cara menghilangkan plak pada gigi
Ini Dia Penyebab dan 4 Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi
21/03/2019
penyebab ketombe
7 Faktor Penyebab Ketombe, Salah Satunya Akibat Stres
21/03/2019

Bunda, Ketahui 6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi

makanan penambah berat badan bayi

Makanan Penambah Berat Badan Bayi – Setiap orangtua pastinya akan khawatir saat mengetahui bayi mereka memiliki berat badan rendah atau di bawah rata – rata berat ideal. Berat badan bayi biasanya akan turun pada hari – hari awal setelah lahir, namun berat badan bayi bisa kembali normal setelah 10 – 12 hari.

Secara umum, berat badan bayi dipengaruhi faktor genetik, jenis kelamin, kondisi kesehatan saat bayi lahir, nutrisi yang dikonsumsi selama mengandung, serta kesehatan ibu selama kehamilan.

Baca Juga  Lupakan Obat, Ini 18 Daftar Makanan Penggemuk Badan yang Sehat

Normalnya berat badan bayi yag baru lahir sekitar 2,5 kg – 4,5 kg. Jika saat lahir berat badan bayi Anda berada di kisaran bawah normal, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menambah berat badan bayi dengan makanan penambah berat badan bayi.

Berapakah Berat Badan Bayi yang Ideal?

berat badan bayi ideal

Tentunya Anda perlu mengetahui berapa berat badan bayi yang ideal agar Anda bisa mengontrol berat badan bayi Anda. Dilansir dari situs panduanbpjs.com, berat badan ideal bayi yang baru lahir hingga berusia 12 bulan yaitu:

• Bayi berusia 0 – 3 bulan berat badan idealnya 2,7 kg – 5,7 kg

• Bayi berusia 4 – 6 bulan berat badan idealnya 5,0 kg – 7,4 kg

• Bayi berusia 7 – 9 bulan berat badan idealnya 8,0 kg – 8,9 kg

• Bayi berusia 10 – 12 bulan berat badan idealnya 9,3 kg – 9,9 kg

makanan penambah berat badan bayi yang sehat

Bunda, Ketahui 6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Bagaimana jika bayi Bunda memiliki berat badan yang kurang atau rendah? Simak makanan penambah berat badan bayi yang bisa membantu menaikkan berat badan bayi berikut ini.

Baca Juga  Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat dan Tepat

1. ASI

ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan penambah berat badan bayi yang paling efektif meningkatkan berat badan pada bayi, terutama untuk bayi baru lahir hingga bayi berusia 6 bulan. Karena bayi di bawah usia 6 bulan memiliki pencernaan yang belum sempurna sehingga makanan yang mudah dicerna adalah ASI.

Di dalam ASI terkandung gizi lengkap yang dibutuhkan oleh bayi. Kualitas ASI bisa ditingkatkan dengan asupan makanan bergizi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

2. Keju

Keju mengandung protein, kalsium, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, fosfor dan juga selenium. Kandungan gizi tersebut membuat keju menjadi makanan penambah berat badan bayi untuk bayi yang berusia 8 bulan. Namun, jika bayi Anda memiliki alergi terhadap keju dan sejenisnya, Anda harus mengonsultasikannya dulu kepada dokter anak.

3. Telur

Bayi membutuhkan banyak asupan protein untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu makanan yang mengandung protein hewani adalah telur. Protein hewani mengandung lebih banyak asam amino dibandingkan protein nabati.

Bayi bisa diberikan telur saat usianya telah 10 bulan. Anda bisa memberikan kuning telur lebih dulu, sementara putih telur bisa Anda berikan saat bayi berusia 1 tahun.

Baca Juga  Makanan Penambah HB Atau Hemoglobin yang Bisa Anda Konsumsi

4. Ayam

Selain telur, daging ayam juga merupakan sumber protein hewani. Dalam daging ayam terdapat nutrisi magnesium, fosfor, niacin, vitamin B6, vitamin B12. Makanan penambah berat badan bayi ini bisa diberikan saat bayi menginjak usia 8 bulan.

5. Margarin dan Mentega

Margarin dan mentega mengandung vitamin A, B1, dan D serta protein yang bermanfaat untuk membantu menambah berat badan bayi. Agar vitamin pada kedua makanan ini tidak rusak, jangan dipanaskan. Anda cukup menambahkan satu sendok teh margarin atau mentega pada makanan bayi setelah selesai dimasak.

Baca Juga  Pusing BB Bayi Kurang? Berikan 5 Susu Penambah Berat Badan Bayi Ini

6. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh atau lemak baik yang bermanfaat untuk menambah berat badan bayi. Selain itu, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan serat. Anda bisa memberikan alpukat saat bayi berusia 6 bulan sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *