baking soda untuk wajah
Manfaat Baking Soda Untuk Wajah Ini Jarang Diketahui
11/01/2019
bahasa jerman dasar
Bahasa Jerman Dasar Adalah Kunci Belajar Bahasa Jerman
12/01/2019

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan dan Keuntungannya

pcare bpjs kesehatan

Pcare BPJS Kesehatan – Saat awal-awal sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Warga masyarakat banyak yang keliru antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Apalagi diantara keduanya menggunakan kata BPJS dan sama-sama menggunakan logo berwarna hijau. Di beberapa kota bahkan kantornya berdekatan satu sama lain.

Pada awal pula, BPJS Kesehatan dn BPJS Ketenagakerjaan hanya disosialisasikan secara manual. Dalam artian segala urusan dikerjakan di kantor. Sehingga pada tahun-tahun awal kantor-kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenegakerjaaan membeludak oleh warga masyarakat. Jika di kantor BPJS Kesehatan membeludak antrian membuat kartu dan menanyakan hal-hal administratif lainnya. Sementara di kantor BPJS Ketenagakerjaan mengantri membeludak mendaftar keanggotaan, mencetak kartu dan mencarikan jaminan hari tuanya.

Baca Juga  Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online Dengan Mudah

Masyarakat kemudian banyak yang nyasar ke BPJS Ketenagakerjaan ketika menanyakan soal jaminan kesehatan. Sementara ada juga yang nyasar ke BPJS Kesehatan ketika menanyakan soal. Padahal jaminan dasar di antara keduanya berbeda. Yang satu menjamin soal kesehatan dan hanya mengeluarkan satu produk jaminan kesehatan untuk satu keluarga. Sementara BPJS Ketenagakerjaan mempunyai banyak produk: jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

BPJS Merambah Kedunia Online

Bahkan yang terbaru meluncurkan layanan khusus untuk tenaga kerja Indonesia dan Tenaga Kerja Wanita Indonesia. Bertahun-tahun kemudian baru BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merambah ke online. Melalui internet di laptop atau internet di smartphone anda. Urusan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bisa diselesaikan. Bagi BPJS Ketenagakerjaan, urusan online ini mempersingkat hampir separuh antrian di kantor bagi layanan bersifat administratif.

Baca Juga  23 Kegunaan Propolis Bagi Kesehatan yang Seringkali Tak Diketahui

Salah satunya adalah Primary Care Primary Care (Pcare) BPJS Kesehatan. Primary Care BPJS Kesehatan sendiri merupakan sistem informasi pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan yang saat ini diakses secara mudah melalui online khusus bagi pengguna fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Untuk mengantisipasi membeludaknya peserta BPJS Kesehatan. Maka BPJS Kesehatan menerapkan sistem aplikasi Pcare BPJS yang dijadikan sistem informasi pelayanan pasien yang saling terintegrasi. Saat ini banyak Klinik, Puskesmas, dan Dokter Keluarga sudah menerapkan standar operasional prosedur sesuai dengan pelayanan Pcare BPJS Kesehatan.

pcare bpjs
Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Saat ini aplikasi Primary Care BPJS terbaru update terakhir Bulan Mei 2018 adalah menggunakan versi 1.4.6. Aplikasi ini bisa diakses secara online melalui alamat : pcare.bpjs-kesehatan.go.id , namun sebelumnya Anda terlebih dahulu harus terdaftar sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) dari program BPJS.

Baca Juga  8 Manfaat Natur E Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Bagi pengguna smartphone berbasis Android aplikasi Pcare BPJS Kesehatan bisa Anda download melalui Google Play Store dan berikut di bawha ini adalah cara menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

1.Memasukkan data pendaftaran pasien baru

2.Entri data kunjungan pasien

3.Database tabel diagnosa nama penyakit beserta kode

4.Entri data dan database pelayanan obat-obatan

5.Entri Data penunjang Diagnosa

6.Dan Entri Rujukan

primarycare bpjs
Keuntungan Menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan

1.Proses pendaftaran pasien menjadi cepat dan akurat, melalui aplikasi Pcare BPJS ini, petugas hanya memasukkan nomor kepesertaan, maka data peserta seperti nama, tanggal lahir, dan alamat pasien secara otomatis akan tertera di layar monitor

2.Proses diagnosa penyakit lebih mudah, Jika konsumen telah pernah berobat sebelumnya, maka petugas bisa melihat data historis mengenai penyakit dan pengobatan yang pernah dilakukan oleh pasien sebelumnya

3.Jaringan sistem aplikasi yang Luas, data Anda akan selalu sama selagi Anda berobat di klinik atau Puskesmas yang memiliki sistem Primary Care (Pcare) BPJS Kesehatan di Seluruh Indonesia ;

4.Sistem pendaftaran rujukan yang cepat, Apabila penyakit yang Anda derita tidak bisa ditangani oleh klinik atau Faskes Tingkat Pertama, maka petugas Klinik tersebut bisa segera meneruskan ke Faskes Rujukan secara online ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama.

Baca Juga  Selain Untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Temulawak Untuk Wajah

Jadi bagi Anda peserta BPJS Kesehatan, carilah informasi mengenai Klinik, Puskesmas, atau Dokter Praktek yang menggunakan fasilitas aplikasi Pcare BPJS Kesehatan terdekat di Kota Anda. Rasakan perbedaan proses pelayanan pendaftaran pasien yang selama ini dirasakan antriannya cukup panjang dan menyita waktu Anda.

Selain itu juga sebagai antisipasi jika suatu saat setelah Anda didiagnosa dan Klinik tersebut tidak mampu menangani penyakit yang diderita pasien, Anda akan lebih mudah dirujuk ke Rumah Sakit yang fasilitasnya lebih lengkap yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara menggunakan aplikasi pcare BPJS kesehatan dan keuntungannnya dan semoga saja artikel yang Kami berikan diatas dapat bermanfaat.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *