cara menghilangkan dengkuran
Penyebab dan 3 Cara Menghilangkan Dengkuran Secara Mudah
11/06/2019
manfaat petai cina
Jarang yang Tahu, Ini 8 Manfaat Petai Cina Untuk Kecantikan
12/06/2019

Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

manfaat kolang kaling

Manfaat Kolang Kaling – Bulan Ramadhan memang telah berakhir dan bagi mereka yang menjalankan puasa sudah pasti sibuk dengan segala rutinitas ibadah puasa serta persiapan bahan makanan untuk sahur dan berbuka.

Jika makan sahur kita lebih banyak menghabiskan makan-makanan protein dan sayur sayuran yang bisa membuat kita bertahan lapar seharian. Maka berbeda dengan ketika berbuka puasa biasanya kita akan mencari makan makanan yang banyak mengandung glukosa atau minuman yang manis-manis bukan?

Baca Juga  7 Manfaat Buah Markisa yang Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, penyebabnya sederhana karena begitu menjalani puasa seharian maka kadar gula atau zat gula dalam darah banyak terkuras untuk aktivitas sehari hari sementara tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh semenjak pagi hari. Maka, berbuka dengan yang manis-manis sangat disarankan untuk mengembalikan stamina tubuh dan mempercepat kembalinya glukosa di dalam tubuh.

manfaat kolang kaling untuk kesehatan

Daftar Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Beberapa makanan dan minuman yang disarankan untuk berbuka puasa adalah air putih, kurma, kemudian es buah dan juga kolak.

Nah, jenis-jenis makanan dan minuman ini sudah sangat familiar dengan kita bukan. Kurma mengandung glukosa alami yang berguna mengembalikan zat gula dalam darah, sementara es buah mnegandung vitamin dan mineral yang bisa segera mengganti kekurangan cairan dalam tubuh.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Sementara kolak yang terdiri dari buah-buahan, santan dan kolang kaling memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika buah-buahan (termasuk santan dari kelapa) memiliki manfaat protein dan gizi bagi tubuh. Lalu apa manfaat kolang kaling bagi kesehatan dan juga bagi pengembalian energi di dalam tubuh.

manfaat kolang kaling untuk kesehatan
Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh, lalu apa sajakah itu? berikut ini ulasannya:

1. Mengatasi dehidrasi

Pertama, kolang kaling terbuat dari buah-buahan dari sejenis pohon palma, aren dan enau yang memiliki kandungan air sebanyak 90%, sehingga kandungan air yang banyak dalam kolang kaling ini membuat manfaat kolang kaling bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga anda bisa terbebas dari kehilangan cairan (dehidrasi).

Pada saat anda berbuka puasa, kadar air di dalam kolang kaling bisa dengan segera mengganti cairan di dalam tubuh anda yang hilang.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Inilah 4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang

2. Memperlancar saluran pencernaan

Kedua, manfaat kolang kaling selanjutnya adalah membantu saluran pencernaan anda selama berpuasa. Selama berpuasa saluran pencernaan jarang beroperasi karena jarang makan. Nah dengan memakan kolang kaling, kolang kaling yang mempunyai banyak serat selain membuat anda cepat kenyang juga bisa membersihkan saluran pencernaan

Seperti mengeluarkan racun dari saluran pencernaan dan mencegah anda terkena sembelit. Jadi dengan memakan kolang kaling akan menjaga anda dari sifat serakah memakan semua makanan setelah berbuka. Setelah makan kolang kaling makanlah makanan berat secukupnya saja.

3. Mencegah osteoporosis

Ketiga, kolang kaling mengandung zat kalsium yang cukup tinggi. Jadi bagi anda yang sedang dalam masa pertumbuhan atau justru sebaliknya masuk dalam kategori resiko osteoporosis, maka memakan kolang kaling sebagai menu berbuka puasa sangat dianjurkan.

Manfaat kolang kaling ini bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi kolang kaling secara rutin agar nutrisi kalsium kolang kaling bisa anda dapatkan.

4. Makanan sumber diet sehat

Keempat, kolang kaling membantu anda untuk diet dengan ketat. Kok bisa? Karena kolang kaling memiliki jumlah serat yang tinggi. Maka dengan mengkonsumsi kolang kaling daapat membuat anda cepat kenyang. Jadi jika anda sedang menjalankan program diet, disarankan untuk menambahkan menu kolang kaling ke dalam menu makanan anda.

Kolang kaling juga mengandung gelatin yang berfungsi mengerem nafsu makan anda, sehingga anda akan terbiasa untuk tidak cepat lapar dan otomatis mengurangi berat badan anda. Lalu bagaimana dengan gizi dan mieneral yang diperlukan untuk tubuh?

Tenang saja, manfaat kolang kaling selain untuk diet ternyata juga mampu menutrisi beberapa gizi dan mineral seperti zink yang diperlukan untuk tubuh, jadi anda tidak perlu khawatir lagi diet menurunkan berat badan.

Baca Juga  5 Penyebab Cantengan yang Harus Dihindari dari Sekarang

5. Mengatasi anemia

Kelima, anda sering merasa pusing? Atau anda sering ketika bangkit dari duduk dan kemudian berdiri merasa sedikit pusing? Bisa jadi anda terkena anemia atau gejala kekurangan darah (zat besi). untuk memberikan asupan zat besi bagi darah anda agar tidak kekurangan zat besi anda bisa mengonsumsi kolang kaling secara rutin.

Karena kolang kaling memiliki kandungan zat besi yang bisa berguna bagi darah anda. Dengan asupan zat besi dari kolang kaling ke dalam darah anda maka kesehatan anda bisa terjaga.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *