Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita
06/09/2018
manfaat degan ijo
10 Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Menambah Sperma
07/09/2018

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Operasi Gigi Bungsu

operasi gigi bungsu

Operasi Gigi Bungsu – Gigi bungsu juga disebut dengan gigi geraham ketiga, merupakan gigi yang terakhir kali tumbuh dan muncul. Gigi bungsu biasanya tumbuh pada seseorang berusia 17-25 tahun. Karena gigi bungsu terkadang muncul tiba-tiba, biasanya akan berdampak pada tampilan gigi menjadi kurang sempurna.

Kemunculan gigi bungsu dapat mengakibatkan tampilan gigi menjadi kurang sempurna karena gigi bungsu tersebut tidak memiliki ruang cukup untuk tumbuh. Dengan begitu, gigi bungsu akan tumbuh secara tidak normal, yaitu miring ke belakang, ke depan atau melintang.

Ketika kondisi kemunculan gigi bungsu mengakibatkan hal-hal seperti ngilu, infeksi bahkan merusak gigi di sekitarnya maka perlu dilakukan operasi gigi bungsu. Operasi ini merupakan operasi yang dilakukan untuk mencabut atau mengangkat gigi bungsu.

Pencabutan gigi bungsu tentu akan menimbulkan sakit di gusi di sekitar area pencabutan. Oleh sebab itu, sebelum dilakukan operasi maka akan diberikan obat bius terlebih dahulu oleh dokter gigi. Obat bius bertujuan untuk mengurangi rasa sakit saat proses pencabutan berlangsung.

operasi gigi bungsu

Kenali Kapan Waktu yang Tepat untuk Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu dilakukan ketika gigi bungsu tumbuh secara tidak sempurna yang menyebabkan infeksi, rasa sakit dan ngilu di sekitar gigi bungsu atau kerusakan pada gigi lainnya. Akan tetapi, operasi yang dilakukan pun tidak asal begitu saja. Melainkan menunggu waktu yang tepat.

Lalu, kapan waktu yang tepat dilakukan operasi pada gigi bungsu? Dalam hal ini, operasi atau pengangkatan gigi bungsu memang harus sangat diperhatikan. Perihal waktu dan juga prosedur operasi harus diketahui oleh pasien dan juga dokter yang menangani.

Gigi bungsu yang akan dilakukan operasi harus dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Artinya, pasien tidak mengalami bengkak pada bagian gusi di sekitar gigi bungsu ataupun rasa sakit lainnya pada saat dilakukan operasi gigi bungsu. Pasalnya, hal itu akan membuat bengkak atau rasa sakit menjadi bertambah.

Selain itu, juga untuk menghindari terjadinya infeksi dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, perlu diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan operasi apakah gigi bungsu dan keadaan gusi sedang dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Baca Juga  Yuk Pelajari 7 Pose Dasar Gerakan Yoga Untuk Pemula - Originals.id

Jika rupanya pasien memiliki kondisi gigi bungsu yang tidak dalam keadaan sehat maka operasi dari gigi bungsu harus ditunda sampai kondisi gigi bungsu pasien kembali membaik.

Biasanya jika terjadi hal seperti ini maka dokter akan memberikan antibiotik agar gigi bungsu cepat pulih.

Apabila keadaan gigi bungsu telah membaik dan siap untuk dilakukan pengangkatan maka proses operasi pun siap untuk dilaksanakan.

Dokter dan pasien dapat mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan untuk melakukan pengangkatan gigi bungsu.

operasi gigi bungsu

Hal yang Diperhatikan Saat Proses Operasi Gigi Bungsu

Ketika proses operasi gigi bungsu akan dimulai maka dokter akan memberikan obat bius terlebih dahulu. Setidaknya ada 3 jenis obat bius atau anestesi yang bisa diberikan oleh pasien yaitu anestesi lokal, anestesi sedasi dan anestesi general.

Dari ketiga anestesi tersebut, yang paling umum dan banyak diberikan oleh pasien adalah anestesi lokal. Anestesi lokal merupakan pemberian obat bius dengan cara suntikan pada gusi atau titik yang berada dekat gigi bungsu.

Anestesi sedasi dan general hanya akan diberikan ketika pasien mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya anestesi lokal.

Baca Juga  Ciri Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Pria

Pemberian anestesi lokal sering kali dilakukan karena cara ini memungkinkan pasien untuk rawat jalan setelah berlangsung operasi.

Meskipun pasien diberikan obat bius sebelum dilakukan operasi gigi bungsu, tetapi beberapa rasa nyeri mungkin akan masih tetap dirasakan. Dalam hal ini, pasien harus dalam keadaan rileks dan tidak tegang untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Hal yang Harus Dilakukan Pasca Operasi Bungsu

Setelah operasi gigi bungsu dilakukan, mungkin pasien akan merasakan nyeri yang lebih terasa dibandingkan saat proses pencabutan berlangsung. Hal ini dikarenakan oleh efek obat bius yang semakin lama semakin hilang.

Selain nyeri yang dirasakan oleh pasien, mungkin pembengkakan pada gusi yang dekat dengan area pencabutan serta pendarahan akan terjadi pasca operasi. Hal itu umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari.

Baca Juga  Efek Samping KB Spiral yang Perlu diKetahui oleh Para Wanita

Mengenai hal tersebut, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, untuk meredakan rasa nyeri pasca operasi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, berisitirahatlah pasca operasi minimal satu hari. Istirahat dapat memberikan kesempatan pada gusi untuk cepat pulih.

Kedua, minum obat pereda nyeri yang diberikan oleh dokter. Obat tersebut akan membantu meredamkan rasa nyeri pada gusi. Ketiga, selalu ganti kasa atau kapas setiap kali kasa tersebut sudah penuh dengan darah.

Selain itu, pola makan pasca operasi gigi bungsu juga perlu diperhatikan. Makanlah makanan yang tidak keras dan mudah dikunyah seperti bubur. Pasalnya, makanan keras akan menambah rasa nyeri pada gigi dan gusi saat mengunyah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *