cara mengatasi biang keringat pada bayi
5 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dan Cara Mencegahnya
04/10/2018
cara membuat oralit
Cara Membuat Oralit Yang Benar dan Bisa Dilakukan Dirumah
04/10/2018

Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

manfaat timun untuk wajah

Manfaat Timun Untuk Wajah – Dari banyak buah dan sayuran yang mudah kita temui di toko seperti supermarket, sebagian besar di antarnya dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Tidak heran bila banyak brand produk perawatan kulit menggunakan beragam buah dan sayuran dan salah satunya ialah timun

Baca Juga  Apa Itu Pap Smear? Pap Smear Adalah Penting Bagi Wanita, Ini Syaratnya

Menjadi bahan yang mudah ditemukan di supermarket dan tempat menjual sayuran, timun memiliki banyak manfaat bagi kulit kita. Manfaat timun untuk wajah khususnya, siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah bersih dan mulus, terbebas dari masalahan kesehatan kulit, serta awet muda? Nah, berikut beberapa manfaat dari timun untuk kesehatan kulit wajah.

manfaat timun untuk wajah
7 Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar dan Cantik

1. Membuat Wajah Lebih Cerah

Kalau Anda memiliki kondisi kulit yang sedang kusam, baik karena habis berlama-lama kegiatan di luar ruangan, atau memang kondisi kulit sedang dalam keadaan tidak baik. Timun dapat menjadi satu sayuran yang cocok dipilih.

Cara memanfaatkan timun sebagai manfaat timun untuk wajah dalam membuat kulit wajah kembali cerah ialah dengan menghancurkan satu buah timun dan setengah buah kentang yang telah dikupas hingga halus. Kemudian gunakan pada wajah yang telah dibersihkan, tunggu kurang lebih 10 menit, dan bilas.

Timun mengandung sejumlah vitamin di antaranya Vitamin A dan Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Sementara kentang memiliki sifat calming dan anti aging.

2. Menghidrasi Kulit

Manfaat timun untuk wajah kedua ialah menghidrasi kulit. Timun dikenal mengandung banyak mineral dan air sehingga dapat menghidrasi kulit ketika digunakan. Sehingga timun dapat dipilih sebagai bahan alami bagi Anda yang sedang menghadapi masalah kulit dehidrasi.

Baca Juga  Kenali dan Ketahui berbagai Kegunaan Concealer Untuk Kulitmu

Tanda kulit dehidrasi ialah kondisi kulit terasa agak kering namun disertai muncul minyak berlebih. Kulit dehidrasi juga biasanya mudah ditumbuhi jerawat.

2. Mengobati Jerawat

Jerawat seperti permasalahan yang sangat umum dan sulit diobati bagi sebagian orang. Salah satu penyebab kulit dapat berjerawat adalah karena kondisi kulit yang sedang dehidrasi akibat cuaca dan makanan yang dikonsumsi.

Selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup, Anda juga dapat memakai masker timun sebagai solusinya. Caranya, hancurkan timun, lalu beri perasan buah lemon, dan satu sendok teh madu murni. Oleskan sebagai masker. Bila kulit Anda sensitif terhadap lemon, atur kadar lemon yang digunakan.

3. Menyeimbangkan Kelembapan Kulit

Kulit yang sehat ialah kulit dnegan tingkat kelembapan yang sempurna. Manfaat timun untuk wajah berikutnya ialah menyeimbangkan tingkat kelebanpan kulit. Atau dapat juga dikatakan dapat menjadi toner hydrating untuk kulit.

Jika Anda sering menggunakan toner dengan sifat exfoliating yang mana membantu mengangkat sel kulit mati, menambahkan penggunaan toner hydrating sangat wajib hukumnya.

Toner timun dapat menjadi satu pilihan. Caranya, campurkan air sari jus mentimun dengan rose water. Masukan ke dalam satu botol spray, simpan dalam kulkas. Semprot pada wajah setelah menggunakan exfolliator toner atau setelah mencuci wajah.

manfaat timun untuk wajah

4. Atasi Sunburn Kulit

Habis terlalu lama beraktivitas di luar ruangan atau terkena cahaya matahari langsung yang membuat kulit memerah dan terasa seperti terbakar? Khususnya pada kulit wajah? Manfaat timun untuk wajah keempat ialah untuk mengatasi sunburn kulit.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Yang Mesti Anda Ketahui

Kulit yang terkenal cahaya matahari langsung terlalu lama biasanya terasa panas, memerah, hingga gatal-gatal. Anda hanya perlu mengiris timun, simpan sebentar di kulkas atau dapat digunakan langsung bila timun memang sudah ditaruh di kulkas sebelumnya, tempelkan pada bagian kulit yang terbakar. Seperti pada wajah yang sudah dibersihkan.

5. Mengurangi Tampilan Selulit

Memiliki permasalahan seputar selulit? Timbulnya selulit di kulit dapat disebabkan beberapa alasan, di antaranya hormon dan kondisi tubuh. Satu cara yang dapat dicoba ialah dengan memanfaatkan timun sebagai produk perawatan selulit.

Timun mengandung phytochemicals yang dapat membantu produksi kolagen di kulit kita. Konsumsi timun secara rutin dengan jumlah yang cukup maka akan membuat produksi kolagen dalam kulit lebih lancar.

Ingat, produksi kolagen akan melambat seiring bertambahnya usia. Manfaat timun untuk wajah dengan memelancar produksi kolagen juga mampu memerlambat munculnya kerutan pada kulit.

6. Mengurangi Mata Panda

Manfaat berikutnya dari timun ialah dapat membantu mengurangi area hitam pada bawah mata kita. Semakin bertambah usia, jam tidur biasanya semakin tidak maksimal. Maka mata menjadi lebih cepat lelah, ditambah penggunaan gadget setiap waktu juga memperparah kondisi area mata.

Baca Juga  7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil

Anda dapat mengiris timun dingin lalu taruh di area mata. Selain mengurangi mata panda, manfaat timun untuk wajah yang ditaruh di area mata juga dapat mengurangi pembengkakan pada mata seperti mata sembap.

7. Menyegarkan Kulit

Timun memiliki sifat shooting dan cooling sehingga dapat digunakan untuk menyegarkan kulit kapan pun. Ketika saat cuaca panas. Caranya dengan mengambil sari timun yaitu menghancurkan timun lalu menyaringnya (memisahkan air dengan ampas timun).

Campurkan sari timun dengan air oxygen dengan perbandingan sari timun:air oxygen sekitar 2:1. Anda dapat memasukan dapat botol spray lalu semprotkan pada wajah dan tubuh, atau dengan memasukan pada botol biasa.

Tumpahkan pada kapas lalu usapkan pada area wajah dan tubuh. Jangan lupa campuran sari timun dengan air oxygen dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih segar.

Baca Juga  Manfaat Masker Timun Bagi Kecantikan Wanita, Ini Cara Membuatnya

Itu dia manfaat timun untuk wajah sebagai cara dalam membuat kulit lebih bersih dan segar. Tidak hanya digunakan sebagai pemakaian luar saja, timun juga dapat dikonsumsi rutin setiap hari. Dapat dikonsumsi langsung atau diolah sebagai minuman, serta dimasukan dalam sajian masakan sehari-hari.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *