cara menghilangkan lubang bekas jerawat
Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Alami dan Medis
03/12/2018
kata kata rindu dalam bahasa inggris dan artinya
Kata Kata Rindu Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Untuk Dipelajari
03/12/2018

4 Manfaat Selada untuk Kesehatan yang Selama Ini Tersembunyi

manfaat selada

Manfaat Selada – Pecinta burger pasti mengenal apa itu selada, bahkan tidak hanya dalam burger saja namun selada adalah bahan wajib yang ada dalam salad. Sebagai sayuran selada memiliki banyak khasiat walaupun selama ini sayur ini jarang diminati bahkan tidak disukai khususnya bagi anak-anak.

Kebutuhan selada bagi tubuh cukup tinggi karena kandungan serat dalam selada akan memperlancar pencernaan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Selada adalah makanan wajin yang harus dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Manfaat selada untuk diet adalah mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga melancarkan pencernaan dan melarutkan kadar lemak dalam tubuh.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 4 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Ada banyak jenis selada yang bisa dikonsumsi jadi untuk mengkonsumsi dijamin tidak akan bosan. Mulai dari selada kepala, selada merah, selada batang dan juga selada air. Selada adalah salah satu yanaman yang sebanarnya berasal dari Mediterania timur dan juga Asia Barat.

manfaat selada
Kandungan Selada yang Perlu Anda Ketahui

Di Indonesia sendiri selada adalah tanaman yang dulunya hanya bisa tumbuh di dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin. Oleh karena itu harganya cukup mahal dan hanya sedikit orang yang mengkonsumsi selada.

Namun kini selada telah dibudidayakan dengan mudah melalui hidroponik dan bisa dibeli dengan harga murah di supermarket terdekat. Untuk mejaga selada tetap segar belilah selada yang masih bersama dengan akar kemudian rendam ke dalam gelas berisi air. Ganti air dalam gelas setiap hari untuk menjaga selada tetap segar dan bisa dikonsumsi.

Baca Juga  Lupakan Rasa Bau, Inilah 10 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Jenis selada yang banyak ditemukan di supermarket adalah selada air. Selada ini memiliki banyak kanudngan air mencapai 11% setiap 100 gramnya. Selada kaya akan kandungan antioksidan, vitamin K untuk meberi kekuatan pada tulang dan saraf otak, vitamin C, A dan B kompleks. Anda juga akan mendaatkan kalsium serta flavonoid.

4 Manfaat Selada untuk Kesehatan yang Selama Ini Tersembunyi

manfaat selada
Melihat banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh di atas maka manfaat selada air untuk kesehatan tubuh sangat tinggi. Manfaat ini masih jarang diketahui, namun sekali mencoba untuk konsumsi selada akan mudah ketagihan karena rasanya yang segar dan renyah. Berikut ini manfaat selada yang akan didapatkan untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah sel kanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan dan tidak hanya bisa diatasi dengan operasi saja. Melakukan operasi pada kanker belum tentu bisa mengangkat seluruh sel kanker yang ada dalam tubuh. Jalan satu-satunya adalah mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Nah selada air memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh.

Beberapa peneliti telah melakukan percobaan dengan selada air dan haslnya, selada air memiliki kandungan phenylethyl isothiocyanate yang berfungsi untuk mencegah timbulnya sel kanker. Khususnya pada wanita yang memiliki sel kanker payudara yang mematikan.

2. Atasi Diabetes

Penyakit diabetes bisa didapatkan secara turun temurun dan juga pola hidup yang tidak sehat karena gemar makan makanan manis. Untuk menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil selada air dapat melakukannya. Kandungan gula yang rendah dalam selada air akan aman walaupun Anda mengkonsumsinya setiap hari. Selain itu selada air juga tidak akan membahayakan kesehatan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selada yang lainnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sedang melemah dan rentan terkena penyakit. Adanya kandungan vitamin C yang tinggi akan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh dan memperkuat metabolisme. Mengkonsumsi salad selada air setiap pagi akan membuat kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi dengan baik tanpa Anda harus membeli vitamin C khusus.

Baca Juga  Tidak Hanya Dibuat Martabak, Inilah Khasiat Telur Bebek Untuk Kesehatan

4. Mencegah osteoporisi

Kekuatan dan kesehatan tulang harus dijaga sejak awal, dengan mengkonsumsi selada air secara rutin maka kesehatan tulang akan terjaga dengan baik. Kandungan vitamin K yang tinggi akan memperbaiki tulang dan menjaga kekuatannya tetap stabil. Anda juga akan terjauhkan dari penyakit osteoporisis dini sehingga aktivitas sehari-haripun tetap nyaman.

5. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit kardiovaskular yang menyerang jantung akan terhindari karena konsumsi selada air. Sifat antioksidannya akan menjaga kesehatan jantung sehingga terhindari dari serangan jantung mendadak. Kandungan leutin dalam selada akan melindungi kerusakan jantung.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *