cara belajar bahasa perancis
Cara Belajar Bahasa Perancis Tidak Sulit, Hindari 6 Hal Ini
21/12/2018
manfaat daun binahong
15 Manfaat Daun Binahong Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
22/12/2018

Jangan Malas Olahraga, Ini 10 Manfaat Sit Up yang Mengagumkan

manfaat sit up

Manfaat Sit Up – Sit up bukanlah olahraga yang memerlukan skill khusus, tapi melakukan sit up dengan rutin sangat bermanfaat bagi tubuh. Sit up bis dilakukan kapan saja, pagi, siang, sore, ataupun malam hari sebelum tidur. Sit up juga bisa dilakukan dimana saja, di rumah maupun di tempat kerja.

Selain itu, melakukan sit up tidak harus mendaftar menjadi anggota pusat kebugaran maupun membeli peralatan fitness yang mahal. Jelas anda bisa berhemat, yang dibutuhkan hanyalah waktu dan kemauan. Olahraga ini juga bisa kita lakukan sendirian tanpa partner, namun mampu melatih otot perut hingga meningkat kekuatannya.

Baca Juga  Tak Perlu ke Gym, Ini 4 Cara Memperbesar Otot Lengan Dirumah

Sit up sangat baik untuk dilakukan, baik pria maupun wanita. Melakukannya secara rutin akan membuat otot bahu serta triseps menjadi lebih kuat dan keras. Tidak hanya itu, gerakan mengangkat punggung dari lantai sangat bermanfaat bagi pria dan wanita yang memiliki perut buncit. Gerakan sit up dapat memecah lemak visceral yang menumpuk di pinggang, yang pada akhirnya akan membantu pelepasan lemak di perut.

Bagaimanakah Cara Melakukan Sit Up?

cara melakukan sit up

Sit up sangat mudah dilakukan, tapi cukup menguras fisik. Ada banyak variasi gerakan sit up, tapi setidaknya anda memahami sit up dasar berikut ini

•Lakukan peregangan dan pemanasan

•Untuk kenyamanan, akan lebih baik jika anda menyiapkan alas

•Berbaring atau terlentang di atas alas, letakkan kedua tangan di belakang kepala

Baca Juga  11 Manfaat Lompat Tali Dan Tips Aman Melakukan Lompat Tali

•Tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai

•Angkat badan hingga mendekati lutut

•Turunkan tubuh sampai tangan menyentuh lantai.

•Itu tadi gerakan sit up satu kali. Ulangi lagi gerakan di atas hingga beberapa kali gerakan

Jangan Malas Olahraga, Ini 10 Manfaat Sit Up yang Mengagumkan

manfaat sit up untuk kesehatan
Manfaat sit up sangat banyak, padahal anda tidak membutuhkan apapun kecuali diri anda sendiri makannya jangan malas untuk berolahraga yah. Nah, berikut ini beberapa manfaat sit up bagi kesehatan tubuh

1.Menjaga kesehatan tubuh

Semua orang tentu tidak ingin sakit, meskipun sakit ringan. Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan dengan pola makan sehat serta melakukan olahraga ringan, misalnya sit up. Gerakan sit up membantu melancarkan sirkulasi darah di perut dan pinggul. Kedua bagian tubuh ini berperan penting dalam proses pencernaan dan mempertahankan kekebalan tubuh.

2.Menjaga keseimbangan tubuh

Apakah anda termasuk orang yang mudah kehilangan keseimbangan tubuh lalu jatuh? Tenang, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan sit up teratur. Sit up bermanfaat memperkuat otot pinggul, kaki, punggung, perut, dan lengan sehingga membuat tubuh lebih bugar dan seimbang.

Keseimbangan tubuh yang baik diperlukan dalam aktivitas sehari-hari misalnya saat mengangkat barang. Sit up juga meningkatkan fleksibilitas, yang berarti tubuh anda lebih elastis sehingga lebih mampu melakukan gerakan yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya.

3.Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik tidak hanya terlihat menarik, tapi juga mengurangi risiko cedera. Postur yang salah dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan tubuh karena otot dan tulang tidak merekat dengan tepat. Sementara itu, melakukan sit up rutin setidaknya 10 kali di pagi hari akan membuat otot lebih kuat dan kencang sehingga menjadikan postur lebih tegak secara alami.

Baca Juga  Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan

4.Membakar lemak di perut

Latihan sit up yang teratur sangat efektif membakar lemak di bagian perut dan pinggul. Dengan timbunan lemak yang berkurang, maka perut yang tadinya buncit akan berubah menjadi rata dan ideal.

5.Meningkatkan kekuatan otot inti

Otot inti atau otot yang berperan dalam hampir semua gerakan tubuh terdiri dari otot perut bagian depan dan samping, otot punggung bawah, serta otot pinggul. Tubuh yang kuat tidak selalu memiliki otot inti yang kuat pula, kecuali kalau anda melatihnya.

Salah satu latihan yang bisa meningkatkan kekuatan otot inti adalah dengan melakukan sit up. Dengan meningkatkan kekuatan otot inti tidak hanya memperbaiki kemampuan bergerak, tapi juga meningkatkan fungsi organ tubuh.

6.Meningkatkan metabolisme

Sistem metabolisme yang baik diperlukan untuk mengolah makanan yang masuk menjadi energi. Nah ketika anda sit up, berarti anda membantu meningkatkan metabolisme dengan cara membakar kalori hingga terbentuk otot dan tulang yang sehat.

Otot yang sehat tidak hanya memberikan kekuatan, tapi juga memiliki dampak positif lainnya seperti organ tubuh bekerja lebih baik, melancarkan sirkulasi darah, serta memperbaiki sistem pencernaan.

7.Mencegah osteoporosis

Penyebab utama osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penuaan, yang menyebabkan penurunan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Nah, ternyata melakukan sit up bisa mencegah osteoporosis karena sit up mampu memicu produksi hormon testosteron pada pria. Dengan peningkatan hormon testosteron, osteoporosis bisa dihindari dari awal.

8.Mengurangi risiko cedera

Manfaat sit up yang paling umum adalah memperkuat otot. Dengan otot yang kuat, seseorang tidak akan mudah mengalami cedera yang disebabkan kehilangan keseimbangan. Anda akan cenderung tidak tegang dalam melakukan pekerjaan fisik.

Selain itu, sit up juga meningkatkan fleksibilitas tubuh, terutama di sekitar punggung dan pinggul. Hal ini penting karena kurangnya fleksibilitas yang disebabkan otot kaku bisa meningkatkan risiko cedera.

9.Meningkatkan kepercayaan diri

Gerakan sit up dirancang untuk membakar lebih banyak kalori. Ini akan memberikan bentuk tubuh yang sesuai serta memperkuat fisik dan mental. Hal-hal seperti ini pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga  Tidak Hanya Mengurangi Lemak, Ini 6 Manfaat Sauna Bagi Tubuh

10.Meningkatkan daya tahan kardiovaskular

Jantung merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Olahraga teratur, termasuk sit up, akan melatih jantung agar meningkat daya tahannya. Ketika anda memiliki jantung yang kuat, berarti anda memiliki daya tahan kardiovaskular baik pula. Hal ini berarti juga paru-paru dan jantung mampu bekerja memasok oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Sit up memiliki manfaat yang luar biasa, bahkan gerakannya mampu melatih seluruh tubuh. Disamping bermanfaat, sit up sangat mudah karena bisa dilakukan di rumah, dengan atau tanpa pelatihan sebelumnya. Anda juga bisa melakukannya kapan saja, dimana saja. Untuk sehat ternyata tidak harus mahal, jadi tunggu apalagi?

Artikel Terkait

Al Jogjawi Andik

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *