cara menghilangkan karang gigi dengan garam
Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam dan Bahan Alami Lainnya
25/09/2018
telinga berdenging sebelah kanan
Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kanan dan Telinga Berdenging Sebelah Kiri
25/09/2018

Panduan Lengkap Kuliah di Jerman dan Syarat Kuliah Di Jerman

kuliah di jerman

Kuliah di Jerman – Bagi anda yang sering menonton youtube, pasti sudah tidak asing lagi dengan selebgram bernama Gita Savitri. Yapz, Gita Savitri terkenal sebagai salah satu selebgram di dunia maya Indonesia, bahkan mendunia lewat vlog-vlognya yang berawal dari kehidupan perkuliahannya di negara Jerman.

Awalnya Gita hanya membuat video proses seleksi masuk kampus di negara Jerman. Karena peminat video vlognya semakin banyak. Gita mulai memproduksi banyak video-video soal kehidupan di Jerman, tingkatan jenjang pendidikan di Jerman dan bahkan kehidupan sosial masyarakat multikultural di Jerman.

Seperti sebelumnya, gadis berhijab ini pernah melakukan wawancara kepada imigran muslim di Jerman tentang sikap orang-orang Jerman kepada imigran yang berkuliah disana.

Selain membuat video soal kuliah di Jerman. Gita Savitri juga memberikan semacam hasil kuliah di kampus berstandar internasional. Jika beberapa vlognya tentang kuliah sebelumnya masih seputar standar perkuliahan, bahasa perkuliahan yang digunakan sampai sistem penilaian di kampus Jerman.

Gita juga memberikan tips-tips bagaimana mengembangkan jaringan selama kuliah disana. Hal ini penting, karena selain memperkuat wawasan anda sebagai mahasiswa internasional. Juga menjadi potensi pengembangan karir anda kedepan.

Gita tidak hanya sekedar berteori. Ia bahkan sudah malang melintang dari satu program internasional ke program yang lainnya. Tergabung dalam proyek sosial ke Afrika. Menjadi duta sosial lembaga sosial internasional.

Dan bahkan dihabiskan menjadi influencer kelas internasional untuk beberapa program yang bersifat sosial multikultural.

biaya kuliah di jerman

Berapakah Biaya Kuliah Di Jerman?

Pernah kan anda terbetik berapa biaya kuliah di jerman yang dikeluakan Gita Savitri? Seperti yang kita ketahui bersama. Biaya kuliah di Jerman gratis, hanya biaya hidup dan transportasi yang mesti kita siapkan.

Selebgram seperti Gita Savitri yang menggunakan biaya mandiri. Ternyata hanya awal-awal saja mengeluarkan biaya dari orang tuanya.

Karena selanjutnya ketika Ia mampu mengembangkan karir internasionalnya sebagai influencer Ia mampu membiayai kehidupan perkuliahannya secara mandiri, selain kehidupan perkuliahan dengan biaya mandiri.

Kisah Bj Habibie Kuliah Di Jerman

Anda juga harus mengetahui ada kisah mahasiswa Indonesia yang melegenda karena mendapat beasiswa di negara Jerman. Pastinya anda sudah mengenal mahasiswa fenomenal ini. Yaitu Baharudin Jusuf Habibie atau yang biasa disebut Bj Habibie.

Habibie merupakan mahasiswa Indonesia yang didapuk berangkat ke Jerman ketika Ia baru saja menapaki tahun pertama kuliahnya di ITB Bandung.

Mungkin saja anda sudah menonton film biografi Habibie dan Ainun. Tapi tidak semua perjuangan dan kisah-kisah sulit Habibie dimunculkan dalam film. Anda bisa membaca kisah perjuangan Habibie mendapat beasiswa di Jerman, cara bertahan hidup di Jerman kala itu, hingga menjalin relasi dengan kedutaan Indonesia, pejabat-pejabat Indonesia di luar negeri khususnya wilayah konsuler Jerman.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa dan Perbandingan Biaya Kuliah

Kisah Habibie di Jerman dimulai dengan mengawali studi S1 di bidang auronautika pesawat. Karena kecerdasannya Ia mendapat beasiswa hingga jenjang doktoral. Selepas kuliah, Habibie ditarik bekerja di badan perusahaan pesawat Jerman.

Disana ia menapaki karir dari bawah dan menjadi top puncak jajaran eksekutif di perusahan tersebut menjadi wakil direktur. Ini adalah jabatan paling puncak yang pernah dipegang warga negara asing. Karena direktur wajib orang Jerman asli. Maka karir Habibie maksimal menjadi wakil direktur.

Dari karir Habibie di Jerman inilah. Ia berhasil menelurkan sebuah paten di bidang teknik kedirgantaraan mengenai teori cracrk, atau teori keretakan pesawat yang terkenal dengan teori habibie, atau dia mendapat julukan sebagai “mr crack”.

Kini, karena jasa jasa kepintarannya. Jerman memberikan kehormatan kepada Habibie dengan mengangkatnya sebagai warga negara kehormatan Jerman. Itulah mengapa anda selalu melihat Habibie dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pengambil kebijakan di Jerman saat menjabat sebagai Menteri Riset dan bahkan Presiden Republik Indonesia di kemudian hari.

syarat kuliah di jerman

Perbandingan Biaya Kuliah Di Jerman Vs Indonesia

Berbicara mengenai pendidikan di Jerman. Jerman mengenal sistem pendidikan gratis bagi kampus-kampus negeri. Sementara kampus swasta bervariasi antara satu kampus dengan kampus lain. Biaya yang lebih besar biasanya hanya dibutuhkan untuk biaya hidup (living allowance), biaya transportasi serta biaya penyewaan apartemen.

Biaya gratis ini diumumkan Jerman pada tahun 2014 bagi seluruh mahasiswa sarjana dalam negeri dan luar negeri. Tetapi ada biaya kecil untuk urusan administrasi dan biaya layanan mahasiswa sebesar 4 juta per semester. Atau 40 juta per lima tahun. Biaya ini tidak termasuk uang SPP jadi tidak dimasukkan dalam perbandingan.

Jika anda berencana membandingkan biaya kuliah kampus negeri dan swasta antara Indonesia dan Jerman, dan ternyata perbedaanya hanya sedikit.

Jika biaya SPP di kampus swasta di Indonesia dihitung dari uang pangkal dan uang SPP sampai dengan lima tahun bisa mencapai 500 juta rupiah.

Baca Juga  Kosakata Bahasa Jerman Ini Bisa Anda Pelajari Dirumah Dengan Mudah

Maka SPP dan Uang Pangkal kampus negeri jerman adalah nol rupiah. Sementara SPP dan uang pangkal swasta bisa bervariasi. Hubungi kampus swasta masing-masing untuk mendapatkan rincian detail biaya kuliahnya.

Selain membandingkan biaya kuliah. Membandingkan biaya hidup di Jerman dan di Indonesia juga penting. Biaya hidup di Indonesia selama lima tahun kuliah bisa mencapai 100 juta.

Sementara biaya hidup di Jerman selama lima tahun adalah sekitar 2200 euro (jika 1 euro adalah 15.000 rupiah) maka menjadi 35 juta rupiah saja.

Biaya hidup di Jerman sendiri banyak ditopang subsidi dari tingginya pajak yang dikenakan. Sementara biaya sewa apartemen di Jerman selama lima tahun adalah 2000 euro (jika 1 euro adalah 15.000) maka menjadi 30 juta rupiah dan bandingkan dengan sewa kos di Indonesia selama lima tahun mencapai 60 juta.

Biaya perbandingan ini juga tergantung pengeluaran dan karakter masing-masing. Ada yang sangat boros, atau yang sedang-sedang saja. Ada juga yang sangat hemat dalam pengeluaran. Satu hal lagi, perbandingan menggunakan waktu lima tahun karena memberikan batas kuliah sarjana di Jerman yang digabung antara studienkolleg dan kuliah. Sementara lima tahun di Indonesia adalah rata-rata kelulusan mahasiswa Indonesia.

Syarat Syarat Kuliah Di Jerman yan Perlu Anda Ketahui

Setelah membandingkan biaya hidup di Jerman dan di Indonesia. Perlu disampaikan juga syarat syarat perkuliahan di Jerman yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1.Paspor

Paspor ini menjadi yang utama. Anda tidak akan bisa pergi ke Jerman tanpa paspor. Paspor bisa dibuat di kantor imigrasi dengan memesan antrian online di mengunduh di appstore. Anda bisa membuat paspor biasa atau elektronik paspor.

2.Visa dan residence permit

Visa ini diajukan ke kedutaaan besar Jerman di Jakarta. Mengenai jenis visa dan lama prosesnya anda bisa melihat di website Kedutaan Besar Jerman.

3.Bukti keuangan atau jaminan keuangan

Bukti ini biasanya disebut letter of guarantee bagi penerima beasiswa dalam mengajukan visa ke Kedutaan Besar Jerman. Bagi yang menggunakan biaya mandiri. Anda harus menunjukkan print rekening atau surat keterangan dari bank bahwa anda memiliki uang 8000 euro d rekening untuk hidup 1 tahun di Jerman. Jika kamu anda berkuliah selama lima tahun maka tinggal dikalikan saja.

4.Kualifikasi penerimaan universitas

Anda harus mendapatkan hochschulzugangsberechtigung. Semacam ijazah dari SMA untuk memenuhi persyaratan masuk d kampus Jerman.

5.Kemampuan Berbahasa Jerman

Sertifikat bahasa ini dibutuhkan bagi mereka yang mengambil kelas dalam bahasa Jerman. Akan tetapi jika anda mengambil kelas internasional. Maka menggunakan sertifikat bahasa Inggris.

6.Asuransi kesehatan

Asuransi merupakan hal yang wajib. Hal yang perlu anda lakukan anda adalah bukti bayar atau kepemilikan asuransi sebelum mengajukan resident permit.

Baca Juga  3 Lokasi Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Ini Bisa Anda Kunjungi

Jurusan Jurusan Kuliah Di Jerman yang Perlu Diketahui

Setelah memahami syarat-syarat yang diperlukan bersekolah di Jerman. Anda perlu mengetahui pilihan jurusan-jurusan di kampus-kampus Jerman.

– Pertama

Kampus Jerman terbagi atas negeri dan swasta. Anda harus jeli membedakan. Karena biasanya kampus negeri dan swasta sama-sama bersaing dalam berbagai predikat.

– Kedua

Jurusan di kampus-kampus jerman terbagi atas: ilmu terapan (yang biasa disebut applied science), serta colleges of art (kampus seni) dan jurusan film dan musik.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai panduan lengkap kuliah di Jerman dan syarat kuliah di Jerman sampai jurusan kuliah di Jerman dan semoga saja dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan Kita semua yah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *