cara mengobati suara serak
Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak Dengan Mudah
12/09/2018
Ciri Ciri Kanker Serviks Yang Wajib Anda Waspadai
12/09/2018

Mengetahui Kandungan Odol Pemutih Gigi dan Fungsinya Untuk Kita

odol pemutih gigi

Odol Pemutih Gigi – Pasta gigi sudah menjadi kebutuhan harian yang harus selalu ada di kamar mandi Anda. Banyak sekali jenis dan produk dari sikat gigi ini, namun yang paling terkenal saat ini tentu saja odol ini yang dapat menghilangkan kotoran atau warna pada gigi Anda.

Sebenarnya banyak sekali fungsi dari pasta gigi atau yang sering disebut odol ini. Selain memutihkan, Anda juga dapat membersihkan gigi dari segala bakteri mulut, mencegah adanya gigi yang berlubang, dan tentu saja membuat bau nafas semakin segar.

Odol dapat Anda gunakan secara rutin yaitu sekitar dua kali dalam sehari agar hasil yang Anda berikan menjadi semakin maksimal. Anda dapat memilih rasa yang ada di dalam pasta gigi ini, mulai dari mint atau rasa normal disesuaikan dengan tingkat kenyamanan gigi dan mulut Anda.

odol pemutih gigi

Inilah Kandungan Di Dalam Odol Pemutih Gigi dan Apa Fungsinya?

Setiap odol untuk pemutih gigi dari beragam produk pasti memiliki kandungan yang berbeda. Namun terdapat komposisi dasar yang selalu ada di dalam pasta gigi seperti berikut ini:

– Agen abrasif

Bahan ini memiliki tekstur yang kasar hampir mirip seperti kalsium karbonat. Bahan inilah yang memiliki fungsi penting untuk mengusir bakteri termasuk menghilangkan sisa makanan dari gigi Anda. Agen abrasif ini jugalah yang menghilangkan noda di dalam gigi Anda.

– Perasa

Setiap odol untuk pemutih gigi pasti memiliki perasa buatan, hal ini agar Anda tidak merasa mual saat menggunakannya bersama sikat gigi. Rasa ini tentu memiliki bahan-bahan dasar yang tercampur menjadi satu, dimulai dari rasa mint, lemon, bahkan buah-buahan yang biasa anak.

Baca Juga  Alasan dan Manfaat Cabut Gigi Geraham Untuk Pria dan Wanita

Anda perlu waspada karena beberapa orang memiliki gigi yang sensitif dengan rasa-rasa tertentu. Ada baiknya Anda menghindari odol pilihan Anda, jika sudah merasakan iritasi pada bagian gusi atau gigi.

– Pewarna

Pewarna inilah yang membuat odol memiliki warna yang putih atau bahkan biru dan hijau untuk odol herbal. Biasanya bahan yang digunakan adalah pewarna makanan yang aman, hingga gel berwarna yang aman untuk tubuh.

– Humektan

Zat ini mungkin terdengar cukup asing, namun sangat penting dalam penerapannya pada odol untuk mencegah hilangnya kadar air pada odol tersebut saat berada di dalam kemasan. Apabila tidak ada humektan, tentu saja odol akan menjadi lebih cepat keras.

Baca Juga  4 Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda dan Bahan Lainnya

– Zat pengikat

Zat yang merupakan koloid hidrofilik ini merupakan juga mengikat air saat digunakan ke dalam gigi. Zat ini akan sangat membantu Anda dalam memperkuat formulasi pada odol Anda. Koloid hidrofilik ini memiliki bahan utama yang aman dan dapat Anda gunakan untuk tubuh.

– Deterjen

Anda tentu jangan membayangkan deterjen seperti sabun untuk mencuci.Deterjen yang dimaksud dalam odol pemutih gigi adalah natrium lauril sulfat yang membuat busa muncul dari odol Anda. Deterjen inilah yang memiliki fungsi menghilangkan plak yang menempel di gigi.

Rata-rata semua odol pasti memiliki zat yang ada di atas. Hanya saja terdapat penyempurnaan yang disesuaikan oleh masing-masing produk agar lebih unggul dibandingkan dengan odol lainnya. Biasanya, odol yang terpercaya juga mengandung fluoride yang sangat kuat.

Apa itu fluoride yang belum disebutkan di atas? Fluoride ini memang berbeda dengan zat lain, karena memiliki fungsi pencegahan bukan membersihkan. Fluoride dapat mengurangi adanya resiko dari karies gigi. Karies gigi ini adalah suatu aktivitas gigi yang membusuk dan berubah warna.

odol pemutih gigi

Memilih Odol Pemutih Gigi Yang Aman Dan Terpercaya

Anda yang akan memilih odol pemutih gigi tentunya harus berhati-hati sekarang ini, karena banyak produk yang tidak bertanggung jawab kepada hasil gigi Anda. Pilihlah odol yang sudah memiliki izin secara resmi, bahkan telah memiliki promosi atau iklan yang luas.

Baca Juga  Harga Pasang Behel Gigi Terbaru dan Jenis-Jenis Behel Gigi

Anda juga harus membedakan odol pemutih untuk orang dewasa dan anak-anak. Odol untuk anak biasanya memiliki kadar yang lebih sedikit agar tidak membahayakan gigi buah hati Anda. Anda dapat melihatnya dari kemasan apakah odol dapat digunakan untuk anak-anak atau tidak.

Sudah banyak sekali jenis odol yang merupakan produksi dalam ataupun luar negeri. Pilihlah odol pemutih gigi yang paling nyaman dan memiliki review yang bagus untuk kesehatan gigi Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *