manfaat daun binahong
15 Manfaat Daun Binahong Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
22/12/2018
ciri ciri pteridophyta
Ciri Ciri Pteridophyta dan Perbedaannya Dengan Lumut
22/12/2018

Bebas Nyeri Sendi Dengan Menghindari 7 Pantangan Asam Urat

pantangan asam urat

Pantangan Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian yang disebabkan kadar asam urat (uric acid) dalam tubuh berlebih. Normalnya, asam urat yang dihasilkan tubuh akan disaring oleh ginjal, kemudian dibuang bersama urine sebagai zat sisa.

Namun ketika tubuh memproduksi asam urat berlebih, ginjal tidak mampu membuangnya dan asam urat akan menumpuk membentuk kristal padat di persendian. Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh kita, dilakukan dengan tes darah. Kadar normal asam urat dalam darah adalah sebagai berikut

• Perempuan : 2,4-6,0 mg/dL
• Pria : 3,4-7,0 mg/dL
• Anak-anak : 2,0-5,5 mg/dL

Baca Juga  Awas, Hindari 4 Daftar Makanan Penyebab Usus Buntu Ini

Penderita asam urat akan merasakan peradangan, pembengkakan, kaku, serta rasa nyeri pada persendian. Paling sering menyerang ibu jari kaki, tapi sering juga menyerang persendian lainnya seperti lutut, tumit, jari tangan, siku, dan pergelangan tangan.

Bebas Nyeri Sendi Dengan Menghindari Makanan 7 Pantangan Asam Urat Ini

makanan pantangan asam urat

Bagi penderita penyakit ini, disarankan untuk menghindari makanan yang menyebabkan asam urat muncul. Makanan pantangan asam urat biasanya adalah makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi.

Purin merupakan senyawa yang ada pada makanan dan minumian yang kemudian diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Semakin banyak seseorang mengkonsumsi makanan kaya zat purin, maka semakin banyak pula asam urat yang diproduksi tubuh sehingga membuat penyakit asam urat kumat.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari atau dibatasi konsumsinya karena mengandung zat purin tinggi

1.Makanan laut (sea food)

Makanan laut atau sea food bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun harus diingat juga bahwa sea food merupakan makanan kaya zat purin sehingga penderita asam urat harus membatasi konsumsinya.

Beberapa jenis sea food yang harus dihindari diantaranya udang, kepiting, tiram, cumi cumi, lobster, dan kerang. Selain itu, beberapa jenis ikan yang diawetkan seperti ikan sarden, kornet sapi, ikan kalengan juga bisa menyebabkan asam urat kambuh.

2.Jeroan

Makanan dengan kadar purin paling tinggi berasal dari daging organ hewan darat atau jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, babat, maupun lidah. Sehingga bagi penderita asam urat, harus benar-benar menghindari konsumsi jeroan.

Daging juga mengandung zat purin, tapi kadarnya sedang. Penderita asam urat masih bisa mengkonsumsi daging tetapi dibatasi maksimal 4 ons per hari. Beberapa daging yang dibatasi konsumsinya diantaranya daging kambing, ayam, bebek, kelinci, angsa, sapi, maupun kalkun.

3.Gula

Gula mengandung kadar urine rendah, tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memicu obesitas dan diabetes, yang bisa memperburuk asam urat. Jika anda termasuk penggemar makanan yang manis-manis, maka konsumsilah buah-buahan. Buah-buahan mengandung gula alami serta mengandung nutrisi dan vitamin yang menyehatkan tubuh.

Baca Juga  Bermasalah dengan ASI? Konsumsi 5 Makanan Penambah ASI Ini

4.Sayuran kaya purin

Beberapa jenis sayuran seperti bayam, kangkung, buncis, kembang kol, serta melinjo merupakan kelompok sayuran yang mengandung zat purin yang tinggi. Memang ada yang berpendapat bahwa zat purin yang berasal dari sayuran tidak berbahaya bagi penderita asam urat. Tetapi alangkah baiknya untuk membatasi mengkonsumsinya agar terhindar dari penyakit asam urat.

5.Minuman beralkohol

Tidak hanya memabukkan, orang yang sering minum alkohol ternyata juga memiliki risiko terkena asam urat yang lebih tinggi. Minuman beralkohol yang mengandung zat purin tinggi adalah bir, sehingga mengkonsumsi bir bisa meningkatkan asam urat dalam darah. Meminum bir juga menyebabkan dehidrasi pada tubuh sehingga memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat.

Selain itu, meminum alkohol juga bisa mengganggu kesehatan ginjal karena ginjal dipaksa bekerja lebih keras untuk membuang asam urat.

pantangan asam urat

6.Kacang-kacangan kaya purin

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati, tapi ada beberapa jenis yang mengandung zat purin dalam kadar sedang, diantaranya kacang polong, kacang merah, kacang kedelai, dan melinjo. Kacang-kacangan tersebut masih bisa dikonsumsi penderita asam urat dalam jumlah yang wajar. Tapi bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan penumpukan asam urat dalam darah.

7.Soft drink, minuman kemasan, sirup, dan jus buah kemasan

Soft drink atau minuman bersoda memang mampu memberikan kesegaran dalam waktu singkat, namun terlalu sering mengkonsumsinya bisa menyebabkan penyakit asam urat. Hal ini karena adanya gula tambahan yang memicu kadar asam urat meningkat.

Selain itu, kandungan fruktosa pada minuman seperti sirup dan jus buah kemasan juga meningkatkan risiko asam urat. Fruktosa akan diproses oleh sistem pencernaan menghasilkan asam urat, trigliserida, serta zat radikal bebas.

Baca Juga  Tips Menaikan Berat Badan Untuk Segala Usia dan Jenis Kelamin

Menghindari makanan yang mengandung zat purin memang sulit, karena terlalu banyak makanan yang mengandung zat purin tersebut. Tapi ada makanan yang menjadi pantangan asam urat sehingga harus benar-benar dihindari, tapi ada juga masih boleh dikonsumsi tapi jumlahnya dibatasi. Makanan yang harus benar-benar dihindari diantaranya jeroan, daging sapi, kambing, bir dan alkohol. Sedangkan makanan yang tinggi kadar purin tetapi terkadang masih boleh dimakan diantaranya sayuran hijau serta seafood

Nah, agar terhindar dari asam urat, jangan lupa untuk menerapkan pola makan sehat. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pantangan asam urat di atas. Usahakan untuk minum air putih mencukupi, minimal 8-10 gelas sehari. Minum air putih akan membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *