khasiat minyak bulus
Khasiat Minyak Bulus dan Kegunaan Minyak Bulus dan Fungsinya
22/09/2018
cara memancungkan hidung secara alami
Cara Memancungkan Hidung Secara Alami Ini Bisa Anda Coba
24/09/2018

7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil

manfaat rumput fatimah

Manfaat Rumput Fatimah – Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata rumput fatimah? Bayangan mengenai rumput ilalang tinggi tidak terurus. Padahal bukan, rumput fatimah adalah tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan, membantu ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga  Manfaat Nourish Skin Dan Efek Sampingnya Untuk Kulit Wanita

Sesuai dengan namanya, rumput fatimah mula-mula berasal dari Jazirah Arab dan kemudian menyebar ke Semenanjung Malayasia.

 manfaat rumput fatimah

7 Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kecantikan dan Ibu Hamil

Karena persebarannya ini, rumput fatimah mulai digunakan di Indonesia. Berikut berbagai manfaat rumput fatimah bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Serta bagi ibu hamil dan menyusui:

1. Mengandung Banyak Mineral

Rumput Fatimah mengandung mineral yang sangat baik untuk tubuh. Seperti mengandung karbon, oksigen, dan kalsium.

2. Mengontrol Hormon Reproduksi Wanita

Rumput Fatimah bermanfaat mengontrol hormon reproduksi wanita. Pada wanita, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dalam sistem reproduksi dapat menyebabkan gangguan.

Rumput Fatimah mempunyai kemampuan mengendalikan hormon-hormon tersebut agar stabil dan terkontrol. Konsumsi rumput fatimah secara teratur dapat meningkatkan hormon estrogen dalam sistem reproduksi wanita.

Baca Juga  5 Manfaat Air Kelapa Hijau dan Khasiat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

3. Melancarkan Persalinan

Rumput Fatimah bermanfaat membantu lancarnya persalinan normal. Bagi ibu-ibu yang akan melahirkan secara normal. Rendaman air dari rumput fatimah dapat menjadi pemicu kontraksi, mendorong pembukaan lebih cepat dan mempercepat proses persalinan.

4. Menstabilkan Hormon Menstruasi

Rumput Fatimah bermanfaat menstabilkan hormon saat menstruasi. Saat periode datang bulan, wanita biasanya merasakan ketidakseimbangan hormon. Selain itu, efek dari tidak seimbangnya hormon menyebabkan darah yang tidak lancar.

Nyeri di perut bagian bawah, lelah, kurang nyaman, perasaan tak karuan, pinggang dan kaki ikut nyeri dan linu. Maka manfaat rumput fatimah adalah menormalkan hormon saat menstruasi datang. Sehingga hormon bisa kembali normal dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga  Tak Hanya Lezat, Ini 9 Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Gejala PMS

Rumput Fatimah berperan positif mengurangi gejala PMS (Pre-menstrual syndrome). Sindrom menjelang periode datang bulan ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala sakit kepala, demam, lelah, lesu, malas dan mudah uring-uringan. Atau perasaan tak menentu. Dalam beberapa kondisi, karena saking tingginya tingkat rasa nyeri dan sakit di perut dan kaki.

Ada yang kemudian pingsan. Beberapa wanita kemudian ke dokter untuk mendapatkan obat anti nyeri seperti asam mefenamat atau parasetamol. Sementara periode penggunaan obat-obatan pereda nyeri hanya bisa dilakukan untuk jangka pendek. Jika menginginkan jangka panjang harus berkonsultasi kembali. Anda bisa menggunakan rendaman rumput fatimah untuk mengurangi gejala-gejala yang selalu muncul dalam periode pre-menstrual syndrome.

6. Membersihkan Organ Kewanitaan

Rumput Fatimah bermanfaat dalam membersihkan organ kewanitaan. Salah satu masalah utama dalam organ kewanitaan adalah infeksi bakteri dan kotoran. Serta ketidakseimbangan ph alami di organ kewanitaan menyebabkan timbulnya bau dan beberapa penyatkit.

Rumput fatimah memiliki senyawa yang bisa menormalkan ph di organ kewanitaan sehingga membuat keseimbangan ph kembali. Serta membantu membersihkan dan mengusir bakteri tidak baik.

7. Rumput Fatimah bermanfaat memulihkan kelelahan paska melahirkan

Gejala yang dirasakan ibu-ibu setelah melahirkan adalah kecapekan, kelelahan, rasa sakit yang terus menerus menghinggapi.

Rumput fatimah memiliki senyawa oksitosin. Salah satu senyawa pereda nyeri dan merilekskan tubuh. Rendaman rumput fatimah bisa merilekskan kembali dan mengurangi nyeri yang diderita ibu paska melahirkan.

 manfaat rumput fatimah
Awas, Ini Efek Samping Rumut Fatimah Dengan Jenis Obat Kimia

Selain manfaat utama tersebut. Selalu ada efek samping yang disebabkan oleh semua jenis obat herbal atau obat kimia. Berikut beberapa efek samping yang bisa menjadi hal negatif pada penggunaan rumput fatimah.

1.Pada penggunaan untuk melahirkan, rumput fatimah memiliki efek konstraksi paksa

Sederhananya, senyawa rumput fatimah akan memaksa konstraksi pada persalinan normal menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal ini bisa menyebabkan stress pada janin dan beresiko jantung pada ibu yang melahirkan.

Resiko paling buruk bisa menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan. Konsultasikan pada dokter kandungan anda. Apakah penggunaan senyawa rendaman rumput fatimah diperbolehkan ketika anda akan melahirkan.

2.Konsumsi rendaman rumput fatimah yang terlalu lama bisa memicu munculnya racun

Bagi ibu hamil untuk mewaspadai karena efek racun ini bisa ikut termakan janin dan menyebabkan janin keracunan atau meninggal dunia.

3.Rumput Fatimah beresiko menyebabkan pendarahan, pecahnya air ketuban lebih awal dan rahim robek

Karena belum normalnya jalan persalinan. Adanya paksaan dari senyawa yang dikandung rumput fatimah untuk mendorong konstraksi paksa. Maka janin akan berusaha memaksa keluar lebih awal dan memicu pecah air ketuban terlebih dahulu. Serta menyebabkan tekanan yang kuat pada rahim yang belum siap untuk melahirkan. Sehingga menyebabkan robek pada rahim.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *