter.

3. Alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu sering bisa mengakibatkan kesemutan, dan bahkan kesemutan hingga seperti mati rasa juga akan sering terjadi.

Baca Juga  Bulimia Adalah Gangguan Pola Makan yang Serius, Apa Tandanya?

Jadi kurangi atau bahkan hentikan minum alkohol karena kesemutan bukan hanya terjadi saat anda sedang dalam keadaan tidak bergerak. Sedang berkendaraan atau sedang beraktifitas juga bisa terjadi kesemutan, jadi sangat berbahaya jika sampai anda tidak bisa menjaga keseimbangan anda.

4. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang tidak normal juga bisa memicu seringnya kesemutan, karena peredaran darah keseluruh tubuh tidak bisa secara sempurna.

Jadi untuk anda yang berat badan sudah menuju obesitas datau sudah obesitas, silahkan lakukan pola hidup sehat untuk mengurangi berat badan anda dan terhindar dari kesemutan.

Baca Juga  4 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

penyebab kesemutan

5. Penyakit Ginjal

Ginjal yang berpengaruh terhadap peredaran darah, jadi ketika ada masalah pada ginjal akan sangat mempengaruhi peredaran darah ke seluruh tubuh

Dan terkadang akan mengakibatkan tidak sempurnanya peredaran darah dan hal itulah yang mengakibatkan kesemutan dengan durasi yang cukup lama, terutama untuk kaki yang bisa menjadi seperti tidak bertenaga. Hati-hatilah atau segera periksa ke dokter.

6. HIV/AIDS

Ketika HIV/AIDS sudah menyerang tubuh anda maka sistem imun anda akan menurun, saat itu organ anda tidak akan bekerja secara maksimal lagi. Terutama peredaran darah akan sangat terganggu dan menyebabkan kesemutan yang cukup sering dan cukup lama. Anda kan sangat sulit menggerakkan bagian-bagian tertentu pada tubuh anda.

7. Stress dan Gelisah

Terkadang kesemutan tidak hanya oleh gejala tertentu dari satu penyakit, stress dan gelisah berlebihan juga bisa mengakibatkan kesemutan, dan jika terlalu sering terjadi bisa mengakibatkan kelumpuhan sebagian tubuh atau biasa disebut dengan stroke.

Jadi kuasai emosi anda sehingga tidak membuat anda merasa stress dan tertekan, karena akibatnya bisa menjadi sangat fatal.

Baca Juga  9 Cara Mengecilkan Perut dan Paha Dirumah Dengan Aman

Itulah beberapa penyakit yang bisa penyebab kesemutan, namun ciri-cirinya bisa sangat mirip karen apada umumnya kesemutan terjadi pada bagian kaki, untuk itu akan lebih baik anda periksakan langsung ke dokter supaya tidak menduga-duga penyakit apa yang menjadi pemicu, dan anda juga bisa menanganinya dengan baik.

Biasanya dokter akan memeriksa kadar gula anda, tekanan darah dan juga dengan test yang lebih lengkap lainnya, dan untuk pertama akan diberi obat sesuai dengan keluhan anda dan akan dilakukan pemeriksaan tahap selanjutnya. Semoga bermanfaat dan anda bisa lebih wsapada lagi jika terjadi kesemutan dan anda merasa kesemutan anda tidak normal.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *