manfaat buah naga untuk kecantikan
Wahai Wanita, Inilah 4 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit
29/11/2018
buku toefl terbaik
4 Tips Cerdas Mendapatkan Buku TOEFL Terbaik Agar Kamu Lulus
29/11/2018

Lupakan Rasa Bau, Inilah 10 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

manfaat petai

Manfaat Petai – Siapa yang tidak kenal dengan petai? Hasil alam khas Indonesia yang banyak dijadikan bahan lalapan dan juga sayur. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai petai namun adapula yang tidak. Sama seperti durian, petai adalah buah yang menimbulkan bau menyengat yang menjadikannya banyak tidak disukai.

Namun di sisi lain dari baunya yang menyengat petai menyimpan banyak khasiat terbaik untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang suka dengan petai maka beruntunglah karena mendapatkan khasiatnya dengan mudah. Namun bagi Anda yang tidak menyukainya maka cobalah untuk memakan petai karena pasti menyesal karena ada banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh terkandung di dalamnya.

Baca Juga  Macam-Macam Buah Penurun Tensi Lezat dan Murah

Apa sebenarnya yang menyebabkan petai bau? Sebenarnya dalam petai terdapat asam amino yang tinggi ditambah lagi dengan sulfur. Kedua perpaduan itulah yang menimbulkan bau pada petai. Namun walaupun bau di dalam petai terdapat banyak nutrisi dan menjadi gizi yang akan memenuhi kebutuhan dalam tubuh manusia.

Lupakan Rasa Bau, Inilah 10 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

manfaat petai
Beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatan bisa langsung diatasi dan dicegah jika mengkonsumsi petai secara rutin walaupun terasa bau akan tetapi ada banyak manfaat petai untuk kesehatan yang paling banyak dicari.

1. Mengatasi PMS

Pertama adalah manfaat pete untuk wanita. Setiap wanita yang akan datang bulan bisa mengalami PMS atau pramenstrual syndrome. Ada banyak obat kimia di apotek yang ditawarkan untuk meredakan masalah PMS bagi wanita, namun ingat terlalu banyak mengkonsumsi bobat pada saat PMS bisa mempengaruhi kinerja ginjal. Kandungan vitamin B6 dalam petai bisa meringankan masalah PMS pada wanita. Jadi konsumsi petai sebagai lalapan adalah alternatif yang paling aman.

2. Menurunakan dan menstabilkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada pete akan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi maka wajib mengkonsumsi pete secara rutin baik di konsumsi saat makan siang atau makan malam. Bahkan menurut beberapa riset, pete dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke.

Baca Juga  Berapa Tensi Darah Normal Sesuai Jenjang Usia? Ini Tabelnya

3. Menghilangkan dan mengurangi stress

Stress bisa datang kapan saja, bagi para pekerja yang menghadapi banyak tekanan maka serangan stress seringkali tidak dapat dihindari. Tenang saja pada saat stress melanda sebaiknya Anda mengkunsumsi petai. Kalium dan mineral dalam petai akan menstabilkan tubuh. Oksigen yang diproduksi akan masuk ke otak dengan cukup sehingga akan meningkatkan kadar cairan dalam tubuh. Ketika cairan tubuh seimbang maka stress akan berkurang.

4. Menghentikan merokok

Nah ini nih manfaat pete untuk pria yang suka merokok dan benar-benar berkeinginan untuk berhenti. Di dalam pete terdapat kandungan vitamin B2 dan B12 serta magnesium. Kandungan ini akan membantu dan memudahkan para perokok untuk bisa berhenti dengan mudah. Zat yang dihisap dari tembakau akan digantikan oleh pete jadi akan tetap terpenuhi dan tergantikan dengan baik bahkan cenderung sehat.

manfaat petai

5. Melancarkan pencernaan

Masalah sembelit sering timbul karena kurangnya serat dalam tubuh. Banyak orang yang tidak menyukai sayur oleh karenanya menimbulkan masalah sembelit. Tenang saja karena sebenarnya sembelit bisa ditangani dengan mudah apabila Anda mengkonsumsi petai dalam makanan sehari-hari. Petai bisa dikonsumsi langsung atau disangrai terlebih dahulu agar matang. Petai akan berfungsi sebagai obat sembelit yang efektif.

6. Mengatasi luka lambung

Sering telat makan dan menimbulkan penyakit maag tentu sangat mengganggu. Kadar asam lambung yang naik akan menimbulkan rasa ingin muntah yang tidak terhentikan. Anda bisa mengkonsumsi petai untuk meredakan asam lambung yang menimbulkan luka. Selain itu petai juga akan mengobati lambung yang telah terluka. Jika konsumsi petai secsara rutin maka luka lambung akan segera pulih.

7. Membersihkan ginjal

Anda penggemar pete pasti sering mendengar bahwa manfaat pete untuk ginjal untuk membersihkan. Ternyata hal itu benar adanya. Pete akan membersihkan ginjal setiap hari sehingga fungsi ginjal akan tetap baik. Daripada Anda harus menggunakan jamu pembersih ginjal yang justru akan membuat endapan dalam ginjal, konsumsi pete justru tidak akan da efek sampingnya.

Baca Juga  Selain Menghangatkan Tubuh, Inilah 5 Manfaat Wedang Jahe

8. Mencegah kolesterol

Anda yang suka dengan mengkonsumsi makanan berminyak memiliki resiko terkena kolesterol tinggi. Kini Anda tidak perlu menghindari makanan berminyak dan daging yang disukai karena pete akan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Pete adalah makanan yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi jadi akan menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh. Nah bagi Anda yang akan makan berlemak atau berminyak selalu siapkan pete sebagai hidangan pembuka atau penutup.

9. Sangat baik untuk kesehatan kulit

Ingin tampil dengan kulit putih inilah manfaat pete untuk kecantikan. Petai kaya dengan kandungan vitamin C yang akan membuat kulit tetap sehat. Selain sehat kulit akan tetap putih dan bercahaya. Lihat saja wanita sunda yang sering makan pete pasti mereka memiliki kulit putih yang sehat dan bercahaya. Ini karena wanita sunda rajin makan pete sebagai lalapan setiap harinya.

10. Mengatasi Serangan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting bagi siapa saja. Di sinilah manfaat petai sangat diperlukan yakni menjaga kesehatan jantung tetap baik guna menghindari serangan jantung. Dalam petai terdapat kandungan anti oksidan yang akan melancarkan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Produksi darah dalam tubuh akan tetap lancar karena petei akan mendukung kinerja jantung.

Baca Juga  Manfaat Sereh dari Encok Sampai Kecantikan yang Perlu Anda Coba

Nah sangat banyak bukan manfaat petai untuk kesehatan bahkan sampa pada kecantikan. Bagi Anda yang kurang suka dengan petai sebaiknya buatlah masakan seperti sambal goreng yang akan mengurangi aroma tidak sedap dari pete.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *