manfaat kunir asem
Luar Biasa, Inilah 9 Manfaat Kunir Asem Untuk Kesehatan
29/05/2019
tanda awal kehamilan sebelum telat haid
Wahai Wanita, Kenali 10 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid
31/05/2019

5 Penyebab Cantengan yang Harus Dihindari dari Sekarang

penyebab cantengan

Penyebab Cantengan – Cantengan merupakan kondisi umum dan dapat menimbulkan rasa sakit yang disertai bengkak, kulit kemerahan dan infeksi kulit. Kuku jari bagian sudut yang tumbuh melukai kulit sehingga melukai dan menimbulkan rasa sakit.

Masalah ini sebenarnya bisa diobati di rumah namun rasa sakit yang dirasakan bisa menyebar. Membuat aktivitas sehari-hari terganggu walaupun kelihatannya hanyalah luka kecil.

Baca Juga  Cara Mengobati Cantengan Kuku yang Terasa Sakit dan Penyebabnya

Orang yang memiliki masalah sirkulasi tubuh yang buruk khususnya mereka yang menderita diabetes rawan terkena cantengan. Maka penting bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes berhati-hati agar tidak melukai area kaki atau tangan. Jika tidak komplikasi akan muncul dengan cepat.

Tanda Tanda Cantengan yang Sering Terjadi

Ketika kuku yang masuk ke dalam kulit dan membuatnya terbuka mempermudah bakteri untuk masuk. Inilah yang menjadi sumber infeksi, area tersebut akan berubah menjadi merah dan bengkak disertai rasa sakit.

Jika Anda melihat adanya tanda-tanda cantengan tersebut sebaiknya hindari untuk tidak menggunakan alas kaki di luar rumah. Menjaga kebersihan area jari yang terkena cantengan sangat penting untuk mencegah infeksi berkelanjutan.

Baca Juga  Waspadai 2 Penyebab Keringat Berlebih Ini Tanda Penyakit

Masalah cantengan yang bertambah parah harus segera diperiksakan ke dokter. Bagian kuku yang melukai kulit perlu dihilangkan. Jika tidak akan menambah luka menjadi semakin besar.

Dokter akan menggunakan bius lokal untuk menghilangkan rasa sakit ketika kuku Anda dipotong. Selama 1 hingga 2 minggu pasien akan menggunakan sandal terbuka yang nyaman dan dilarang menggunakan sepatu hingga luka kembali sembuh.

penyebab cantengan
5 Penyebab Cantengan yang Harus Dihindari dari Sekarang

Cantengan tidak timbul begitu saja, ada beberapa penyebab yang bisa Anda waspadai di awal. Mengetahui penyebab cantengan akan membuat Anda bisa lebih memperhatikan kesehatan diri dan juga menghindari rasa sakit pada jari.

Lalu, apa saja penyebabnya? Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan dan dihindari.

1. Menggunakan sepatu yang sempit

Ketika Anda menggunakan sepatu yang berukuran lebih kecil dari kaki maka tekanan dari sepatu terhadap kuku akan sangat kuat. Terlebih jika Anda menggunakannya setiap hari. Menggunakan kaus kaki yang terlalu sempit dan tebal juga bisa menjadi penyebab lainnya. Pastikan ketika menggunakan sepatu terdapat rongga dan nyaman digunakan.

2. Cara memotong kuku

Membiarkan kuku terlalu panjang atau memotong terlalu pendek juga bisa menjadi penyebab cantengan. Belum lagi jenis kuku yang tumbuh untuk masuk ke dalam kuli atau melengkung. Sebaiknya potong kuku mengikuti bentuknya, jika Anda membentuk kuku lurus maka kemungkinan cantengan akan lebih tinggi karena kuku yang tumbuh tidak rata di segala sisi.

Baca Juga  Ini 6 Manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil yang Luar Biasa

penyebab cantengan yang perlu diatasi

3. Kuku yang terluka

Penyebab yang sering terjadi adalah mendapatkan luka pada jari khususnya bagian kuku. Luka ini bisa disebabkan karena menendang bola atau benda yang keras dan berulang. Adanya benda keras yang tidak sengaja menjatuhi jari kaki Anda. Selalu berhati-hati dan segera kompres kaki yang terkena benda keras akan mengurangi rasa sakit dan menghindari cantengan.

4. Tidak menjaga kebersihan

Anda mungkin malas untuk memotong kuku, hal ini akan memicu bakteri dan kotoran bersembunyi di bawah kuku. Bakteri ini bisa menjadi penyebab infeksi menyebar lebih cepat. Anda harus mencuci kaki setelah melakukan kegiatan di luar ruangan. Jagalah kaki tetap bersih sehingga tidak ada bakteri yang menimbulkan penyakit.

5. Genetik

Beberapa orang mengalami masalah genetik pada bagian kuku. Masalah genetik ini mempengaruhi pertumbuhan kuku yang tidak sesuai sehingga menimbulkan luka. Jika Anda memiliki penyebab genetik sebaiknya perhatikan kebersihan dan tetap potong kuku secara teratur untuk pencegahan dini.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *