kegunaan asam mefenamat
Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan
21/09/2018
manfaat bb cream wardah
Manfaat BB Cream Wardah Sesuai Varian Untuk Kecantikan Wanita
22/09/2018

Tak Hanya Lezat, Ini 9 Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kacang mete

Manfaat Kacang Mete – Kacang mete sebagai salah satu hasil pertanian yang olahannya sangat dimintasi masyarakat Indonesia. Olahan kacang mete di pasar-pasar tradisional diolah menjadi berbagai macam makanan namun yang paling sering adalah kacang mete yang goreng dan jika dikonsumsi akan terasa gurih dan sedikit terasa manis.

Kacang mete yang diambil dari biji jambu monyet ini. Ternyata asal mulanya nun jauh di timur sana. Yakni di Pantai Timur Brazil, Benua Amerika Latin. Awalnya kacang mete hanya menjadi campuran coklat dan makanan pendamping atau dimakan begitu saja. Hingga kemudian muncul banyak olahan makanan kacang mete.

Baca Juga  Kegunaan Asam Mefenamat dan Manfaat Asam Mefenamat Untuk Kesehatan

Seperti dibuat kacang goreng camilan dengan berbagai rasa (gurih, manis, bahkan ada rasa madu), dibuat sambal kacang, campuran makanan dengan ikan tuna, dijadikan topping roti bakar, dijadikan topping cookies serta dibuat cake, brownies atau campuran putri salju (cemilan yang biasanya tersedia d saat lebaran dan hari-hari libur).

Tak Hanya Lezat, Ini 9 Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kacang mete
Walaupun berbentuk kacang. Kacang mete ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut manfaat yang dihasilkan kacang mete. Ternyata manfaatnya tidak sekecil badannya lho:

1. Penangkal radikal bebas

Manfaat kacang mete yang paling utama adalah mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang mete mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, riblovafin, niacin, beta karoten dan retinol.

Serta satu zat penting yaitu antioksidan sendiri merupakan zat penangkal radikal bebas yang hinggap di dalam tubuh. Sementara kalsium dan fosfor berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Serta zat besi bagi produksi sel darah merah.

2. Menurunkan risiko jantung koroner

Manfaat kacang mete selanjutnya mempunyai kemampuan menurunkan risiko jantung koroner sekitar dari 30%. Hal ini karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Dimana kandungan ini berpotensi mengontrol penurunan kolesterol jahat dan trigliserida sebagai pemicu utama penyakit kolesterol dan kardiovaskuler. Mengonsumsi kacang mete sekitar empat kali dalam satu minggu bermanfaat bagi kesehatan jantung anda. Karena kacang mete juga memiliki sumber lemak sehat bagi jantung.

Baca Juga  5 Manfaat Air Kelapa Hijau dan Khasiat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

3. Kacang mete mengandung arginine

Zat ini berfungsi melapisi dan melindungi dinding pembuluh darah, serta kandungan vitamin E, asam folat dan Vitamin B6. Kesemua kandungan kacang mete ini bermanfaat membantu jantung tetap sehat.

4. Membantu produksi sel darah merah

Manfaat kacang mete selanjutnya adalah membantu produksi sel darah merah. Selain zat besi yang telah disebutkan di atas. Kacang mete ternyata mengandung tembaga. Perpaduan antara zat besi dan tembaga ini membantu produksi sel-sel darah merah di sumsum tulang, menambah antibodi tubuh, memperbaiki saraf dan pembuluh darah. Serta memperkuat tulang dan sistem kekebalan.

5. Kacang Mete bermanfaat dalam menambah energi tubuh

Karena kandungan karbohidrat dan air. Zinc serta zat besi. Kacang mete cocok menjadi camilan disaat anda malas memakan-makanan berat tetapi tetap mendapat asupan energi.

manfaat kacang mete

6. Mengganti jaringan tubuh yang rusak

Kandungan tembaga yang ada di dalam kacang mete bermanfaat dalam mengganti jaringan tubuh yang rusak. Memperbaiki jaringan kolagen. Serta mengurangi resiko terserang penyakit disfungsi sendi.

Kekurangan tembaga pada tubuh bisa berakibat fatal karena meningkatnya resiko osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang. Selain itu, magnesium dan kalsium yang telah disebutkan di atas. Berguna dalam menopang kesehatan tulang dan gigi.

7. mengontrol berat badan

Manfaat kacang mete bagi berat badan adalah mampu mengontrol berat badan. Kontrol ini mengurangi anda terserang resiko obesitas atau sebaliknya terlalu kurus.

Karena kandungan lemak tak jenuh di kacang mete membantu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di saluran pembuluh darah. Sehingga anda terbebas dari penyakit jantung koroner atau kardiovaskuler yang biasa diderita orang obesitas. Serta anda tidak takut terlalu kurus kekurangan lemak karena kacang mete mengandung lemak tak jenuh.

Baca Juga  Fungsi Kantung Empedu Dan Jenis Penyakit Kantung Empedu Yang Perlu Diwaspadai

8. Bermanfaat bagi tubuh dan tulang

Selain zat besi dan aktioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan tulang. Kacang mete ternyata juga mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat melindungi jaringan mata dari kerusakan dan resiko terserang penyakit katarak.

9. Membantu merawat rambut dan kulit

Manfaat terakhir kacang mete adalah membantu merawat rambut dan kesehatan kulit. Kandungan tembaga, tirosinae dan tirosin berfungsi mengubah melanin. Yaitu pigmen yang menjaga kesehatan kulit dan warna rambut. Selain itu, senyawa proanthocyanidins dalam kacang mete ternyata membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan sel-sel kanker.

Beberapa manfaat kacang mete di atas. Semakin membuktikan bahwa manfaat yang dihasilkan tidak sekecil bentuknya. Sehingga anda tidak perlu ragu menjadikan kacang mete makanan cemilan dalam menu makan anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *