manfaat bengkoang untuk wajah
Kulit Makin Cantik dan Bersinar, Ini 4 Manfaat Bengkoang Untuk Wajah
06/12/2018
cara menghilangkan bruntusan
Lupakan Obat, Ini 15 Cara Menghilangkan Bruntusan Tanpa Efek Samping
07/12/2018

Banyak yang Tidak Tahu, Ini 10 Manfaat Belerang Bagi Kehidupan

manfaat belerang

Manfaat Belerang – Belerang merupakan bahan kimia yang didapat dari sumber tambang, gunung berapi atau penambangan terbuka. Belerang sendiri sering ditemukan di sepanjang lereng gunung-gunung berapi.

Jika anda pernah berkunjung ke Bromo, Tengger atau Semeru. Penambang-penambang belerang sering ditemukan disana. Penambang tradisional ini seringkali menambang menggunakan cara-cara tradisional yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga  7 Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Sementara kini, anda yang tinggal di perkotaan. Jika anda membutuhkan belerang. Anda tinggal membeli di toko bangunan saja. Karena belerang produksi dari pabrik dan telah dikemas secara modern, sehingga anda tidak perlu susah payah mencari di pertambangan atau pegunungan.

manfaat belerang
Ciri Ciri Belerang yang Perlu Diketahui

Belerang termasuk bahan kimia yang bersifat korosif, sehingga disarankan untuk tidak memakannya. Berikut ciri-ciri belerang jika anda menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari: belerang jika dibakar akan berwarna biru karena membentuk senyawa sulfat dioksida. Senyawa ini sangat tidak baik untuk pernafasan. Jadi berhati-hati ketika membakar belerang di lingkungan anda. Karena selain itu, pembakaran belerang juga akan membuat bau menyengat menyebar kemana-mana.

Selain itu, belerang berbentuk serbuk bisa cair dalam air dibandingkan belerang yang berbentuk kristal atau bongkahan. Bentuk belerang bongkahan biasanya diambil dari daerah gunung. Sementara dari pabrik biasanya berbentuk serbuk. Selain itu, belerang biasanya juga terkandung dalam sumber air panas. Jika anda sering-sering mengunjungi sumber air panas. Anda bisa merasakan bau menyengat belerang.

Nah, belerang yang terkandung dalam sumber air panas biasanya sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit kulit dan menjadi nutrisi bagi kulit anda. Iulah mengapa beberapa produk pengobatan kulit mengandung belerang. Karena belerang berkhasiat untuk kulit, kesehatan dan juga kecantikan.

Belerang sendiri, selain dikenal sebagai obat kulit. Juga mempunyai beragam manfaat yang sepertinya jarang anda ketahui. Termasuk kegunaan belerang pada pabrik-pabrik industri, industri alat berat dan industri pengaspalan. Bagi mereka yang sering berinteraksi dengan sektor-sektor tersebut.

Banyak yang Tidak Tahu, Ini 10 Manfaat Belerang Bagi Kehidupan

ciri ciri belerang
Ternyata belerang sendiri juga mempunyai manfaat yang lebih luas. Jadi tidak hanya untuk obat kulit semata. Berikut beberapa manfaat belerang yang bisa anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari:

1.Belerang bermanfaat dalam menjernihkan air

Jika anda biasanya menjernihkan air dengan bahan kimia bernama tawas. Maka, belerang juga bisa menjernihkan air keruh. Cara ini biasanya dilakukan pada daerah-daerah tandus yang airnya seringkali keruh karena terkena polusi atau karena sifat air tanahnya memang dari sana keruh.

Baca Juga  Cara Membuat Infused Water Dari Campuran 11 Bahan Alami Dirumah

elerang yang dipakai biasanya berbentuk serbuk dan bukan kristal. Satu hal yang mesti anda ingat. Belerang tidak boleh dimakan. Jadi pastikan air yang anda jernihkan hanya untuk mandi. Jika digunaka untuk air minum, usahakn dimasak terlebih dahulu.

2.Belerang bermanfaat dalam proses produksi baja

Proses produksi baja biasanya membutuhkan panas yang tinggi. Nah, belerang bisa memberikan daya maksimal baja untuk dipanaskan pada suhu tertinggi. Selain itu, belerang juga memudahkan baja untuk dibentuk. Hal ini karena sifat belerang yang biasa berada dalam lingkungan panas ketika berada di gunung berapi.

3. Sebagai campuran pembuatan korek api

Belerang biasa menjadi campuran pembuatan korek api batang, karena kandungan belerang yang mempunyai senyawa asam sulfat sehingga memudahkan timbulnya api.

4.Selain itu, belerang juga menjadi campuran pupuk

Tentu saja pupuk kimia. Jika anda sering membeli pupuk kimia yang berbentuk bundar atau seperti pil itu. Terasa bau menyengat. Berarti pupuk yang anda beli mengandung campuran belerang. Belerangnya sendiri sebelumnya diekstrak dalam bentuk fosfat atau amonium sulfat. Tapi sifat asal dan baunya masih tetap terasa. Kelebihan belerang untuk tanah karena mengandung berbagi vitamin dan mineral untuk pertanian.

5.Belerang juga sering menjadi campuran pembuatan aspal

Hal ini dilakukan karena belerang membuat aspal mengikat kuat, elastis, artinya mudah dilalui oleh kendaraan dan memperkuat kualitas aspal. Karena kelebihan-kelebihan inilah pembuatan aspal selalu melibatkan belerang.

6. Campuran pewarna baju tekstil

Belerang juga bermanfaat dalam campuran pewarna baju tekstil, kertas dan serat-serat benda tertentu. Tentu saja belerang yang digunakan telah berbentuk asam sulfat yang berwarna kuning cerah dan berbau menyengat.

7.Belerang yang menjadi sumber utama pembuatan asam sulfat

Karena asam sulfat menjadi bahan kimia utama dalam produksi industri kimia, pabrik tekstil, bahan peledak, serta laboratorium pendidikan. Di lab-lab sekolah anda. Anda bisa menemukan asam sulfat. Tetapi anda harus sangat berhati-hati.

Baca Juga  Waspada, 6 Penyebab Trombosit Turun yang Harus Dihindari

Asam sulfat ini bersifat sangat korosif. Mampu melubangi baju, melukai tangan dan bahkan melubangi aluminium. Oleh karena sifat korosif nya asam sulfat selalu menjadi campuran bahan-bahan peledak. Tetapi juga mempunyai sifat baik dalam industri baju.

8.Belerang juga bermanfaat dalam pembuatan pestisida pertanian.

Pestisida ini biasanya berbentuk cairan yang bisa disemprotkan. Belerang bermanfaat dalam mengusir hama, mencegah penyakit pada tanman serta dapat menyuburkan tanah.

9. Sebagai campuran bahan kosmetik

Belerang bermanfaat dalam campuran kosmetik yang biasanya berguna untuk menangkal virus, kuman, terutama kuman anti jerawat. Bahan kosmetik anti panu, kudis, kurap dan beberapa obat kosmetik lain yang mengandung zat keratolitik.

Biasanya jika anda melihat kosmetik ada campuran keratolitik. Maka dipastikan itu dari belerang. Kosmetik-kosmetik khusus untuk kulit bahkan memberi campurna belerang untuk sekaligus menangkal bakteri dan kuman.

10.Belerang juga bermanfaat dalam pengobatan luka

Manfaat belerang bisa mengatasi penyakit seperti ambeian, luka bakar, luka infeksi di luar, luka gudik dan gatal-gatal. Pengobatan untuk penyakit-penyakit tertentu ini harus melalui prosedur khusus. Atau dibawah tindakan dan arahan dokter. Sementara untuk kasus penyakit-penyakit ringan seperti panu, kulit gatal, atau jamuran. Anda bisa membeli obat-obatan bebas yang mudah ditemui.

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *