cara mengatasi mimisan
Cara Mengatasi Mimisan dan Mengobatinya Dengan 7 Langkah
04/01/2019
manfaat temulawak untuk wajah
Selain Untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Temulawak Untuk Wajah
05/01/2019

Kuliah di Perancis Bukan Mimpi Dengan 2 Beasiswa Ini

kuliah di perancis

Kuliah di Perancis – Siapa yang tidak kenal dengan Prancis? Negara yang mendapat julukan negara romantis dengan pesona coklat, destinasi wisata dan juga monumen historisnya yang paling terkenal yaitu Menara Eifel. Prancis selain terkenal menjadi jujugan wisata populer di Eropa. Juga menjadi tujuan pendidikan yang familiar bagi masyarakat Indonesia.

Kuliah di Prancis sama prestisenya dengan kuliah di Inggris, Jerman dan Belanda. Prancis sama dengan negara-negara eropa barat lainnya. Dimana mereka juga menyediakan beasiswa pendidikan kuliah bagi mahasiswa asing dan juga mahasiswa lokal

Baca Juga  Cara Belajar Bahasa Perancis Tidak Sulit, Hindari 6 Hal Ini

Sebagai negara liberal demokrasi, Prancis juga terbuka akan ide-ide baru di sektor pendidikan. Salah satunya adalah banyak jurusan studi-studi ilmu sosial hukum dan humaniora di Prancis. Serta tradisi filsafat dan diskusi keilmiahan yang kuat di antara para akademisi. Juga menjadi salah satu penopang keberhasilan sistem pendidikan di Prancis.

Ide-ide keterbukaan di Prancis telah lama dimulai semenjak revolusi Prancis dan jauh sebelumnya abad pencerahan menjadikan Prancis semakin terbuka atas ilmu-ilmu sekuler yang memang menjauh dari agama. Jadi bagi anda yang ingin mengembangkan ilmu-ilmu sosial humaniora. Prancis adalah tempat sekolah terbaik bagi pengembangannya. Anda mesti tahu ada EHES disana, salah satu sekolah ekonomi dan humaniora terbaik di Prancis. Bersanding dengan Universitas Sorbonne yang memiliki banyak universitas pendamping lainnya. Sorbonne memiliki ranking yang cukup baik sebagai tempat kuliah di bidang filsafat, ekonomi, hukum dan ilmu-ilmu humaniora.

Kuliah di Perancis Bukan Mimpi Dengan 2 Beasiswa Ini

cara kuliah di perancis
Lalu, beasiswa kuliah apa yang ditawarkan pemerintah Prancis kepada mahasiswa non-Prancis jika ingin berkuliah di Prancis?. Pemerintah Prancis membuka beberapa beasiswa untuk kuliah di kampus Prancis. Salah satu beasiswa yang cukup familiar adalah Eifel Scholarship (Beasiwa Eifel). beasiswa ini mensyaratkan hal hal dasar bagi mahasiswa sarjana yang ingin melanjutkan studi ke tingkat master.

Seperti ipk yang cukup, pengalaman penelitian, pengalamn organisasi dan prestasi. Serta tentunya adalah pengalaman atau kemampuan berbahasa Prancis. Mengingat negara Prancis adalah negara yang cukup “sombong” dalam berbahasa. Yang dimaksud sombong adalah sedikitnya penduduk Prancis yang bisa berbahasa Inggris mmebuat anda harus bisa berbahasa Prancis ketika berkomunikasi dengan penduduk Prancis.

Memang ketika di kampus, para profesor dan dosen akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kelas internasional. Tetapi penggunaan bahasa Prancis juga akan dominan ketika anda masuk ke dalam masyarakat. Bergaul, belanja atau berkomunikasi mengenal hal hal yang remeh. dan berikut di bawah ini adalah 2 beasiswa kuliah di Perancis yang bisa mewujudkan mimpimu.

1. Beasiswa Eifel

Beasiswa Eifel membiayai uang kuliah dan memberikan uang saku bagi penerimanya. Masyarakat yang berminat bisa mengirim aplikasi ke Kedutaan Besar Prancis di Jakarta. Atau bisa bertanya tanya saat pameran pendidikan yang dilakukan oleh Konsorsium Beasiswa Eropa atau Pemerintah Prancis.

Biasanya pameran pendidikan ini diadakan secara maraton di beberaa kota besar di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan pameran pendidikan ini untuk berkonsultasi soal universitas di Prancis hingga proses perkuliahannya. Termasuk persiapan biaya hidup, pencarian tempat tinggal hingga sistem studi di Prancis.

Baca Juga  Berapakah Biaya Hidup di Perancis? Apakah Sangat Mahal?

bagaimana kuliah di perancis
2. Beasiswa LPDP

LPDP yang berakronim Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini. Mempunyai program beasiswa S2 dan S3 ke universitas-universitas Prancis. Diprogram beasiswa LPDP, masyarakat Indonesia hanya diperbolehkan berkuliah di Prancis pada universitas dengan ranking dunia 50 besar.

Jadi pastikan anda mengenal universitas-universitas di Prancis sebelum memutuskan untuk studi disana. Jika anda ingin berkonsultasi mengenai masalah perencanaan studi kuliah di Prancis. Anda bisa mengunjungi website: www.virtueducation.org

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *