percakapan bahasa mandarin
Dasar-Dasar Percakapan Bahasa Mandarin dan Artinya yang Perlu Diingat
08/11/2018
bentuk pemerintahan jerman
Mengenal Sejarah Lebih Dekat, Inilah Bentuk Pemerintahan Jerman
08/11/2018

7 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Berikut Cara Pengolahannya

manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan – daun pegagan mungkin Anda masih terasa asing mendengar nama ini. Padahal daun pegagan adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh dimana saja dan kerap kali dianggap sebagai tanaman liar.

Nama lain daun pegagan di setiap daerah berbeda misalnya di daerah Cirebon dikenal dengan semanggen atau di daerah Bali dikenal dengan piduh. Walaupun memiliki nama yang berbeda namun daun pegagan ini telah digunakan sejak zaman dahulu untuk pengobatan.

Mengenali daun pegagan sangat mudah

manfaat daun pegagan

Ciri-ciri daun pegagan antara lain adalah tumbuh dengan menjalar. Beberapa jenis daun pegagan mudah ditemukan di area bebatuan kering yang terbuka. Adapula pegagan yang bisa dijumpai di daerah sawah atau di sela rumput. Karena mudahnya mendapatkan daun pegagan Anda bisa melestarikannya di rumah.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Yang Mesti Anda Ketahui

Mengapa perlu melestarikanya? Tentu saja agar Anda tidak perlu repot mencarinya di tempat lain ketika sewaktu-waktu membutuhkannya. Ada banyak kandungan berkhasiat tinggi di dalam daun pegagan ini. Manfaat daun pegagan untuk wajah, otak dan juga kesehatan bahkan kecantikan lainnya sangat dicari.

Dalam sebuah daun Anda akan mendapatkan bahan-bahan seperti anti inlfamasi, anti trombosis, analgesik, tukak lambung, hepatoprotektor, serta kandungan yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Jika Anda mengalami beberapa luka dalam tubuh atau luar maka mengobatinya dengan daun pegagan adalah cara tradisional yang cukup efektif.

manfaat daun pegagan
7 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Berikut Cara Pengolahannya

Melihat khasiat atau manfaat dari tanaman liar ini maka berikut ini pengobatan yang biasanya menggunakan manfaat daun pegegan secara tradisional. Tidak perlu keluar uang banyak bahkan dalam beberapa penyakit serius daun ini bisa menjadi pengobatannya.

1. Menghentikan Perdarahan

Adanya perdarahan pada tubuh bisa terjadi tidak hanya pada luka yang terbuka namun masalah seperti mimisan, batuk yang mengeluarkan darah dan juga muntah darah adalah salah satu efek perdarahan.

Daun pegagagn yang mempercepat penyembuhan luka bisa menyembuhkannya. Cara mengkonsumsi daun pegagan untuk masalah ini adalah dengan direbus.

Cara pengolahannya adalah dengan merebus sekitar 90 gram daun pegagan kemudian peras daun hingga terdapat sarinya. Minum dua kali sehari hingga perdarahan berhenti.

2. Mengobati Bisul

Ada banyak alasan mengapa seseorang terkena bisul salah satunya adalah karena kebanyakan angka protein di dalam tubuh. Protein hewani yang didapatkan dari telur bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bisul paling sering terjadi pada anak-anak dan akan terasa sakit. Sembuhkanlah bisul dengan daun pegagan.

Cara menggunakannya adalah dengan rebus 60 gram daun pegagan dengan 2 gelas air. Setelah hangat minum air rebusan daun. Lakukan dua kali hingga 3 kali sehari tergantung dengan kondisi bisul. Lakukan juga dengan pengobatan luar yakni haluskan daun pegagan dan tembelkan pada area yang terkena bisul.

3. Mengobati wasir

Masalah wasir karena kurangnya kandungan serat pada tubuh seringkali terjadi. Ketika wasir sudah parah maka jalan satu-satunya adalah dengan operasi. Daun pegagan bisa mengobati wasir dan membuat kandungan serat tinggi dalam tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus 5 batang tanaman pegagan lengkap hingga bagian akar. Perebusan dilakukan 5 menit dengan 2 gelas air. Minum air rebusan daun setiap dua kali dalam satu hari. Lama kelamaan wasir akan sembuh.

4. Menurunkan darah tinggi

Penyakit darah tinggi kini bisa terjadi pada siapa saja tidak hanya pada orang dewasa saja. Darah tinggi muncul bisa karena keturunan atau karena pola makan yang salah. Banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan darah tinggi. Padahal manfaat daun pegagan yang sering terlawatkan ini bisa menurunkan dengan cepat.

Baca Juga  13 Khasiat Buah Pir yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh

Jika ingin menggunakan daun pegagan maka rebus 20 lembar daun dengan 3 gelas air. Rebuslah hingga air berkurang sampai hampir setengahnya. Air rebusan daun wajib diminium 3 kali sehari.

5. Mengobati campak

Penyakit campak datang pada orang yang belum divaksin. Dahulu campak adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Terbukti untuk mengobati campak daun pegagan sering digunakan. Dosis yang diberikan pun cukup tinggi. Anda perlu merebus 120 gram daun pegagan kemudian minu airnya setiap tiga kali sehari sampai penyakit campak hilang.

6. Mengobati mata merah

Mata iritasi akan menyebabkan mata merah. Jika tidak segera diobati maka akan sangat berbahaya dan menimbulkan infeksi mata. Sebelum hal itu terjadi seghera obati dengan daun pegagan. Karena sifat anti inflamasinya daun pegagan dapat mengobati mata merah dan juga mata yang bengkak.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dan Untuk Kesehatan Tubuh

Cara mengobatinya adalah dengan mengubah daun pegagan menjadi obat tetes mata. Haluskan daun pegagan sebanyak yang dibutuhkan yang telah dicuci bersih. Kemudian peras hingga tersisa sarinya.

Gunakan sari tersebut sebagai obat tetes mata setiap 3 hingga 4 kali sehari hingga mata bengkak atau mata merah berangsur pulih.

7. Mengobati demam

Ketika anak sedang demam maka para orang tua akan menggunakan segala cara untuk menurunkan panasnya. Panas yang tidak kunjung reda akan sangat berbahaya karena dapat menyerang saraf di otak. Salah satu manfaat daun pegagan yang lainnya adalah menurunkan demam dan sangat efektif digunakan sejak zaman dahulu.

Untuk menggunakannya Anda bisa mengumpulkan satu gengam daun pegagan. Haluskan dengan cara ditumbuk, tambahkan air dan juga garam baru disaring. Minumkan air tersebut pada penderita demam di pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Perawatan Kulit

Cara pengobatan menggunakn daun pegagan di atas adalah cara alternatif yang tradisional atau herbal. Jika penyakit yang diderita tidak kunjung sembuh lebih dari satu atau dua minggu sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *