cara membuat cuka apel
Tak Perlu Beli, Ini 8 Cara Membuat Cuka Apel Di Rumah
12/04/2019
buah naga untuk ibu hamil
Ciri Khas, dan 4 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
13/04/2019

4 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

manfaat daun insulin

Manfaat Daun Insulin – Apakah anda mengenal apa itu daun insulin? Apakah nama insulin sangat familiar dengan wawasan anda? Nah, kebanyakan orang akan langsung teringat nama insulin dengan sebuah hormon atau zat yang diproduksi oleh organ tubuh bernama pankreas yaitu hormon insulin.

Hormon insulin ini terkenal karena perannya yang sangat vital dalam mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Hormon insulin di produksi pankreas karena berguna menurunkan kadar gula dalam tubuh manusia setelah manusia makan.

Penyakit Diabetes Perlu Diinjeksi Insulin

manfaat insulin

Normalnya manusia akan mengalami kenaikan gula darah setengah jam setelah makan. Maka kemudian hormon insulin akan berguna dalam menurunkan kadar gula agar tidak terjadi kelebihan. jika kelebihan kadar gula di luar batas maka disebut dengan diabetes.

Diabates sendiri merupakan salah satu keadaan tubuh gagal memproduksi hormon insulin. Kegagalan ini menciptakan tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh. Sehingga penderita diabetes perlu diinjeksi hormon insulin buatan dari rumah sakit atau obat-obatan sejenis.

Akan tetapi manfaat daun insulin ini jelas saja berbeda dengan hormon insulin yang diterangkan di atas. Jika hormon insulin yang diproduksi pankreas berguna dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Maka daun insulin sendiri mempunyai manfaat dan kegunaan yang berbeda. Secara spesifik, hormon insulin sendiri berbentuk senyawa hormon. Sementara daun insulin berbentuk daun seperti tumbuhan pada umumnya, jadi sangat jauh berbeda.

Daun insulin sendiri awalnya dikenal sebagai tanaman hias di daerah aslinya di Amerika Tengah seperti Mexico dan Brazil. Tetapi kemudian digunakan sebagai tanamanan herbal dan dibudidayakan secara terbuka dan luas. Di Indonesia ada beberapa daerah yang secara luas membudidayakan daun insulin yaitu di Dataran Tinggi Wonosobo dan Daerah Bandung.

Ciri Khas Daun Insulin

Secara fisik daun insulin tidak jauh berbeda dengan daun bunga matahari karena masih sama sama satu keluarga Asteraceae (bunga matahari), memiliki bunga berwarna kuning tetapi tidak sebesar bunga matahrari serta biasa disebut dengan mexican sunflower.

Karena keindahan bunganya yang mirip bunga matahari ini, seringkali daun insulin dijadikan tanaman hias. Sementara daun insulin sendiri lebih dikenal dengan nama latin Samllathus sonchifolius.

manfaat daun insulin
4 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Daun insulin banyak dimanfaatkan sebagai herbal karena kandungan probiotik, mengandung antioksidan, antimikroba, antidiabetik dan mengandung fruktorsa yang berguna dalam mencegah kenaikan kadar gula dalam darah.

Bentuk sediaan daun insulin sendiri berbentuk ekstrak yang banyak dijual di toko-toko obat atau pasar tradisional dan modern. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat daun insulin untuk kesehatan manusia bisa disimak penjelasan di bawah ini:

Baca Juga  11 Manfaat Sarang Semut untuk Obat dan Menjaga Kesehatan

1. Mencegah diabates

Pertama, manfaat daun insulin adalah untuk mencegah diabates. Mungkin karena takdir kesamaan nama dengan hormon insulin pengontrol gula darah penyebab diabetes. Daun insulin juga mempunyai manfaat dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Hal ini disebabkan daun insulin mempunyai senyawa aloksa yang merangsang produksi hormon insulin sehingga bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Otomatis mencegah terjadinya diabates. Penggunaan daun insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah tidak boleh dalam jangka panjang karena dapat memperberat kinerja ginjal.

2. Mencegah masuknya radikal bebas

Kedua, manfaat daun insulin selanjutnya adalah mencegah masuknya radikal bebas penyebab berbagai penyakit di dalam tubuh. Atau biasanya disebut dengan zat antioksidan.

Hal ini karena daun insulin mempunyai kandungan tanin, alkaloid, glikosida, flavonoid dan saponin. Seluruh senyawa ini mampu menghadang masuknya radikal bebas penyebab berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol jahat LDL

Ketiga, manfaat dan kegunaan daun insulin bagi kesehatan adalah menurunkan kolesterol jahat LDL, trigliserida dan serum kolesterol. Dimana ketiga hal ini terjadi jika kondisi kolesterol di dalam darah cukup tinggi karena adanya zat lipoprotein yang diikat oleh darah.

Sehingga membahayakan tubuh dan bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler. Dengan membantu menurunkan kolesterol jahat, maka daun insulin juga bermanfaat dalam menurunkan stroke, jantung koroner dan arter koroner. Dimana keseluruhannya banyak disebabkan penyumbatan pada saluran pembuluh darah.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah Segudang Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

4. Mampu merawat sistem pencernaan

Keempat, manfaat daun insulin bagi kesehatan adalah mampu merawat sistem pencernaan dan menurunkan tekanan darah pada tubuh. Hal ini karena daun insulin mengandung probiotik mirip bakteri dalam yoghurt yang membantu merawat usus dan saluran pencernaan.

Menjaga usus bisa menyerap vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, daun insulin juga diklaim bisa menurunkan tekanan darah hingga 5%.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *