perbedaan waktu indonesia dan jerman
Berapakah Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman?
19/03/2019
belajar bahasa jerman
6 Catatan Penting Sebelum Belajar Bahasa Jerman Agar Sukses
20/03/2019

Ini Daftar Terbaru Lowongan Kerja Perawat di Jerman dan FSJ

lowongan kerja perawat

Lowongan Kerja Perawat – Kemajuan Jerman di berbagai bidang telah menarik banyak orang untuk bekerja di negara tersebut. Apalagi bagi masyarakat Indonesia, mata uang Euro yang digunakan oleh negara penghasil buku paling banyak di dunia ini, menjadi keistimewaan tambahan.

Lagi pula, negara Jerman memang negara yang kerap membutuhkan tenaga kerja dari luar negeri. Salah satu bidang tenaga kerja yang banyak dibutuhkan Jerman dalam jumlah besar adalah tenaga kerja di bidang keperawatan.

Baca Juga  Selain Terkenal Dengan Bir, Ini 7 Fakta Jerman yang Lainnya

Dikabarkan pada tahun 2018 yang lalu, Jerman membuka lowongan kerja perawat hingga 15 ribu. Tenaga kerja keperawatan yang dimaksud meliputi keperawatan biasa yang berkutat di rumah sakit, dan ada juga keperawatan di bidang-bidang tertentu. Beberapa tipe perawat yang dimaksud misalnya perawat rumah sakit, perawat khusus orang tua, dan perawat ausbildung.

Apa Sajakah Syarat Syarat Jika Ingin Mendaftar Lowongan Kerja Perawat?

lowongan kerja perawat jerman

Untuk perawat rumah sakit, tentu spesifikasi atau syarat yang diharapkan adalah lulusan Akademi perawat dengan rentang usia 22 hingga 35 tahun. Sementara itu, untuk perawat status ausbildung dan perawat orang tua dapat berasal dari tamatan SMK atau SMA dengan latar pendidikan semua jurusan.

Perawat untuk orang tua atau pflegekraft adalah lowongan yang paling mendesak membutuhkan tenaga kerja. Untuk kamu yang masih berusia 18 tahun hingga 30 tahun dan berminat, bisa mencobanya.

Baca Juga  3 Pilihan Kerja di Jerman Gratis, Mau Pilih yang Mana?

Perawat oang tua ini juga bukan pekerjaan perawat yang mengharuskan kamu berurusan dengan obat-obatan tertentu atau menangani orang tua yang mengalami penyakit tertentu. Pekerjaan perawatan ini justru lebih menyerupai volunteer atau pekerjaan sosial di panti jompo.

Ini Daftar Terbaru Lowongan Kerja Perawat di Jerman dan FSJ

Secara umum, fasilitas yang diberikan untuk seseorang yang bekerja sebagai perawat ini adalah berupa pelatihan bahasa hingga mendapatkan sertifikat level B2. Selanjutnya, gaji yang diberikan juga akan lebih banyak ketimbang pekerjaan-pekerjaan yang lazim dilakukan oleh anak muda lainnya, seperti aupair.

Pekerja perawat juga akan mendapatkan tempat tinggal yang terpisah dari tempat perawatan orang tua yang dimaksud. Berbagai kebutuhan transportasi juga menjadi tanggung jawab penyedia lapangan pekerjaan.

Baca Juga  Mengenal Tugas Aupair dan Cara Mengikuti Aupair Jerman

Menurut banyak orang yang mencobanya, FSJ ini memang pekerjaan ringan yang sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa Jerman, sebelum akhirnya tahun kedepannya masuk kuliah.

Hal itu karena sebagai FSJ, dibanding aupair, kita akan lebih banyak berinteraksi dengan orang baru.

Lowongan Freiwilliges Soziales Jahr

lowongan kerja perawat di jerman

Lowongan kerja perawat di Jerman ini sebenarnya juga mirip dengan lowongan pekerjaan Freiwilliges Soziales Jahr. FSJ adalah lowongan pekerjaan di Jerman yang dapat menerima pekerja dari luar negeri untuk mengurusi bidang pendampingan orang tua dan anak-anak disabilitas.

Nah bagi kamu yang akan mengikuti lowongan kerja perawat di Jerman ini, tapi harus memperhatikan betul apakah nantinya masuk ke jalur FSJ atau bukan. Keuntungan dan kerugian masing-masing jalur tersebut tentu bisa kamu pertimbangkan sesuai kebutuhan.

Freiwilliges Soziales Jahr sendiri adalah jenis pekerjaan yang lebih menyerupai pekerjaan sosial dan pekerjanya pun biasa disebut sebagai volunteer atau pekerja sukarela. Meskipun begitu, para pekerja Freiwilliges Soziales Jahr tetap digaji dan diberi fasilitas-fasilitas yang berbeda dari pekerja sosial.

Baca Juga  Syarat, Fasilitas, dan Gambaran Umum FSJ di Jerman

Hingga kini di Jerman menerima anak-anak muda dari luar negara untuk menjadi Freiwilliges Soziales Jahr ini di 2 bidang, yaitu untuk mengurusi panti jompo dan mengurusi anak-anak disabilitas.

Untuk mendaftar kerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr ini sebenarnya tidak diperlukan Latar belakang pendidikan yang mempunyai. Kita cukup memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman di level A2(yang apabila kita harus kursus, maka biasanya akan ditanggung oleh lapangan pekerjaan) dan mau bekerja setidaknya 40 jam dalam seminggu.

Nantinya, Selain tempat tinggal dan biaya untuk kehidupan sehari-hari, kita akan mendapatkan gaji sebesar 300 hingga 500 euro setiap bulannya.

Pekerjaan Freiwilliges Soziales Jahr ini kerap diambil oleh seseorang yang ingin belajar bahasa Jerman dan kebudayaannya langsung di tempat asli. Hal tersebut karena Freiwilliges Soziales Jahr ini memang tidak dapat dijadikan sebagai pekerjaan yang menjanjikan.

Seseorang juga hanya dapat bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr maksimal selama 1,5 tahun, meskipun umumnya hanya 1 tahun saja.

Itulah ulasan singkat mengenai lowongan kerja perawat di Jerman. Untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai topik ini, kamu dapat membuka website virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *