penyebab menstruasi tidak lancar
Wahai Wanita, Inilah 12 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar
17/11/2018
cara menghilangkan kutil di wajah
Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan 6 Bahan di Dapur
19/11/2018

Mengenal 11 Khasiat Daun Bidara dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

khasiat daun bidara

Khasiat Daun Bidara – Tanaman Ziziphus Mauritiana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tanaman Bidara adalah tanaman berbentuk semak.

Tanaman ini memiliki waktu pertumbuhan cukup cepat dengan tidak membutuhkan banyak air. Pada pertumbuhan terbaiknya, tanaman ini akan merentangkan cabang-cabang berduri dengan daun dengan daun lonjong.

Baca Juga  Kenali Cantik dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Tanaman bidara sering disebut Daun Bidara karena tanaman ini memang lebih sering dimanfaatkan bagian daunnya. Namun sebenarnya tanaman ini memiliki bagian buah yang nikmat. Buahnya dapat dimakan segar atau pun dapat diolah menjadi munuman dan manisan. Pada buah bidara diketahui terkandung beberapa zat bermanfaat seperti vitamin A, vitamin C, dan lemak.

khasiat daun bidara
Daun Bidara Bisa Dimanfaatkan Untuk Banyak Hal

Bagian daun tanaman bidara yang masih muda dapat digunakan sebagai bahan sayuran. Namun, bagian daun yang tua biasa dimanfaatkan hanya untuk pakan ternak.

Bagian daun yang sudah tua tersebut apabila diremas maka akan mengeluarkan busa seperti sabun. Tidak heran jika masyarakat tradisional ada yang memanfaatkannya untuk membersihkan tubuh saat mandi. Bahkan, terkadang daun ini digunakan untuk memandikan jenazah.

Baca Juga  Manfaat Timun Untuk Wajah Agar Bersih, Segar Dan Cantik

Di beberapa daerah lain, daun dari tanaman bidara ini dipercaya dapat mengusir atau menangkal jin. Namun, yang pasti tanaman ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Khasiat daun bidara di antaranya adalah sebagai berikut.

Mengenal 11 Khasiat Daun Bidara dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

khasiat daun bidara

1. Sebagai Bahan Obat

Bagian biji, kulit kayu, dan akar tanaman bidara ini sudah dikenal sebagai obat sejak lama. Bagi masyarakat Jawa, kulit batang tanaman bidara digunakan sebagai pelancar pencernaan. Sementara itu, bagi masyarakat Melayu, kulit kayu dpat digunakan sebagai obat sakit perut.

Baca Juga  Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Akar tanaman bidara yang dicampur dengan bawang putih, pulasari, dan pucuk daun bidara dapat dijadikan minuman untuk mengobati kencing berdarah.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Daun bidara dikenal sebagai salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan masker. Caranya adalah dengan menghaluskan tanaman bidara, terutama bagian daunnya, kemudian dicampur dengan air secukupnya untuk mendapatkan kekentalan yang optimal. Nantinya, ramuan tersebut dioleskan pada wajah.

Tunggu ramuan bekerja setidaknya selama 20 menit sebelum akhirnya dicuci dengan air bersih. Apabila digunakan selama sebulan dan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu maka perbedaan pada kulit wajah yang berjerawat akan nampak.

3. Menyehatkan Organ Lambung

Tanaman bidara, baik buah atau pun daunnya dipercaya dapat mengobati atau mengurangi gejala maag. Namun, hal ini masih perlu penelitian yang lebih dalam. Walaupun begitu, banyak pengobatan yang tradisional yang memang menggunakan daun bidara ini untuk mengobati maag.

4. Menjaga Kecantikan Mulut

Daun bidara yang diperkirakan memiliki antioksidan tinggi rupanya juga baik bagi kulit bibir. Masalah-masalah bibir seperti sariawan dan bibir kering dapat diatasi. Selain itu, daun bidara dapat menangani dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

5. Menormalkan Siklus Menstruasi

Diketahui daun bidara memiliki beberapa senyawa yang dapat melancarkan darah. Hal tersebut kemudian berefek pada khasiat daun bidara untuk menormalkan siklus menstruasi pada wanita.

Baca Juga  Wahai Wanita, Inilah 12 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

6. Mangatasi Masalah Keputihan

Selain siklus menstruasi yang bermasalah, daun bidara juga ampuh untuk mengatasi keputihan. Senyawa yang terkandung di dalamnya akan baik dalam mengusir atau membunuh jamur. Seperti yang kita ketahui, bahwa keputihan umumnya disebabkan oleh jamur di dalam kemaluan.

7. Mempercepat Pertumbuhan Jaringan Kulit

Daun bidara dipercaya dapat efektif memicu pertumbuhan jaringan kulit yang rusak seperti karena lecet, tergores, atau pun iritasi. Caranya adalah dengan mengeringkan daun bidara, lalu menumbuknya. Bubuk daun bidara tersebut dapat ditambahkan beberapa tetes air supaya dapat diterapkan sebagai obat oles.

8. Memberi Efek Dingin Pada Luka Bakar

Selain kerusakan jaringan kulit karena luka gores, daun bidara juga baik digunakan untuk mengobati luka bakar. Caranya sama dengan cara mengobali kulit yang tergores. Baiknya menggunakan ramuan bidara adalah efeknya yang dapat mendinginkan kulit.

9. Merawat Kulit Wajah

Bukan hanya akhir-akhir ini, namun khasiat daun bidara sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu. Oleh orang-orang Cina kuno, daun bidara dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat untuk kecantikan. Faktanya, antioksidan dalam daun bidara memang efektif menangani maslah keripus dan lingkaran hitam pada bagian mata.

Baca Juga  Faktor Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Jarang Diketahui

Cara penggunaannya adalah dengan membubukkan daun bidara kering, lalu gunakan seperti jika menggunakan masker bubuk sachet. Setelah kering di wajah, bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur.

10. Bertindak sebagai Anti Bakteri dan Anti Virus

Daun bidara diketahui memiliki senyawa anti bakteri dan anti virus. Hal tersebut membuat khasiat daun bidara dapat melindungi tubuh dari berbegai pantogen sehingga lebih sehat.

11. Melembabkan Kulit Kering

Khasiat daun bidara juga dapat digunakan sebagai lulur. Dengan campuran bahan lain seperti madu, air lemon, dan yang lainnya, daun bidara tumbuk dapat dibalurkan ke seluruh tubuh.

Baca Juga  Kenali Cantik dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Manfaat dari lulur daun bidara tersebut adalah untuk melembabkan kulit yang kering. Nah, itulah tadi berbagai macam khasiat daun bidara untuk kesehatan tubuh dan semoga saja artikel di atas ini dapat bermanfaat yah buat Kita semua.

Amry Hidayat

Halo orang-orang, Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *