khasiat buah mengkudu
28 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh
21/02/2019
penyebab bau ketiak
Jangan Malu, Ini 11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami
21/02/2019

Lupakan Obat, Ini 18 Daftar Makanan Penggemuk Badan yang Sehat

makanan penggemuk badan

Makanan Penggemuk Badan – Bagi kebanyakan orang, menggemukkan atau menambah berat badan sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan kaya lemak atau pun junk food. Namun, tentu saja cara yang seperti itu adalah cara yang tidak sehat.

Selain itu banyak orang yang mencoba berbagai macam obat obatan yang menurut iklan dapat menggemukan badan dengan cara instan, akan tetapi mengkonsumsi obat obatan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga  Selain Dijadikan Bahan Makanan, Ini 3 Manfaat Daun Seledri

Dan sebagian orang yang mengonsumsi makanan penggemuk badan tidak sehat untuk menambah berat badan hanya akan lebih banyak memberi efek negatif, seperti penyempitan pembuluh darah karena kolesterol atau pelipatan kulit karena lemak.

makanan penggemuk badan yang sehat
Lupakan Obat, Ini 18 Daftar Makanan Penggemuk Badan yang Sehat

Sehingga dengan memilih makanan yang tepat dapat menggemukkan badan adalah dengan melihat jumlah kalori di dalamnya. Nah, konsumsi makanan penggemuk badan berikut untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh ideal secara sehat.

1. Daging merah, sebanyak 220 kalori/100 gr.

Daging yang diolah akan memiliki jumlah kalori lebih banyak, seperti rendang yang mengandung 370 kalori 100 gr.

2. Daging ayam, sebanyak 192 hingga 488 kalori/100 gr.

Terhitung rentang karena pada setiap bagian daging ayam memiliki jumlah kalori yang berbeda. Misalnya pada 100 gram kulit ayam terdapat 349 kalori dan 100 gram dada terdapat 192 kalori.

Baca Juga  Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Daging ayam yang diolah juga akan memiliki kalori yang lebih banyak, seperti sate yang memiliki 466 kalori per 100 gram atau ayam panggang yang memiliki 428 kalori dalam 100 gram.

Ada juga ayam tepung bagian pada yang memiliki kalori sebesar 63,6 kal setiap 50 gram, dan ayam tepung bagian sayam sebanyak 194,5 kal per 150 gram.

3. Ikan salmon, sebanyak 146 kalori/100 gr.

4. Daging babi, sebanyak 541 kalori/100 gr.

5. Lemak dan jeroan daging, sebanyak 1.541 kalori/100 gr.

6. Pisang, sebanyak 100 kalori/100gr.

Ini juga bergantung pada jenis pisang. Sama dalam ukuran 100 gram, pisang raja(100 kalori) memiliki lebih banyak kalori ketimbang pisang ambon(74,2 kalori).

Baca Juga  Ingin Kulit Wajah Cerah dan Sehat? Masker Pepaya Solusinya

7. Buah pepaya, sebanyak 46 kalori/100 gr.

8. Buah mangga, sebanyak 72 kalori/100 gr.

9. Alpukat, sebanyak 85 kalori/100 gr.

10. Susu sapi, sebanyak 54 kalori/15 gram.

11. Selai kacang, sebanyak 1.228/gr.

12. Roti gandum, sebanyak 149 kalori/lembar

13. Kentang.

Jumlah kalori dalam kentang akan bergantung cara pengolahannya. Misalnya dalam 100 gram kentang, akan mengandung 83 kalori jika direbus, 140,7 kalori jika digoreng, dan 246 kalori jika dibuat perkedel.

14. Sereal, sebanyak 229 kalori setiap mangkuk porsi.

15. Sayur bayam, sebanyak 36 kalori/50 gr.

16. Sayur acar kuning, sebanyak 53 kalori/75 gr.

17. Telur ayam.

Dalam 60 gram telur akan mengandung 97 kalori jika direbus dan akan mengandung 40 kalori jika digoreng ceplok.

18. Olahan nasi.

Dalam 200 gram nasi akan mengandung sebanyak 506 kalori jika dijadikan nasi uduk, akan jadi 176 kalori jika dijadikan nasi tim, dan akan menjadi 534 kalori jika dijadikan nasi goreng.

Daftar Makananan Penggemuk Badan Dalam Penyajian Lengkap

Selain makanan yang bisa dikonsumsi secara tunggal, ada beberapa makanan dalam penyajian lengkap yang memiliki kalori tinggi. Beberapa makanan penggemuk badan yang disajikan lenkap adalah:

1. Nasi Padang

Di dalam nasi padang terdapat nasi, telur, daging, dan tentu saja minyak.

Baca Juga  4 Daftar Makanan Sehat Untuk Diet Golongan Darah O

2. Roti isi

Roti tawar biasa maupun roti gandum memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Akan lebih tinggi lagi apabila ditambahkan dengan selai kacang.

3. Nasi goreng daging.

daftar makanan penggemuk badan

Berapakan Kebutuhan Kalori Manusia?

Porsi makanan yang dikonsumsi harus tidak kurang dari kebutuhan harian. Oleh karena itu, kita harus mengetahui kebutuhan kalori tiap harinya.

Kebutuhan kalori setiap manusia sebenarnya berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan usia atau tingkat kepadatan aktivitasnya.

Misalnya, untuk perempuan berusia 19 hingga 30 tahun yang memiliki aktivitas cukup akan membutuhkan kalori 200 hingga 2200 kalori setiap harinya. Sementara yang lebih aktif, akan membutuhkan hingga 2400 kalori.

Untuk laki-laki yang berusia 19 hingga 30 tahun, akan membutuhkan kalori sebanyak 2600 hingga 2800 kalori jika aktif. Sedangkan untuk yang lebih aktif, akan membutuhkan 3000 kalori setiap harinya.

Baca Juga  Lupakan Obat-Obatan, Ini 10 Makanan Pencegah Kanker Secara Alami

Nah, itu tadi adalah beberapa makanan yang dapat menambah berat badan. Yang perlu diingat adalah jangan semata-mata menumpuk lemak di dalam tubuh.  Kita juga harus rajin berolahraga supaya kulit tetap kencang dan tidak berlipat. Metabolisme juga harus diperhatikan.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *