cara menghilangkan kutil di wajah
Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan 6 Bahan di Dapur
19/11/2018
susu penambah berat badan bayi
Pusing BB Bayi Kurang? Berikan 5 Susu Penambah Berat Badan Bayi Ini
19/11/2018

Selain Sumber Energi, Ini 7 Manfaat Pisang Ambon Untuk Tubuh

manfaat pisang ambon

Manfaat Pisang Ambon – Buah pisang merupakan buah yang memiliki jenis yang beragam. Buah ini juga banyak dijumpai dimana – mana. Salah satu jenis pisang yang disukai banyak orang adalah pisang ambon.

Baca Juga  21 Khasiat Temu Putih yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah pisang juga dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai olahan dari pisang seperti selai, kue dan lainnya. Kini pisang ambon juga dijadikan minuman smoothie yang dicampur dengan yoghurt rendah lemak atau campuran buah – buahan lainnya.

Pisang Ambon Terbagi 3 Jenis Berikut Cirinya

manfaat pisang ambon

Pisang ambon terbagi menjadi 3 jenis yaitu pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning. Pisang ambon lumut ciri fisiknya berwarna hijau, memiliki bentuk yang lurus dengan panjang 17 cm dan diameter 42mm.

1. Pisang ambon lumut

Memiliki kulit yang tebal dengan daging buahnya ukurannya lebih kecil dan terasa manis. Pisang ambon jenis lumut ini cocok dijadikan makanan olahan maupun langsung dimakan sebagai hidangan pencuci mulut.

2. Pisang ambon putih

Memiliki ciri – ciri berwarna kuning agak putih, memiliki tekstur buah yang lebih besar. Selain ciri tersebut, pisang ini berasa sedikit asam dan memiliki aroma yang harum. Sedangkan pisang ambon kuning, memiliki ukuran yang lebih besar dibandingan pisang ambon lumut dan putih.

Baca Juga  Kenali 8 Manfaat Susu Beruang yang Dikonsumsi Setiap Hari

3. Pisang ambon kuning

Memiliki ciri berbentuk sedikit melengkung ke atas, dengan kulit yang lebih tipis dan daging buahnya berwarna kuning putih sedikit kemerahan ketika sudah matang.

Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam pisang ambon dan apa saja manfaat pisang ambon? Simak uraiannya berikut ini.

Selain Sumber Energi, Ini 7 Manfaat Pisang Ambon Untuk Tubuh

manfaat pisang ambon
Pisang ambon kaya akan nutrisi seperti kalori, serat, gula, protein, potasium, vitamin B6 dan lainnya. Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, menjadikan manfaat pisang ambon ini baik untuk kesehatan tubuh.

Dan berikut ini berbagai manfaat pisang ambon selain sebagai sumber energi yang bisa Kamu nikmati manfaatnnya, diantaranya:

1. Sebagai Makanan Diet yang Rendah Kalori

Pisang ambon mengandung kalori dan gula yang bisa menjadi alternatif untuk diet rendah kalori. Selain itu serat yang terkandung di dalam pisang membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama. Jika Anda sedang menjalani program diet, Anda bisa memasukkan pisang ambon ke dalam program diet Anda.

2. Sebagai Sumber Energi

Dalam tiap 100 gram pisang ambon terkandung kalori sebanyak 99 kkal. Walaupun jumlah ini tidak banyak, namun manfaat pisang ambon mampu memberikan energi bagi tubuh. Selain itu, mengonsumsi pisang ambon bisa membantu menghilangkan rasa lapar.

Baca Juga  Banyak yang Tidak Tahu, Inilah 9 Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

3. Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas sel darah putih karena buah ini mengandung vitamin B6. Kandungan vitamin tersebut membuat buah pisang mampu menjaga proses kimia yang terjadi di dalam kelenjar getah bening dalam memproduksi sel darah putih. Sel darah putih bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi.

4. Mengatasi Anemia

Zat besi yang ada di dalam buah pisang sangat baik untuk mengatasi anemia. Zat besi yang terkandung dalam pisang ini membantu meningkatkan sel – sel darah merah di dalam tubuh.

5. Mengandung Asam Folat yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jika ibu hamil kekurangan asam folat, maka dampak negatifnya pada janin yaitu adanya kerusakan jaringan pada organ otak, kelumpuhan dan berpeluang besar keguguran. Untuk menghindari hal – hal tersebut, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

Baca Juga  Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Diet, Ibu Hamil Dan Janin

Salah satu makanan yang mengandung asam folat adalah pisang ambon. Pisang ambon mengandung asam folat yang berfungsi membantu dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Dengan kandungan asam folat tersebut, manfaat pisang ambon ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil.

6. Meminimalisir Risiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. Untuk meminimalisir risiko terjadinya hipertensi, Anda bisa mengonsumsi pisang ambon. Pisang ambon mengandung senyawa kalium yang berfungsi mengontrol tekanan darah, mengatur fungsi jantung dan kerja otot.

Baca Juga  Mengetahui Kandungan Odol Pemutih Gigi dan Fungsinya Untuk Kita

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pisang ambon mengandung serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, pisang ambon juga mengandung vitamin B dan B6 yang berfungsi untuk mencegah diare. Manfaat pisang ambon lainnya yaitu pisang ambon mengandung zat antacid yang berfungsi mengatasi gangguan pada lambung.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *