Sumber Makanan Berkalsium Tinggi untuk Tulang dan Gigi
09/08/2018
Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Ampuh dan Efektif
09/08/2018

Mengenal Letak Usus Buntu dan Penyakit Usus Buntu

Letak Usus Buntu – Penyakit usus buntu ialah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada usus buntu. Namun, apakah kita sendiri paham di mana letak usus buntu?

Usus buntu atau apendiks ialah organ berbentuk kantong kecil serta tipis dengan ukuran antara 5 hingga 10 cm. Usus buntu ini terhubung pada usus besar. Sampai sekarang, mengapa manusia memiliki usus buntu masih belum diketahui.

Pengangkatan usus buntu juga tidak terlalu mempengaruhi kesehatan. Akan tetapi, penyakit usus buntu justru dapat memicu komplikasi serius. Penyakit ini sendiri disebut apendisitis serta dapat menyerang siapa saja antara rentang usia 10 hingga 30 tahun.

Usus Buntu Sebelah Mana dan Bagaimana Gejala Penyakitnya?

Gejala utama dari usus buntu ialah sakit perut. Namun, tidak semua jenis sakit perut berarti usus buntu. Sakit perut yang mengindikasikan apendisitis umumnya adalah yang berawal di perut bagian tengah.

Pada awalnya, sakit perut ini akan datang serta pergi sehingga tidak terlalu diperhatikan. Namun, pada beberapa jam kemudian, rasa sakitnya akan berpindah ke letak usus buntu yaitu di perut kanan bawah. Pada akhirnya, sakit yang dirasakan akan bertambah parah.

Rasa sakit juga akan terjadi terus menerus terutama apabila ada penekanan di bagian perut itu. Saat kita batuk atau berjalan, rasa sakitnya akan tetap terasa. Gejala lain di samping sakit perut di antaranya adalah perut kembung, nafsu makan menghilang, mual dan muntah.

masalah perut

Penyakit ini seringkali disalahartikan sebagai penyakit lain, seperti keracunan makanan maupun konstipasi biasa. Wanita muda seringkali salah mengira gejalanya sebagai kehamilan atau nyeri menstruasi.

Penting untuk segera mengonsultasikannya dengan dokter apabila sakit perut terjadi dalam waktu lama dan makin parah seiring waktu. Apalagi jika rasa sakitnya telah menyebar, maka besar kemungkinan usus buntu telah pecah sehingga dapat memicu infeksi serius.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gigi Ngilu atau Sensitif

Setelah tahu usus buntu sebelah mana dan gejala penyakit usus buntu, ada baiknya kita pahami pula penyebab dari penyakit ini. Namun sebenarnya, penyebab pastinya belum diketahui sehingga pencegahannya juga belum dapat dipastikan.

Walau demikian, sebagian besar kasus penyakit ini diperkirakan terjadi sebagai akibat dari tersumbatnya pintu masuk menuju usus buntu. Penyumbatan dapat disebabkan oleh tinja ataupun membengkaknya kelenjar getah bening.

Penyumbatan ini akan berujung pada pembengkakan dan tekanan akibat pembengkakan inilah yang memicu usus buntu pecah. Usus buntu sebelah mana dan penyebab penyakitnya yang masih misterius ini kerap tidak diketahui orang.

sakit usus

Langkah pengobatannya sendiri ialah melalui operasi pengangkatan usus buntu atau apendektomi. Usus buntu sendiri tidak memiliki fungsi penting pada tubuh sehingga pengangkatannya takkan menyebabkan masalah pada kesehatan secara jangka panjang.

Menjalani operasi sendiri akan lebih aman dibanding menunggu konfirmasi hasil peradangan usus. Makin lama waktu yang dihabiskan untuk menunggu, maka akan makin besar juga resiko pecahnya usus buntu.

Namun, operasi usus buntu ini juga tetap memiliki resiko, seperti infeksi luka operasi dan pendarahan. Namun, tingkat keberhasilan operasi ini tinggi sehingga jarang menyebabkan komplikasi pada jangka panjang.

Ada dua jenis operasi letak usus buntu yang biasa dilakukan. Pertama ada operasi laparoskopi serta bedah sayatan terbuka. Keduanya sama-sama dilakukan melalui pembiusan total.

letak usus

Operasi jenis pertama adalah yang lebih sering dilakukan terutama pada pasien yang sudah manula atau mengalami obesitas. Laparoskopi sendiri hanya membutuhkan sayatan-sayatan kecil di perut guna mengangkat usus buntu sehingga masa pemulihannya lebih cepat.

Akan tetapi, beberapa pasien akan lebih membutuhkan prosedur bedah sayatan terbuka. Apalagi jika usus buntu telah pecah dan infeksinya menyebar. Operasi ini tidak hanya mengangkat usus buntu namun juga membersihkan rongga perut.

Baca Juga  Efek Samping Parasetamol Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Proses operasi yang kedua ini biasanya akan memakan waktu pemilihan yang lebih lama dan harus menghindari aktivitas berat. Pemantauan di masa pemulihan juga penting, di mana gejala infeksi mungkin akan terjadi dan pasien harus kembali menemui dokter.

Demikian penjelasan seputar usus buntu sebelah mana dan penyakit usus buntu yang sering ditemui di masyarakat. Sebagian dari kita mungkin masih belum paham di mana letak usus buntu, terutama karena organ satu ini memang belum diketahui benar apa fungsinya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *