manfaat masker oatmeal
Ternyata Ini Manfaat Masker Oatmeal Bagi Wajah Wanita
22/10/2018
manfaat aloe vera gel wardah
Manfaat Aloe Vera Gel Wardah yang Baik Bagi Kulit Kering
22/10/2018

Manfaat Ubi Ungu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

manfaat ubi ungu

Manfaat Ubi Ungu – Ubi ungu adalah salah saju jenis dari ubi jalar atau Ipomoea batatas L. Ubi jenis ini sering dijadikan pilihan untuk dikonsumsi karena rasanya manis dan memiliki warnanya cantik.

Ubi jalar sendiri masih diperdebatkan asalnya antara Amerika Selatan dan Papua. Itu berkaitan juga dengan perdebatan mengenai siapa yang menjelajahi Asia. Namun, yang pasti ubi dari tanaman bernama sama ini telah menjadi makanan di berbagai negara.

Baca Juga  Manfaat Ampas Kopi Mulai Dari Kecantikan hingga Pengusir Serangga

Di Afrika, ubi jalar menjadi salah satu makanan yang penting. Sementara di Asia, bukan hanya umbinya, tetapi hampir seluruh bagian tanaman ubi jalar dimanfaatkan sebagai makanan.

Selain dikonsumsi dengan cara direbus sederhana, ubi ungu kiri juga sudah diolah menjadi berbagai bentuk makanan seperti keripik, kue, atau pun isian jajanan.

Manfaat Ubi Ungu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

manfaat ubi ungu

Namun, tahukah Anda bahwa selain rasanya yang nikmat, mengonsumsi ubi ungu ternyata memiliki banyak manfaat dan berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi ubi ungu.

1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Menurut para peneliti, manfaat ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah. Hal tersebut akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke pada pasien dengan hipertensi. Sayuran, buah-buahan atau umbi ungu kaya akan karotenoid, asam fenolik dan anthocyanin, yang merupakan agen yang memberi warna ungu dan memiliki sifat antioksidan. Peran antioksidan adalah untuk mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

Ubi jalar ungu juga memiliki kadar potasium dan asam klorogenik yang tinggi. Zat ini dianggap mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan tahukah Anda jika ubi ungu makan lebih baik dengan kulitnya? Metode ini dianggap yang terbaik untuk memperoleh efektivitas maksimal dari antioksidan ubi jalar ungu.

2. Jaga Berat Badan

Ubi ungu tidak masalah dikonsumsi oleh orang gemuk. Dalam penelitian kecil pasien obesitas, disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi jalar ungu setiap hari selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan meningkatkan berat badan. Pada saat yang sama, tekanan darahnya justru berkurang.

Dalam ukuran rata-rata, ubi jalar ungu mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Pada pandangan pertama, ini mungkin tidak tampak terlalu berguna untuk menurunkan berat badan. Namun, karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberi Anda konsumsi energi tambahan, yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Baca Juga  Makanan Pantangan Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi dan Tidak Boleh

Selain itu, kandungan karbohidrat yang sehat ini juga membantu otak Anda membuat glukosa, yang dapat mempertahankan konsentrasi. Tentu saja, manfaat ubi ungu ini penting bagi Anda untuk tetap fokus pada diet.

Umbi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya adalah salah satu makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Bahkan dibandingkan kentang, ubi jalar ungu memiliki kandungan serat lebih tinggi.

Dalam ukuran sedang ubi jalar ungu mengandung 4 gram serat. Jumlah ini sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sedangkan dalam kentang berukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat.

Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar ungu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan menjaga nafsu makan. Ubi jalar ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical and Environmental Science, diet kaya pati tahan membantu mengurangi risiko obesitas.

manfaat ubi ungu

3. Anti Kanker

Ubi warna, seperti ubi jalar ungu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antioksidan yang sering dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker. Asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti karotenoid, dapat menetralisir radikal bebas, sehingga mengurangi risiko kanker perut, ginjal, usus besar dan payudara. Namun perlu diingat bahwa sifat antikanker hanya berlaku jika ubi ungu dalam kondisi segar. Jika telah disimpan selama beberapa bulan, sifat antikanker ubi jalar ungu akan berkurang.

4. Anti-Inflamasi dan Membantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat ubi ungu diklaim dapat mengurangi risiko peradangan dan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Selain itu, warna ungu ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Baca Juga  Ternyata Ini Manfaat Masker Oatmeal Bagi Wajah Wanita

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi jalar ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan karena resistensi insulin. Ini membuat ubi jalar ungu memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi diabetes.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai ubi ungu dan manfaat ubi ungu. Ada mitos yang menyebutkan bahwa terlalu banyak memakan ubi jalar ungu ini akan menyebabkan kentut menjadi bau. Hal itu sebenarnya tidak salah apabila konsumsi air mineral Anda rendah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *