manfaat semut jepang
Luar Biasa, Inilah Segudang Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan
06/12/2018
manfaat daun kelor untuk kanker
5 Rincian Kandungan Serta Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker
06/12/2018

Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Jus Nanas Untuk Kesehatan

manfaat jus nanas

Manfaat Jus Nanas – Nanas merupakan jenis buah tropis yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis dan segar sangat lezat untuk dikonsumsi, apalagi jika dibuat dalam bentuk jus.

Baca Juga  7 Manfaat Masker Alpukat untuk Kulit Wajah Lebih Cerah Alami

Ternyata nanas memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, mulai dari kesehatan pencernaan hingga kesehatan jantung. Kandungan gizi pada nanas di antaranya yaitu vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, folat, bromelain, dan serat.

khasiat jus nanas
Luar Biasa, 7 Manfaat Jus Nanas Untuk Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan

Lalu, apa sajakah manfaat jus nanas untuk kesehatan? Berikut adalah 5 manfaat jus nanas untuk kesehatan yang telah kami rangkum dari berbagai macam sumber terpecaya diantaranya:

1. KESEHATAN PENCERNAAN

Manfaat jus nanas yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengobati masalah pencernaan. Jus nanas dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang menyerang sistem pencernaan, seperti konstipasi, sembelit, atau mual.

Jus nanas dapat berperan sebagai pencahar alami untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Nanas juga mengandung serat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus.

Kandungan bromelain pada nanas berperan dalam memecah protein pada makanan agar makanan bisa dengan mudah dicerna di dalam usus.

2. MEMPERKUAT SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Nanas dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya akan bromelain. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua molekul penting pada bromelain, yaitu CCS dan CCZ. CCS berfungsi untuk mencegah penyakit kanker, sedangkan CCZ berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan sel kanker.

Kandungan bromelain pada nanas juga dipercaya bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan efek samping kemoterapi. Kandungan vitamin c pada nanas juga menjadikan nanas sebagai antioksidan alami yang bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker.

Baca Juga  Inilah 9 Manfaat Jus Jambu Merah yang Manis Seperti Kamu

3. MENGATASI RASA NYERI

Kandungan bromelain pada nanas, menjadikan jus nanas bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri pada otot. Selain itu, jus nanas juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri sendi dan meminimalisasi terjadinya pembekuan darah.

4. MEREDAKAN PERADANGAN

bahaya jus nanas

Manfaat jus nanas selanjutnya adalah meredakan peradangan. Nanas kaya akan bromelain yang bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti kanker, dan anti pengentalan darah. Kandungan bromelain ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan di kulit.

5. KESEHATAN JANTUNG

Manfaat jus nanas selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan bromelain pada nanas bermanfaat untuk memperlancar kerja jantung dan meminimalisasi terjadinya pembekuan darah. Kandungan vitamin C pada nanas juga bermaanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

6. MENCEGAH KANKER USUS

Mengonsumsi jus nanas juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus. Kandungan vitamin C pada nanas berperan sebagai antioksidan alami yang mampu melawan sel-sel kanker. Selain itu, rutin mengonsumsi jus nanas mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

Baca Juga  Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

7. MENANGKAL SAKIT AKIBAT PERUT KEMBUNG

Perut kembung biasanya ditandai dengan perut yang membesar dan terasa ada tekanan gas. Bila ini terjadi, tidak perlu bingung mengobatinya. Cukup dengan mengonsumsi jus nanas, maka gas pada pencernaan dapat diredakan. Hal ini karena nanas mengandung bromelain dan serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan dan memiliki sifat yang menenangkan untuk perut.

Nah, itu tadi beberapa manfaat jus nanas untuk kesehatan. Namun, untuk ibu hamil kandungan bromaelin berpotensi menimbulkan keguguran sehingga harus lebih berhati-hati. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *