Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan
13/10/2018
perkembangan bayi 7 bulan
Perkembangan Bayi 7 Bulan Yang Paling Dinanti Oleh Para Ibu
15/10/2018

Manfaat Masker Bengkoang yang Baik untuk Wajah

Manfaat Masker Bengkoang – Tanaman bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal karena umbi putih mereka yang dapat dimakan. Tanaman yang berasal dari Amerika tropis termasuk dalam suku legum atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tanaman ini dikenal sebagai xicama atau jicama. Orang Jawa menyebutnya besusu.

Tumbuhan ini membentuk akar umbi (cormus) dalam bentuk bulat dengan berat yang bisa mencapai 5 kg. Kulit umbi tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih mengandung cairan segar agak manis. Rasa manis berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

Bengkuang mengandung gula, pati, fosfor, dan kalsium. Bengkuang ini juga memiliki efek pendinginan karena mengandung kadar air 86-90%. Dengan kandungan tersebut, beberapa manfaat bengkuang yang diolah menjadi masker adalah sebagai berikut.

Manfaat Masker Bengkoang

1. Meregenerasi kulit wajah
Manfaat masker bengkoang ini karena bengkoang kaya vitamin B dan C, yang sangat penting untuk membersihkan kulit dan membuatnya bersih. Vitamin C dalam bengkoang memberikan rangsangan pada sel-sel kulit untuk beregenerasi.

2. Menyamarkan flek hitam karena bekas jerawat
Tidak hanya kecerahan, penggunaan bengkoang secara teratur pada wajah juga akan menyamarkan dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Jika kulit merespon dengan baik, maka bopeng juga bisa disamarkan.

3. Mengecilkan pori-pori kulit wajah
Kotoran dan sel-sel mati di wajah yang menumpuk akan hilang seiring dengan penggunaan bengkoang pada wajah secara teratur. Manfaat masker bengkoang itu akan berbanding lurus dengan efek pori-pori menyusut.

4. Mengurangi produksi minyak di wajah
Selain membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari wajah, manfaat masker bengkoang juga bisa menyerap minyak dari wajah.


Pengaplikasian Bengkuang
Sebenarnya untuk mendapatkan manfaat masker bengkoang, kini sudah semakin banyak produk yang menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar. Namun beberapa hal seperti campuran bahan kimia dan mudahnya bengkuang segar didapatkan hari ini baik untuk dipertimbangkan jika Anda ingin mengolahnya sendiri.

Baca Juga  Penyebab Migrain Sebelah Kanan dan Cara Mudah Mengatasinya

Ketimbang harus merasakan penggunaan bahan kimia pada kulit wajah yang cenderung lebih sensitif daripada bagian lain, tentu lebih baik jika Anda mencoba membuat masker alami. Cara membuat masker bengkuang yang alami tidaklah sulit. Anda juga tidak perlu banyak waktu. Simak berikut ini.

1. Cara membuat masker bengkoang
1. Ambil 1 buah bengkoang, bersihkan kulitnya dan kemudian cuci sampai bersih.
2. Anda dapat memilih untuk memotongnya menjadi ukuran kecil jika ingin menggunakan alat blender. Namun, bisa juga dengan cara diparut.
3. Peras bubur bengkuang yang sudah didapatkan. Kemudian air perasan tersebut dibiarkan hingga mengendapkan sari pati. Nah, endapan tersebutlah yang akan digunakan sebagai masker alami.

Bukan hanya Bengkuang murni yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat masker bengkoang, Anda juga bisa memadukan bengkuang dengan beberapa bahan yang tentu saja memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

2. Cara membuat masker bengkoang dan telur
Ambil 1 buah bengkoang lalu bersihkan kulitnya dan kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu parut hingga menjadi bubur dan ambil sari patinya dengan cara mengendapkan air perasan bubur bengkuang. Selanjutnya Anda dapat mencampurkan 1 putih telur ke dalam endapan dan aduk rata.

3. Cara membuat masker bengkoang dan madu
Buat bubur bengkuang dengan cara menghaluskannya. Ambil sari patinya dan campurkan dengan 3 sendok madu alami. Anda akan lebih mudah mencampurnya dengan blender.

4. Cara membuat masker bengkoang dan jeruk nipis
Jika Anda menggunakan blender, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis sejak saat masih di dalam blender. Blender jeruk nipis dan bengkuang secara bersamaan. Setelah itu, endapkan dan ambil saripati yang mengendap.

Baca Juga  Makanan Penambah HB Atau Hemoglobin yang Bisa Anda Konsumsi

5. Cara membuat masker bengkoang dan minyak zaitun
Buat bubur bengkuang dengan cara menghaluskannya tanpa campuran air. Ambil sari patinya dan campurkan dengan 2 sendok minyak zaitun. Sebaiknya Anda mencampurkan kedua bahan ini dengan blender kecil karena keduanya cukup sulit tercampur jika hanya dengan adukan.

6. Cara membuat masker bengkoang dan air mawar
Sari pati bengkuang yang sudah didapatkan dapat dikeringkan terlebih dahulu atau pun juga langsung digunakan. Apabila sari pati bengkuang tersebut dikeringkan, maka campurannya dengan air mawar akan lebih liat dan mudah digunakan sebagai masker.

 

7. Cara membuat bengkoang dan masker beras.
Anda dapat memblender bengkuang bersamaan dengan beras. Namun, sebenarnya yang lebih baik adalah memblender bengkuang dengan air cucian beras.


Penerapan masker bengkoang

Masker yang dibuat menggunakan bahan bengkuang dapat dengan mudah diterapkan di wajah. Balurkan masker bengkoang secara merata di wajah dan biarkan selama 20-30 menit sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin. Ingat, sebelum menggunakan masker, pastikan wajah Anda bersih.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *