cara memakai minyak zaitun untuk wajah
Kandungan dan 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Untuk Wajah
13/04/2019
tes toefl online
3 Strategi Belajar Tes Toefl Online Tanpa Membuang Waktu
15/04/2019

Ini 6 Manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil yang Luar Biasa

manfaat vco

Manfaat VCO – Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Virgin Coconut Oil (VCO). VCO atau yang biasa dikenal dengan minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang melewati proses ekstraksi yang berbeda dengan minyak kelapa pada biasa. Perbedaan VCO dengan minyak kelapa biasa terletak pada proses pembuatannya.

Walaupun cara pembuatan VCO tidak berbeda jauh dengan cara pembuatan minyak kelapa biasanya, perbedaannya terletak pada metode ekstraksi VCO yang diproses dengan teknik pemanasan terkendali atau tanpa menggunakan panas, serta tanpa bahan kimia dan RDB.

Baca Juga  Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Proses pembuatan VCO tersebut membuat VCO dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan senyawa – senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. VCO memiliki kandungan utama berupa asam laurat .Kandungan asam laurat ini akan diubah menjadi monolaurin yang mengandung antibiotik alami.

Asam laurat dan asam lemak jenuh berantai pendek seperti asam kaprat, miristat, dan kaprilat yang terdapat pada VCO berperan baik dalam proses pembakaran nutrisi menjadi energi serta memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Ini 6 Manfaat VCO atau Virgin Coconut Oil yang Luar Biasa

manfaat minyak kelapa

Di dalam VCO juga terdapat MCFA (Medium Chain Fatty Acid) yang berfungsi merangsang produksi insulin sehingga proses metabolisme glukosa berjalan normal. Ada banyak manfaat VCO yang bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi VCO. Simak berbagai manfaat VCO berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan Anda? Manfaat VCO ternyata bisa membantu program diet karena VCO dipercaya memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan proses pembentukan energi dengan membakar lebih banyak kalori serta dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Baca Juga  Mengenal 11 Khasiat Daun Bidara dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengganti konsumsi lemak dalam makanan dengan dua sendok makan VCO setiap harinya. Namun, tentunya Anda tidak bisa hanya mengandalkan manfaat VCO saja. Agar program diet yang sedang Anda jalani lebih efektif, maka Anda juga harus menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara teratur.

2. Membunuh Virus dan Bakteri

Kandungan utama dalam VCO adalah asam laurat dan monolarin yang mampu membunuh virus, bakteri, serta jamur penyebab infeksi.

Senyawa – senyawa tersebut dapat membunuh bakteri Staphylococcus Aureus dan ragi Candida Albicans yang menjadi penyebab berbagai infeksi jamur. Asam laurat ini juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Menurunan Kolesterol Jahat

Tingginya kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dan trigliserida dalam darah seringkali memicu timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Manfaat VCO dapat merubah LDL menjadi tidak terlalu berbahaya dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High-Density Lipoprotein). Manfaat VCO tersebut dapat memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Baca Juga  Wajib Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Dalam Menu Diet

Selain itu kandungan antioksidan polifenolnya dapat mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat plak lemak pada dinding pembuluh darah semakin menumpuk. Hal ini tentunya juga menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

VCO mengandung rantai asam lemak yang berguna untuk memperbaiki sensitivitas insulin. Manfaat VCO ini dapat proses metabolisme glukosa dalam tubuh sehingga VCO ini baik untuk penderita diabetes tipe-2.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kandungan asam lemak rantai sedang (MCT) lebih mudah diserap oleh hati dan mempercepat proses metabolisme. Asam lemak tersebut dapat diolah menjadi keton yang bermanfaat sebagai sumber energi utama otak.

Menerapkan pola diet rendah karbohodrat atau diet keto dapat menyediakan sekitar 70 % kebutuhan energi otak yang dapat menjadikan efek terapi pada penderita penyakit Alzheimer.

Baca Juga  9 Cara Mengecilkan Perut dan Paha Dirumah Dengan Aman

6. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bakteri di mulut seringkali menjadi penyebab berbagai gangguan mulut seperti bau mulut hingga sakit gigi. Jika VCO digunakan sebagai obat kumur, manfaat VCO ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi serta menghilangkan bau mulut.

4 Manfaat VCO untuk Kecantikan

manfaat vco

1. Menjaga Kelembaban Kulit dan Mengatasi Kulit Kering

Biasanya kulit kering akan dengan mudah terkena iritasi. VCO dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga berguna untuk mengatasi masalah kulit kering serta mencegah iritasi.

VCO juga dapat digunakan pada penyakit eksim dan psoriasis karena efek antibakteri yang dimiliki VCO diyakini berfungsi untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit tersebut.

2. Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

VCO memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Itu sebabnya VCO bisa digunakan sebagai obat jerawat.

Baca Juga  Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

3. Membantu Regenerasi Kulit

Tingginya kandungan vitamin E pada VCO mampu membantu proses regenerasi kulit. Regenerasi kulit yang lancar dapat mempercepat pemulihan kulit dari kerusakan. Bahkan VCO dipercaya ampuh mencegah terjadinya penuaan dini.

4. Mengatasi Berbagai Masalah Rambut dan Membuat Rambut Berkilau

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, VCO berguna untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. VCO juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut dengan menguatkan akar rambut, mencegah ketombe, dan membuat rambut tampak berkilau.

Dalam hasil riset Journal of Cosmetic Science disebutkan bahwa VCO dapat menggantikan protein yang hilang dalam rambut dimana protein yang hilang tersebut biasanya membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok.

Baca Juga  Awas, 7 Penyebab Kesemutan Ini Tidak Bisa Disepelekan

Sementara kandungan omega 3 pada VCO dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Anda bisa menjadikan VCO sebagai masker rambut untuk menjaga kesehatan rambut dan menghindarkannya dari berbagai kerusakan.

Nah, itu tadi berbagai manfaat VCO untuk kesehatan maupun kecantikan yang bisa Anda peroleh. Jika Anda ingin memanfaatkan VCO ini untuk memelihara kesehatan, tentunya Anda tetap memperhatikan takarannya, jangan sampai melebihi takaran yang dianjurkan.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *