Macam Macam Jerawat dan Cara Menanganinya
23/08/2018
hidung tersumbat
Cara Meredakan Hidung Tersumbat Secara Efektif
24/08/2018

6 Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

penyebab jerawat

Makanan Yang Menyebabkan Jerawat – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan oleh banyak orang, wanita maupun pria dan terutama kaum muda yang masih pada masa puber. Ada banyak hal pemicu tumbuhnya jerawat :

Jarang Cuci Muka

Ketika kita melakukan banyak aktifitas, maka kulit kita akan mengeluarkan keringat, terlebih jika beraktifitas diluar ruangan, polusi atau abu menyerap dnegan mudah di kulit kita terutama pada bagian wajah.

Jika jarang mencuci muka, maka bakteri akan menumpuk dan menutupi pori-pori, dan memicu tumbuhnya jerawat.

Produk Make Up dan Pembersih Wajah Tidak Cocok

Hal ini salah satu pemicu tumbuhnya jerawat, saat ini ada ratusan jenis produk kecantikan yang beredar dipasaran, untuk orang lain mungkin cocok tetapi untuk jenis kulit kita belum tentu cocok, jadi tetaplah selektif memilih produk yang cocok untuk jenis kulit anda kalau ingin terhindar dari jerawat.

Memencet Jerawat

Kadang memang tidak sabaran melihat jerawat yang tumbuh diwajah, apalagi jika sudah bernanah. Tetapi memencet jerawat bukan solusi, tangan kita belum tentu steril, dan kita juga tidak tahu bakteri apa saja yang menempel ditangan kita.

Memencet jerawat dengan tangan yang tidak steril itu memperburuk keadaan, kulit yang sudah ditumbuhi jerawat karena akibatnya bisa terinfeksi, dan salah satu penyebab bopeng adalah kebiasaan dari memencet jerawat.

makanan yang menyebabkan jerawat

Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

Ternyata makanan juga sangat berpotensi menjadi penyebab munculnya jerawat, terutama makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi.
Berikut ini akan kita bahas 6 jenis makanan yang menyebabkan jerawat:

1. Susu

Susu memang punya banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga menjadi menyebab tumbuhnya jerawat terlebih untuk susu sapi.

Baca Juga  21 Khasiat Temu Putih yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Mengonsumsi susu bisa meningkatkan testosteron pada tubuh yang sehingga kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Penyumbatan minyak pada pori-pori, itulah yang mengakibatkan jerawat.

2. Coklat

Coklat sebagai pemicu tumbuhnya jerawat cuku menjadi perdebatan, sebagian orang berpendapat bahwa mengonsumsi coklat mempunyai efek rasa senang dan nyaman, tentu saja bukan sebagai pemicu tumbuhnya jerawat, karena jerawat biasa tumbuh karena suasana hati yang tidak baik atau stress.

Namun ternyata ada kandungan dari coklat yang bisa menjadi pemicu jerawat, terlebih jika bukan coklat murni, yaitu kandungan gula dan kandungan lemak sangat berpotensi sebagai pemicu tumbuhnya jerawat.

3. Makanan Gorengan

Untuk kesehatan kulit, gorengan adalah salah satu yang paling penting dihindari. Karena kandungan lemak pada gorengan sangat tinggi. Kandungan lemak tinggi membuat kulit memproduksi lebih banyak minya menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.

kopi

4. Kopi

Kopi mengandung cafein, dan sisi positifnya membuat kita lebih fokus. Ternyata, cafein mengubah hormon pada tubuh, terlebih untuk mereka yang sudah punya kebiasaan minum kopi. Dengan mengonsumsi kopi, kulit memproduksi lebih banyak minyak.

5. Mie Instan

Mie instan bagi sebagian orang adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dari hidup. Jika kamu termasuk, kurangilah karena menjadi pemicu jerawat paling buruk. Bahan pengawet yang ada pada mie instan, tentu mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Lemak jenuh yang tingggi juga tentu membuat kulit memproduksi jumlah minyak yang banyak, makanan pemicu jerawat yang paling wajib dihindari.

6. Permen/Ice Cream

Bagi wanita ini cukup sulit dihindari, terutama ice cream. Kandungan gula yang tinggi pada permen dan ice cream menjadi pemicu jerawat.

Sekian untuk 6 jenis makanan yang menyebabkan jerawat, dan jika ternyata 6 jenis makanan penyebab jerawat diatas adalah makanan atau minuman yang tidak bisa anda hindari, ada baiknya porsinya dikurangi perlahan-lahan.

Baca Juga  Kenali 4 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat

Karena kulit bebas jerawat itu butuh perjuangan, salah satunya dengan menjaga pola makan.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *