manfaat daun kelor untuk wajah
6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dan Untuk Kesehatan Tubuh
30/10/2018
cara memerahkan bibir alami
7 Cara Memerahkan Bibir Alami Dirumah Dengan Cepat dan Aman
30/10/2018

6 Penyebab Gigi Ngilu Ini Perlu Anda Hindari Sekarang Juga

penyebab gigi ngilu

Penyebab Gigi Ngilu – Gigi ngilu bisa dirasakan semua orang tanpa terkecuali, tetapi kadang-kadang ngilu di beberapa orang disebabkan karena gaya hidup dan asupan makanan minuman yang dikonsumi.

Sehingga gigi ngilu tidak perlu mendapatkan perawatan berlebih dari dokter, Namun pada beberapa kasus gigi ngilu sampai harus mendapatkan perawatan dari dokter.

Karena sudah terlalu sering menyangkiti dan membuat seseorang merasa tidak nyaman dalam bekerja dan beraktivitas.

penyebab gigi ngilu
6 Penyebab Gigi Ngilu Ini Perlu Anda Hindari Sekarang Juga

Bagi anda yang belum mengalami nyeri atau ngilu gigi yang terlalu parah. Anda sebaiknya mewaspadai beberapa hal yang sering menyebabkan gigi ngilu.

Perhatikan penyebabnya sehingga anda bisa terhindar dari gigi ngilu dan pada beberapa orang, menghindari gigi ngilu dengan rutin menggunakna pasta gigi anti ngilu.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

Persis dengan yang sering anda lihat di iklan-iklan televisi dan internet. Mulai bertebaran produk-produk pasta gigi anti ngilu dan Anda bisa membelinya di toko kelontong atau minimarket terdekat.

Sayangnya, pencegahan ini hanya bersifat sementara. Jika anda tidak memperhatikan faktor-faktor penyebab gigi ngilu. Daripada anda membuang-buang uang hanya untuk membeli pasta gigi untuk ngilu yang bersifat sementara.

Lebih baik anda mengetahui faktor-faktor penyebab utamanya. Sehingga anda bisa mewaspadainya dan Berikut beberapa penyebab gigi ngilu yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

1.Makanan yang dikonsumsi

Beberapa makanan yang dikonsumsi memang menjadi penyebab gigi ngilu. Salah satunya anda tidak memperhatikan suhu makanan atau minuman yang masuk ke mulut anda.

Memakan es krim langsung tanpa melakukan adaptasi terlebih dahulu dengan mulut dan gigi akan berpotensi melahirkan ngilu. Apalagi makanan dengan suhu panas dapat mengikis gigi anda dan menyebabkan gangguan pada jalur saraf anda.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya

Gangguan ini bisa menyebabkan gigi ngilu. Sehingga membuat anda tidak nyaman dalam makan dan berbicara. Beberapa makanan yang biasanya membuat ngilu antara lain: saos tomat, es krim, kiwi, es batu hingga air teh panas.

2.Menggunakan pasta gigi dengan pemutih

Anda mungkin kurang sadar saat termakan hasutan-hasutan pasta gigi dengan segala kelebihannya. Ada pasta gigi dengan kelebihan mengurangi ngilu, pasta gigi membuat gigi anda putih bersih dan pasta gigi yang membuat mulut anda wangi sepanjang hari.

Sayangnya, beberapa produk pasta gigi tersebut mengandung pemutih. Sehingga membuat gigi anda terkena resiko. Yaitu resiko pengkeroposan dan berakibat pada terganggunya saraf di gusi anda.

Ketika jalur saraf yang berada di gusi anda sudah terbuka karena gigi keropos. Bisa dipastikan, anda akan ngilu.

penyebab gigi ngilu

3.Hobi Kumur dengan Obat-Obatan Cair

Mungkin bagi anda yang menginginkan bau mulut wangi. Berkumur dengan obat-obatan cair yang mudah diperoleh di toko dan minimarket adalah solusi terdekat. Sayangnya, hal ini tidak baik untuk perkembangan gigi anda.

Obat kumur yang sering digunakan beresiko merusak daerah dentin. Sementara jika daerah dentin mengalami perlukaan.

Maka tinggal menunggu waktu akan menganggu saluran saraf gigi anda. Itulah mengapa sebab gigi ngilu bisa disebabkan dengan seringnya berkumur-kumur dengan obat kumur cair.

4.Sikat Gigi dengan tidak benar

Bagi sebagian orang, sikat gigi adalah hal yang jarang diperhatikan. Yang terpenting sudah menyikat gigi dengan baik, dan dengan pasta gigi tertentu.

Baca Juga  Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari

Padahal proses menyikat gigi bisa menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Hal ini karena dikarenakan anda menyikat gigi terlalu keras, atau menggunakan batang sikat yang terlalu kaki.

Batang sikat yang terlalu kaku akan membuat gosok gigi anda menyakiti gusi dan membuat saraf gusi anda terluka. Sehingga menjadikan potensi ngilu anda akan semakin parah.

5.Cek apakah anda memiliki gigi berlubang

Bagi sebagian orang, pergi ke dokter gigi biasanya menempati urutan prioritas kedua setelah ke dokter umum. Padahal dengan memeriksakan gigi anda secara rutin setahun sekali. Atau setahun dua kali akan berpotensi mencegah gigi anda bermasalah.

Salah satunya adalah mencegah potensi ngilu pada gigi anda. Karena gigi berlubang akan menyebabkan pembusukan.

Proses pembusukan ini kemudian menyebabkan saraf gigi anda terganggu. Serta menjadika gigi anda sangat rawan dengan potensi ngilu.

6.Banyaknya plak dan kotoran yang menumpuk di atas gigi

Menggosok gigi rutin tiga kali sehari ternyata tidak menjamin gigi anda bebas dari kotoran dan plak.

Baca Juga  Mengetahui Harga Veneer Gigi Untuk Gigi Kembali Putih Bersih

Karena itu plak dan kotoran harus rutin dibersihkan. Karena jika tidak dibersihkan akan mengganggu lapiran enamel di atas gigi dan membuat ngilu gigi anda akan semakin sering datang.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *