manfaat jogging
7 Manfaat Jogging Untuk Kesehatan dan Kemungkinan Bahayanya
22/02/2019
macam macam produk wardah
Review, Macam Macam Produk Wardah dan Kegunaannya
23/02/2019

8 Manfaat Klorofil Mulai Dari Obati Luka Sampai Turunkan Resiko Kanker

manfaat klorofil

Manfaat Klorofil – Salah satu bahan farmasi yang sempat populer karena manfaatnya adalah klorofil. Bahan tersebut dapat dioleskan atau pun diminum.
Sebenarnya, nama yang lebih tepat untuk menyebut suplemen ini adalah “klorofilin”.

Hal tersebut karena ini berbeda dengan zat hijau daun pada tumbuhan, yang berguna untuk proses fotosintesis. Klorofilin tersebut merupakan bahan kimia yang terbuat dari natrium, tembaga, dan magnesium dari klorofil zat hijau daun.

8 Manfaat Klorofil Mulai Dari Obati Luka Sampai Turunkan Resiko Kanker

manfaat klorofil untuk kesehatan

Walaupun berbeda, manfaat klorofil dan klorofilin memang punya banyak persamaan bagi kesehatan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat klorofil bagi tubuh.

1. Mengobati Luka

Manfaat klorofil yang satu ini memang sudah umum diketahui. Seseorang yang memiliki luka(setelah kecelakaan) biasanya akan diberi klorofil untuk membantu penyembuhan lapisan kulit.

Hal tersebut karena klorofil memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri sehingga akan menghindarkan jaringan kulit yang rusak menjadi borok berkepanjangan.

Baca Juga  7 Manfaat Jogging Untuk Kesehatan dan Kemungkinan Bahayanya

2. Mengontrol Berat Badan

Klorofil cair diklaim dapat menurunkan berat badan dan menahannya. Namun, beberapa pemicu tetap harus dilakukan, misalnya olahraga dan konsumsi makanan yang bernutrisi seimbang.

Klorofil hanya akan membantu dalam mengurangi kolesterol jahat LDL dalam tubuh, hanya dalam waktu tingga minggu pengonsumsian.

3. Menghilangkan Bau Badan

Diklaim bahwa mengonsumsi sebanyak 1,5 gram klorofil dalam waktu 10 hari atau 180 mg dalam waktu 3 minggu akan mengurangi kadar trimetilamin dalam tubuh. Hal itu akan membuat bau tubuh menjadi berkurang.

Bahkan, hal ini juga berlaku pada seseorang yang mengalami kelainan trimethylaminuria, yaitu suatu kondisi di mana tubuh tidak mampu untuk mencerna dan mengoksidasi trimetilamin.

4. Detoksifikasi Darah

Klorofil juga diklaim dapat meningkatkan kualitas sel darah merah manusia. Hal itu telah dibuktikan dengan pemanfaatan rumput gandum(yang mengandung 70% klorofil) untuk mengurangi kebutuhan transfusi darah pada penderita thalassemia atau kelainan tidak dapat memproduksi hemoglobin.

Baca Juga  Skema Pembekuan Darah Pada Luka dan Fasenya yang Perlu Diketahui

5. Meredakan Nyeri Pankreas

Suplemen klorofil diklaim baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki gangguan pankreas kronis. Klorofil akan meredakan rasa nyeri dan sakit apabila dilakukan dengan porsi benar.

6. Mengatasi Jerawat

Seperti yang kita ketahui, bahwa jerawat terjadi karena banyaknya bakteri di pori-pori. Nah, hal itu akan ditangani oleh klorofil yang memiliki sifat antibakteri. Lebih dari itu, klorofil akan mengecilkan pori-pori.

7. Menyehatkan Kulit

Selain mengusir bakteri penyebab jerawat, klorofilin juga baik untuk merawat kulit. klorofil dapat memudarkan beberapa tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam.

Pada seseorang yang baru saja melakukan operasi, klorofil baik untuk menyembuhkan luka karena memicu regenerasi sel kulit dengan baik.

8. Menurunkan Resiko Kanker

Mengonsumsi ekstrak klorofil akan meningkatkan kemampuan tubuh menolak sel kanker. Hal itu dilakukan dengan menolak radikal bebas yang bisa saja menyebabkan mutasi gen di dalam tubuh.

Selain itu, suplemen klorofil juga akan menghambat masuknya aflatoksin, yaitu salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Klorofil

khasiat klorofil

Meskipun begitu, mengonsumsi klorofil juga harus memperhatikan aturan. Beberapa efek samping yang bisa timbul, seperti alergi, mengonsumsi klorofil secara sembarangan dapat menyebabkan hal berikut:

1. Gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

2. Perubahan warna feses, bisa menjadi kuning kehijauan.

3. Kulit rentan gatal dan terbakar jika terkena matahari.

Baca Juga  Lupakan Obat, Ini 18 Daftar Makanan Penggemuk Badan yang Sehat

Itu tadi adalah beberapa manfaat klorofilin atau klorofil bagi kesehatan tubuh atau pun untuk pengobatan. Meskipun begitu, penggunaan klorofil sebaiknya menggunakan resep tenaga medis dan tidak dilakukan sembarangan.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *