manfaat virgin coconut oil
6 Manfaat Virgin Coconut Oil yang Begitu Menggejutkan Untuk Anda
05/12/2018
manfaat semut jepang
Luar Biasa, Inilah Segudang Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan
06/12/2018

Selain Bernutrisi, Inilah 22 Manfaat Toge Untuk Kesehatan

manfaat toge

Manfaat Toge – Toge atau tauge ternyata bermanfaat banyak untuk kehidupan manusia. Toge sendiri mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin A, K, B6, B1, C dan B. selain vitamin, ternyata toge juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfot, zat besi, magnesium.

Seluruh mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama mangan dan omega 3 yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan otak. Toge juga dikenal sebagai sayuran dengan kandungan oksigen yang banyak, kemampuan mengelola alirna darah dan membunuh bakteri.

Selain Bernutrisi, Inilah 22 Manfaat Toge Untuk Kesehatan

manfaat toge

Serta kandungan vitamin dan mineral dalam satu mangkuk toge sekitar Energi : 23 kkal, Protein : 2.9 gram, Lemak : 0.2 gram, Karbohidrat : 4.1 gram, Kalsium : 29 mg, Fosfor : 69 mg, Zat Besi : 1 mg, Vitamin A : 10 IU, Vitamin B1 : 0.07 mg, Vitamin C : 15 mg, Air : 92.4 gram dan berikut ini adalah manfaat toge untuk kesehatan, diantaranya:

1.Toge bermanfaat pada proses diet

Hal ini karena toge mmebantu membuag racun dan lemak dalam proses bersamaan. Sehingga bagi anda yang sedang diet. Jangan lupa untuk diiringi dengan mengonsumsi toge juga.

2.Toge bermanfaat sebagai asupan gizi bagi mereka yang sedang diet

Karena toge selain memiliki serat yang cukup tinggi. Juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh.

3.Toge bermanfaat dalam asupan vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin dapat membuat tubuh kurang sehat. Makan toge secara teratur dapat memberikan vitamin bagi tubuh. Toge setidaknya mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk rambut, dan vitamin B yang bisa menutrisi kulit anda.

Baca Juga  Cara Membuat Oralit Yang Benar dan Bisa Dilakukan Dirumah

4.Toge bermanfaat dalam menutrisi alkali bagi tubuh

Tubuh yang kekurangan zat alkali dapat dinutrisi dengan memakan toge secara teratur.

5. Membantu kinerja organ di dalam tubuh

Toge mempunyai enzim banyak sekali yang bisa membantu kinerja organ-organ di dalam tubuh.

6.Toge bermanfaat dalam mencegah kerontokan rambut

Karena toge mengandung zat besi yang mampu memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok.

7.Toge bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit

Vitamin B yang ada di dalam toge dapat membantu kulit anda tetap sehat, lembab dan ternutrisi dengan baik.

8. Melawan penuaan kulit

Toge bermanfaat melawan penunaan kulit, dan menjaganya tetap awet muda. Hal ini karena kandungan vitamin C di dalam toge berfungsi dalam memberikan stimulus produksi kolagen. Kolagen berperan dalam membuat terlihat muda, tidak keriput dan elastis.

Baca Juga  6 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menggunakannya

9.Toge bermanfaat dalam pencegahan kanker

Karena toge mengandung banyak air yang bisa membersihkan saluran usus, serta kandungan antioksidan dalam toge bermanfaat dalam menghambat perkembangan sel kanker.

10.Toge bermanfaat dalam menahan serangan stroke dan jantung

Penyakit yang dimulai dari pembuluh darah ini dapat ditangkal dengan mengonsumsi toge secara teratur. Toge mempunyai saponin dan dipercaya dalam mengusir kolesterol jahat.

11.Toge bermanfaat dalam melawan oesteoporosis

Kandungan estrogen alami yang ada di toge bermanfaat dalam memperkuat kepadatan tulang, menjaga struktur serta mencegah keropos menggerogoti tulang anda.

Baca Juga  Banyak yang Tidak Tahu, Inilah 9 Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

manfaat toge

12.Toge bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun di dalam tubuh

Senyawa saponin dalam toge bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas sel darah putih terutama limfosit T sel dan interferon. Serta kandungan antioksidan dalam toge juga mencegah masuknya radikal bebas di dalma tubuh.

13.Toge bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh

Serat alami di dalam toge akan membuat usu dapat dengan mudah mencerna makanan dan membersihkan dirinya. Selain itu, sifat basa toge juga bermanfaat dalam mengontrol keasaman di dalma lambung.

14.Toge bermanfaat dalam meningkatkan fertilitas

Bagi laki-laki yang mengonsumsi toge, kandungan di dalam toge dapat meningkatkan kualitas sperma. Sehingga membuat sperma anda mampu menjangkau sel telur. Serta dapat meningkatkan potensi pembuahan. Serta kandungan vitamin E di dalam toge dapat menutrisi sel sperma dan sel telur agar terhindar dari paparan radikal bebas yang berbahaya bagi kesuburan anda.

15.Toge bermanfaat dalam program diet dan mencegah penyakit diabetes

Selain karena rendahnya kandungan lemak di dalam toge, adanya kandungan air yang memudahkan saluran pencernaan bekerja dengan baik, kandungan-kandungan ini jga mencegah tubuh terhindar dari diabetes tipe dua yang seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk.

16.Bermanfaat dalam mencegah gangguan selama periode menstruasi dan menopause

Bagi kaum hawa, masa-masa menstruasi dan menopause biasanya disertai banyak gangguan. Kandungan vitamin E di dalam toge dapat membantu kaum hawa yang sedang menstruasi agar sirkulasi darahnya lancar. Serta mencegah tubuh terjangkiti penyakit. Karena biasanya ketika menstruasi, tubuh melemah di dalma sistem imunnya.

Baca Juga  Selain Sumber Energi, Ini 7 Manfaat Pisang Ambon Untuk Tubuh

17.Toge juga bermanfaat dalam proses perawatan kulit

Kandungan vitami E di dalam toge sangat bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit, menutrisi serta mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal-radikal bebas yang bisa jadi terpapar di kulit anda karena banyaknya polusi dan kemacetan setiap hari.

18.Toge bermanfaat dalam menangkal jerawat

Dan bisa juga mengatasi gatal-gatal dan eritema (gangguan di kulit), eksim dan bisul. Toge juga bisa mengembalikan kecantikan kulit yang terkena penyakit psoriasis dan penyakit gudik.

19. Manfaat toge membantu tubuh melawan penunaan dini pada kulit

Kandungan vitamin E dalam toge selain melindungi kulit dari terpaan radikal bebas, juga memelihara kulit agar selalu tampak muda, menutrisi kolagen kulit sehingga tetap bewarna kuning cerah.

20. Manfaat toge dalam mencegah kulit terkena dehidrasi

Kulit yang terkena dehidrasi akan mengering, bersisik dan bewarna menghitam. Maka dengan mengonsumsi toge secara teratur. Toge mempunyai manfaat dalam memberikan nutrisi, cairan dan tentu saja memberikan vitamin B kepada kulit.

21. Manfaat toge dalam menumbuhkan rambut

Vitamin C yang terkandung dalam toge bermanfaat dalam membuat pertumbuhan rambut, terutama dalam mengokohkan akar rambut agar rambut tidak mudah patah dan rontok. Selain itu, toge mencegah rambut berubah menjadi uban. Uban sendiri karena oksidasi jaringan yang menyebabkan korosi pada jaringan rambut.

Baca Juga  Luar Biasa Inilah 19 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan Tubuh

22. Mengatasi ketombe

Bagi anda yang masih sering gonta-ganti produk sampo anti ketombe. Karena rambut anda masih sering ada ketombenya. Cobalah untuk menggunakan toge sebagai konsumsi harian. Karena toge mempunyai kandungan selenium yang berguna dalam membunuh jamur di rambut, mengusir kotoran-kotoran di rambut dan menjaga pertumbuhan rambut.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *