manfaat beras kencur
20 Manfaat Beras Kencur yang Baik Bagi Tubuh, Apa Sajakah Itu?
20/10/2018
manfaat setrika wajah
Jangan Kaget, Ini 7 Manfaat Setrika Wajah Untuk Kecantikan
20/10/2018

Dibuang Sayang, Ini Manfaat Teh Basi yang Tidak Boleh Dilewatkan

manfaat teh basi

Manfaat Teh Basi – Bagi Anda penggemar teh jangan buru-buru buang teh Anda, walaupun sudah tidak dapat diseduh kembali namun Anda masih bisa menggunakannya. Ada banyak khasiat yang ada di balik teh basi, Anda memang tidak bisa meminum dan merasakan wangi atau hangatnya teh namun Anda bisa mendapat manfaat untuk kecantikan wajah, rambut atau kulit bagian tubuh lainnya.

Jika Anda tidak percaya maka Anda bisa membuktikannya dengan menggunakan teh basi secara rutin. Tentu saja penggunaan yang tepat menjadi kunci sukses Anda mendapatkan perawatan murah dari teh basi ini. Tidak perlu ke salon untuk facial atau untuk memberikan vitamin pada rambut bahkan Anda tidak perlu membeli produk perawatan wajah yang harganya selangit.

Baca Juga  Macam-Macam Buah Penurun Tensi Lezat dan Murah

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif perawatan wajah alami dengan teh basi tidak akan berbahaya daripada Anda harus membeli produk perawatan yang mengandung banyak bahan kimia. Selain itu penggunaannya pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan teh basi sebagai masker wajah, masker rambut bahkan scrub pada kulit tubuh.

Dibuang Sayang, Ini Manfaat Teh Basi yang Tidak Boleh Dilewatkan

manfaat teh basi

Kunci keberhasilan adalah rutin penggunaannya, paling tidak Anda bisa menggunakannya seminggu dua hingga tiga kali. Nah ingin tahu apa saja sih manfaat teh basi yang hendak Anda buang ini? Berikut penjabarannya:

1. Kulit kencang bersinar

Anda yang mengalami kulit kendur pasti akan mencari berbagai macam cara untuk mengencangkannya kembali. Terutama bagi Anda wanita yang berumur lebih dari tiga puluh tahun. Ada banyak masker kimia diluaran sana namun sebaiknya Anda memilih masker teh basi yang aman dan bebas bahan kimia ini.

Anda bisa membuka kantung teh dan mengumpulkan daun teh, letakan pada wajah Anda sekitar 10 hingga 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini setiap minggu di pagi hari, maka kulit Anda perlahan akan kencang dan bersinar.

2. Menghilangkan kantung mata

Ini nih masalah yang sering didapatkan ketika Anda sering bekerja lembur. Namun Anda harus tampil prima setiap harinya. Pada daun teh yang telah basi Anda akan mendapatkan khasiat bahan anti oksidan yang lebih banyak. Kandungan inilah yang akan perlahan menghilangkan kantung mata pada wajah Anda.

Jika Anda ingin menggunakannya ambil isi kantung teh dan letakan daun teh basi pada area yang memiliki kantung mata. Letakan selama 10 hingga 15 menit, Anda juga bisa meletakan daun teh di dalam freezer sebentar agar dingin. Ketika diletakan pada kantung mata akan ada sensasi dingin yang mepercepat reaksi. Bersihkan wajah Anda dengan air biasa. Lakukan langkah ini setiap pagi ketika kantung mata muncul.

3. Menghilangkan komedo

Masih pada area wajah, komedo yang sering muncul pada area hidung ini sering mengganggu dan menurunkan tampilan wajah. Jika Anda menggunakan kosmetik, permukaan wajah akan tampak tidak halus khususnya pada area hidung. Untuk membersihkan komedo Anda hanya perlu mengambil ampas teh basi dan gosokan secara lembut pada area tersebut.

Baca Juga  6 Cara Membasmi Kutu Rambut Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Komedo akan rontok ketika Anda menggosokannya. Teh basi akan lebih aman digunakan karena pada area wajah tersebut sangat sensitif. Dibandingkan Anda menggunakan sabun cuci muka yang mengandung scrub cenderung tidak efektif.

4. Rambut Rontok dan Kering

Anda mengalami masalah rambut rontok dan kering? Tenang saja manfaat teh basi adalah untuk mengatasi hal ini. Rambut yang kering akan mudah patah sehingga menimbulkan rambut rontok. Rambur rontok juga bisa terjadi karena Anda memiliki akar rambut yang lemah mungkin karena rambut yang terlalu panjang.

Untuk mengatasi masalah ini Anda cukup menggunakan ampas teh basi sebagai masker rambut. Sama seperti ketika Anda menggunakan produk masker rambut yang ada di pasaran, pijatkan ampas teh ke kepala. Pijatan lembut akan membantu zat dalam teh meresap ke dalam rambut hingga akarnya membuat menjadi semakin kuat.

Anda perlu mengaplikasikannya pada rambut yang telah dibasahi terlebih dahulu sehingga penyerapan akan lebih mudah. Pijat sejitar 20 menit hingga benar-benar rata kemudian bilas rambut Anda menggunakan shampoo hingga benar-benar bersih. Jika masih ada ampas teh yang tertinggal maka akan menimbulkajn ketombe.

manfaat teh basi

5. Menghitamkan rambut

Anda memiliki rambut merah atau beruban, Uban tidak hanya datang pada manusia yang sudah lanjut namun bisa juga pada Anda yang masih muda. Masalah uban ini bisa dikarenakan keturunan atau Anda tidak cocok dengan shampoo yang digunakan saat ini.

Teh basi dapat menghitamkan rambut Anda secara alami. Tidak perlu lagi semir rambut yang justru akan membuat rambut Anda kemerahan di kemudian hari.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Agar Rambutmu Jadi Lurus

Cara penggunaannya adalah seduh teh basi di dalam air panas, diamkan hingga sarinya benar-benar habis. Setelah air hangat, gunakan pada rambut Anda. Diamkan selama beberapa menit seperti Anda menggunakan masker rambut. Jangan dipijat karena Anda hanya akan menggunakannya sebagai pewarna rambut.

Bilas rambut Anda hingga bersih, Anda bisa mengulangi langkah ini hingga rambut benar-benar berubah menjadi kehitaman.

6. Mengatasi jamur kuku

Bagi anak-anak masalah jamur kuku sering muncul akibat penggunaan sepatu yang lembab atau karena sering bermain tanpa menggunakan sandal.

Atasi jamur kuku anak Anda dengan teh basi. Caranya sangat mudah Anda hanya perlu merendam teh basi pada air biasa selama beberapa jam. Kemudian rendam kaki ke dalam air selama kurang lebih 15 menit. Lakukan ini setiap hari hingga jamur kuku benar-benar hilang.

Menggunakan bahan ini tentu aman karena penggunaan salep pada jamur kuku belum tentu cocok untuk anak Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *