manfaat vaseline lip therapy
Manfaat Vaseline Lip Therapy, Si Kecil Pink dengan Segudang Manfaat
18/09/2018
cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis
Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis yang Bisa Dicoba Dirumah
19/09/2018

6 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Yang Mesti Anda Ketahui

manfaat daun peterseli

Manfaat Daun Peterseli – Bagi sebagian ibu-ibu di rumah mungkin sudah familiar dengan daun peterseli. Tetapi ada juga yang tidak familiar. Karena daun peterseli jarang digunakan di pedesaan. Lebih terkenal di perkotaan dengan nama modern daun parsley.

Daun peterseli sekarang menjadi primadona dalam sebagai hiasan makanan atau topping tambahan. Sementara bagian lain dari daun peterseli, yaitu akar bisa diolah menjadi camilan dan tambahan sup atau semur.

Baca Juga  11 Manfaat dan Khasiat Daun Brotowali

Daun peterseli sejatinya merupakan tanaman non-asli Indonesia. Karena aslinya berasal dari daerah mediterania. Perbatasan antara eropa dengan asia. Khususnya asia barat daya di semenanjung Turki berbatasan dengan Eropa Timur dan Eropa Barat.

Disana, daun peterseli lebih banyak dijadikan hidangan samping berupa taburan di atas makanan. Khususnya taburan dan topping roti. Atau diolah menjadi camilan dan makanan-makanan kecil lainnya.

Peterseli Di Indonesia Dibudayakan Di Bogor

Di Indonesia, peterseli masih dimanfaatkan mengikuti kebiasaan daerah asalnya. Yaitu dijadikan pendamping makanan, atau diolah menjadi ramuan khusus, campuran rempah-rempah asli Indonesia. Olahan-olahan ini berguna agar pemanfaatan daun peterseli bisa dimanfaatkan sebanyak mungkin.

Peterseli di Indonesia mulai dibudidayakan di dataran tinggi seperti Bogor karena semakin banyaknya minat masyarakat mengonsumi daun peterseli di meja makan. Bahkan kreasi minuman yang diolah dari daun peterseli menjadi teh peterseli. Sangat diminati dan dijadikan teh penunjang diet kesehatan.

Karena manfaat utamanya yang bisa menurunkan berat badan hingga 8 kilogram dalam waktu seminggu saja. Selain itu, teh daun peterseli mampu merileksan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

manfaat daun peterseli

6 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Yang Mesti Anda Ketahui

Karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui manfaat daun peterseli. Berikut 6 manfaat daun peterseli yang mestinya anda ketahui:

1. Menguatkan antibodi tubuh

Ternyata manfaat daun peterseli mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. tiga vitamin ini berguna dalam pembentukan antibodi dan penopang kekebalan kesehatan tubuh jika terkena luka. Serta membantu daya penglihatan.

Sementara untuk mineral meliputi beta karoten, asam folat, antioksidan dan flavonoid. Mineral mineral tersebut membantu menguatkan mata dan kulit serta membantu memperkuat tulang.

2.Daun peterseli mengandung zat antikanker bernama apigenen

Tahukah Anda bahwa, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Missouri Amerika. Ditemukan bahwa senyawa apigenen mampu membuat perempuan terhindar dari kanker atau tumor panyudara. Setelah hormon progestoren yang berada di dalam tubuh bersenyawa dengan apigenen.

3.Daun peterseli bermanfaat membantu sistem pencernaan

Daun peterseli yang mengandung serta yang tinggi serta memiliki sifat diuretik. Sifat-sifat ini membuat pencernaan mampu bergerak dengan baik dan menjadi obat alami pencegah gangguan perut seperti gas usus dan gangguan pencernaan lainnya.

4.Daun peterseli sebagai suplemen diet sehat

Manfaat daun peterseli ternyata bisa membakar lemak. Bagi anda yang sedang melakuka diet sehat. Usahakan untuk mengonsumsi daun peterseli secara rutin.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Daun Sirsak Dirumah

5.Daun peterseli mencegah penyakit ringan dan membantu metabolisme sel-sel tubuh

Karena kandungan antioksidannya yang cukup baik. Peterseli bermanfaat menghindarikan tubuh dari penyakit ringan seperti diare, sembelit atau sakit perut. Serta melancarkan sistem kerja metabolisme sel sehingga bermanfaat untuk diet kesehatan.

6.Daun peterseli menghilangkan bau mulut

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan bau mulut yang terus menerus tergantung dengan obat kumur berbentuk cairan yang dijual di supermarket atau apotek.

Maka cobalah untuk mengonsumsi sebatang daun peterseli setiap hari. Daun ini mampu menghilangkan bau tak sedap yang dihasilkan bakteri-bakteri di mulut yang membusukkan sisa makanan.

daun petersel

Apakah Daun Peterseli Bisa Memberikan Efek Samping?

Hal-hal penting manfaat daun peterseli ini sehrusnya diketahui masyarakat. Agar penggunaan daun ini semakin meningkat dan merasakan manfaat positif dari mengonsumsi daun peterseli. Selain hal-hal positif yang didapat dari daun ini. Anda juga harus mewaspadai efek samping yang ditimbulkan daun peterseli.

Umumnya daun peterseli tidak berbahaya atau tidak menimbulkan resiko bagi masyarakat. Bagi anda yang mempunyai riwayat alergi makanan cobalah untuk berhati-hati menggunakan daun ini sebagai makanan konsumsi. Konsultasikan dengan dokter anda sebelumnya.

Selain soal alergi, daun ini juga mengandung zat miristisin dan apiol. Beberapa catatan penelitian yang dipublikasikan The Langone Medical Center dua zat tersebut berpotensi menggugurkan janin

Jadi bagi anda wanita hamil tidak disarankan mengonsumsi daun ini. Namun jika anda terpaksa mengonsumsi atau terlanjur memakannya. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda.

Baca Juga  5 Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot yang jarang Diketahui Banyak Orang

Efek samping yang ditimbulkan dari daun ini hanya dikhususkan bagi mereka yang alergi dan wanita hamil. Namun, bagi masyarakat umum yang sedang berpergian naik gunung atau mendaki bukit.

Cobalah untuk waspada dengan daun-daun liar yang warna daunnya mirip dengan daun tersebut, karena Daun ini memiliki kemiripan dengan daun racun hemlock (conium maculatum).

Jadi jangan sekali-kali memakan daun mirip dengan daun peterseli di alam liar. Apalagi jika anda tidak mempunyai kemampuan mengidentifikasi tumbuhan secara baik.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *