cara menghilangkan kulit belang
Jangan Malu, Inilah 5 Cara Menghilangkan Kulit Belang Dirumah
01/02/2019
penyebab keringat berlebih
Waspadai 2 Penyebab Keringat Berlebih Ini Tanda Penyakit
01/02/2019

Lupakan Rasa Pahit, Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

manfaat daun mengkudu

Manfaat Daun Mengkudu – Siapa yang tak mengenal mengkudu? Anda pastinya mengenal mengkudu sebagai jamu atau bahan-bahan alternatif bagi beberapa penyembuhan penyakit. Mengkudu juga bisa menjadi suplemen bagi kesehatan.

Selain itu beberapa suplemen juga tersedia dalam bentuk kapsul. Tetapi yang kita bicarakan di atas adalah buah mengkudu. Khasiat dan manfaat buah mengkudu memang banyak telah digunakan dalam berbagai bahan herbal dan pengobatan alternatif. Lalu bagaimana dengan daun mengkudu?

Baca Juga  Selain Dijadikan Bahan Makanan, Ini 3 Manfaat Daun Seledri

Ternyata daun mengkudu juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bagi anda yang mempunyai tanaman mengkudu di halaman rumah anda. Anda tidak hanya bisa memanfaatkan buahnya saja untuk dikonsumsi atau untuk obat-obatan. Karena ternyata daun mengkudu juga bisa digunakan sebagai suplemen kesehatan dan berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Lalu bagaimana jika tidak mempunyai tanaman mengkudu di rumah? Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional. Di pasar tradisiona, anda bisa membeli buah mengkudu dan juga daun-daun mengkudunya sekalian. Bagaimana dengan di supermarket atau pasar modern? Di pasar modern biasnaya buah mengkudu hanya dijual buahnya saja dalam bentuk paket yang praktis.

khasiat daun mengkudu

Lupakan Rasa Pahit, Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan

Ketimbang membeli dalam bentuk mentah. Anda bisa membeli suplemen buah mengkudu atau daun mengkudu di toko obat herbal. Atau di apotek-apotek juga biasanya memiliki obat herbal berbahan dasar buah atau daun mengkudu dan ternyata daun mengkudu memiliki berbagai macam manfaat, lalu apa sajakah manfaat daun mengkudu?

1. Berkhasiat dalam menangkal kanker

Nah, Anda mesti tahu apa itu kanker kan? Kanker sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel tubuh yang di luar normal atau di luar kontrol. Penyebab pertumbuhan sel-sel abnormal ini biasanya disebabkan karena pola makan, gaya hidup atau mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Nah, daun mengkudu bermanfaat dalam mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker.

Baca Juga  7 Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Caranya sangat mudah yaitu dengan memanfaat daun mengkudu yang direbus Kemudian air hasil rebusan daun mengkudu bisa didinginkan dan kemudian diminum secara rutin. Dengan rutin mengonsumi air rebusan daun mengkudu. Maka, anda bisa mencegah dan mengobati sel-sel kanker secara perlahan-lahan.

2. Mengurangi nyeri karena radang

Bisa jadi karena radang panas dalam, radang di luar seperti efek jerawat dan kutil. Hal ini karena manfaat daun mengkudu mempunyai senyawa anti-inflamasi yang berguna dalam mencegah rasa nyeri akibat radang. Cara pencegahannya zat anti-infamasi mencegah prostaglandin yang menyebabkan tubuh merasakan nyeri.

Untuk pemakai luar pada radang karena jerawat, kutil atau perlukaan pada kulit. Daun mengkudu cukup ditempelkan setelah sebelumnya ditumbuk beberapa kali. Ulangi langkah ini beberapa kali dalam seminggu. Maka peradangan bisa sembuh dengan perlahan-lahan.

kandungan daun mengkudu

3. Membantu proses diet

Jika Anda sedang menjalani proses diet. Salah satunya program penurunan berat badan. Maka manfaat daun mengkudu bisa menjadi salah satu suplemen alternatif. Khasiat daun mengkudu dalam membantu program diet penurunan berat badan adalah mencegah penumpukan trigliserida dalam lemak.

Sehingga mencegah lemak anda menumpuk yang menyebabkan berat badan meninggi. Cukup mengonsumi daun mengkudu sehari sekali. Maka bermanfaat dalam mencegah gendutnya tubuh anda. Akan tetapi ingat, penggunan daun mengkudu dalam jangka panjang harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Membantu proses pelancaran darah

Darah yang tidak lancar bisa menyebabkan berbagai penyakit. Nah, daun mengkudu membantu proses pelancaran darah agar tidak ada lagi yang tersumbat. Anda bisa mengonsumsi daun mengkudu cukup sekali sehari saja.

Baca Juga  Ini Dia Golongan Darah Langka di Dunia dan Karakteristiknya

5. Membantu proses pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Karena manfaat daun kudu dapat melancarkan aliran darah sehinga daun mengkudu juga bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun mengkudu kemudian juga disertai makan makanan yang bergizi. Terutama sayur sayuran dan buah-buahan.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *