cara mengatasi telinga kemasukan air
Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
14/06/2019
manfaat buah okra
7 Manfaat Buah Okra Untuk Kesehatan yang Tidak Disangka
15/06/2019

Kandungan dan 13 Manfaat Eceng Gondok Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat eceng gondok

Manfaat Eceng Gondok – Tahukah Anda bahwa ternyata banyak orang suka mengumpulkan eceng gondok tidak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena kemampuan mereka untuk memperbaiki masalah air hijau di kolam mereka. Eceng gondok juga merupakan salah satu tanaman favorit untuk dimasukkan dalam taman air.

Namun, selain kemampuan untuk menawarkan keindahan ke taman air Anda, eceng gondok sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang membantu memuluskan kulit, menghitamkan rambut, dan kesehatan tubuh Anda lebih bugar.

Baca Juga  Jarang yang Tahu, Ini 8 Manfaat Petai Cina Untuk Kecantikan

Di beberapa wilayah Asia, eceng gondok termasuk dalam menu. Eceng gondok direbus kemudian dimasak dengan berbagai cara. Tapi ini bukan hanya makanan. Ini bisa menjadi makanan super untuk memberi Anda banyak manfaat.

kandungan eceng gondok
Kandungan Eceng Gondok

Dan manfaat eceng gondok itu berasal dari nilai-nilai nutrisi yang ada di dalam air akuatik yang indah ini. Dalam setiap ukuran penyajian tunggal, sekitar 210 gram eceng gondok mengandung:

• Sodium 44mg

• Total karbohidrat 128g

• Protein 50g

• Vitamin A 0%

• Vitamin C 0%

• Kalsium 27%

• Zat Besi 59%

15 Manfaat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

manfaat eceng gondok untuk kesehatan

Dari nilai gizi, kita tahu bahwa mungkin ada sesuatu yang berguna dari eceng gondok yang bisa kita miliki. Nah, manfaat kesehatan dari eceng gondok berasal dari batang, daun, tangkai bunga, dan bahkan bijinya. Daftar manfaat eceng gondok untuk kesehatan ada di bawah:

1. Membuat kulit sehat

Eceng gondok bermanfaat karena memberikan manfaat kesehatan bagi kulit. Ia mampu meningkatkan cahaya dan kehalusan kulit. Saat ini, produk perawatan kulit termasuk eceng gondok dalam bahan untuk membuat kulit yang sehat dan bercahaya.

Baca Juga  3 Manfaat Kentang Untuk Wajah Yang Jarang Diketahui

2. Mengobati eksem

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang umum. Gejalanya adalah gatal, kulit kering, dan kemerahan karena peradangan. Dalam hal ini, manfaat eceng gondok efektif untuk menyembuhkan gejala dengan bertindak sebagai agen inflamasi. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan alami seperti kunyit dan tepung beras untuk mengurangi rasa gatal dan mengurangi masalah.

3. Buat sampo yang bagus

Eceng gondok ternyata mampu menggantikan sampo biasa. Anda dapat menggabungkan ekstrak eceng gondok dengan bahan alami lainnya untuk memberi Anda rambut yang berkilau dan kuat. Selain itu, itu juga memberi Anda aroma yang segar dan enak untuk rambut Anda.

Oleh karena itu, tidak ada keraguan bahwa sampo dan kondisioner menggunakan ekstrak eceng gondok untuk menambah kualitasnya. Anda juga bisa menggabungkan eceng gondok dengan minyak esensial seperti minyak almond.

Baca Juga  8 Manfaat Klorofil Mulai Dari Obati Luka Sampai Turunkan Resiko Kanker

4. Mengobati kolera

Batang umbi eceng gondok tidak hanya unik. Ia memiliki fungsi untuk mendukung kehidupannya di atas air. Selain itu, ia memiliki manfaat kesehatan eceng gondok untuk kesehatan manusia. Nah, batangnya bisa digunakan untuk mengobati kolera karena efektif menyembuhkan gejalanya. Gejala seperti mual dan muntah dapat disembuhkan dengan batang enceng gondok yang digoreng.

5. Menyembukan sakit gigi

Daun eceng gondok dikenal kuat untuk meringankan rasa sakit pada sakit gigi. Selain itu, juga bisa menjaga kesehatan gigi. Yang bisa Anda lakukan hanyalah merebus air daun eceng gondok dengan air, dan cukup minum airnya.

6. Menyembukan sakit tenggorokan

Radang tenggorokan mungkin terjadi jika tenggorokan kita meradang. Seperti yang kita ketahui, eceng gondok adalah agen anti peradangan yang kuat. Karena itu, mengonsumsi jus tanaman eceng gondok mampu meredakan sakit tenggorokan.

7. Mengobati gigitan ular

Meskipun efeknya mungkin berbeda dari spesies ular, gigitan ular harus ditangani segera dan hati-hati. Siapkan tapal daun eceng gondok untuk mengobati gigitan ular. Namun, jika kasusnya memburuk, pastikan untuk mengunjungi dokter untuk beberapa saran dan perawatan.

Baca Juga  Mau Cepat Hamil? Konsumsi 8 Buah Yang Mengandung Asam Folat

8. Mengobati PMS

PMS atau Penyakit menular Seksual adalah penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, HIV, kutil kelamin. Dalam hal ini, eceng gondok sangat efektif untuk mengobati penyakit tersebut. Hal ini karena manfaat eceng gondok bekerja sebagai agen antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi.

9. Anti inflamasi yang kuat

Orang-orang di Filipina suka menggunakan manfaat eceng gondok sebagai agen antiinflamasi. Eceng gondok dapat dimasukkan sebagai salah satu Daftar Tanaman Herbal yang Ditemukan di Filipina.

Mereka membuat jus dari eceng gondok, menggabungkannya dengan jus lemon yang kaya akan vitamin C, dan kemudian menerapkannya secara topikal ke dalam abses. Sebagai hasilnya, mengurangi peradangan, dan mengurangi abses.

10. Mengontrol kolesterol

Salah satu bagian eceng gondok yang bermanfaat adalah bijinya. BIjinya diketahui berfungsi sebagai sifat hipokolesterolemia. Properti hipokolesterol dari biji eceng gondok mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Ini harus dimasukkan dalam daftar Makanan Terbukti yang Menurunkan Tingkat Kolesterol dalam 5 Menit

11. Untuk ibu menyusui

Di Kenya, wanita menggunakan tanaman ini untuk meningkatkan laktasi. Mereka merebus eceng gondok dan mengkonsumsinya. Selain itu, wanita juga percaya bahwa bunga eceng gondok juga bermanfaat bagi wanita karena membantu menstruasi yang tidak teratur.

Baca Juga  Wahai Ibu, Ini 5 Produk Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI

12. Mempertahankan sistem saraf yang sehat

Manfaat eceng gondok mengandung beberapa nilai mineral. Salah satunya adalah magnesium. Seperti yang kita ketahui, magnesium sangat kuat untuk meningkatkan sistem saraf pusat yang sehat.

Eceng gondok mampu memaksimalkan kinerja kalsium untuk berfungsi. Kalsium juga bermanfaat untuk saraf, karena menjaga saraf tetap sehat dan meningkatkan fungsi yang tepat.

13. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat eceng gondok adalah melakukan manajemen berat badan. Eceng gondok mengandung serat makanan tinggi yang secara efektif membantu penurunan berat badan. Ini membantu Anda mengontrol berat badan dan mencegah Anda dari obesitas.

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *